All About Guide in the World

3 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Puasa

30

Jika anda menjalankan ibadah puasa dan kondisi tubuh anda sedang tidak baik maka kemungkinan besar anda akan terkena beberapa penyakit yang biasanya muncul karena ada kelainan.

Tentu tubuh akan merasa lapar, haus dan lemah saat berpuasa selama 14 jam. Untuk menjaga vitalitas tubuh saat berpuasa, ia harus bisa mengendalikan kadar gula dalam tubuh.

Dirangkum dari manfaatpuasa.com, Jika kondisi tubuh menurun, hal ini bisa menyebabkan beberapa kelainan penyakit saat berpuasa. Inilah penyakit yang sering timbul saat berpuasa.

1. Gangguan pencernaan

Image: faboverfifty.com

Hal ini disebabkan oleh makanan berlebih, seperti makanan berlemak, pedas, terlalu asin sehingga akan menimbulkan masalah pada perut sehingga pencernaan terganggu. Jika anda berbuka puasa jangan terlalu makan secara berlebih usahakan minum terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan makan secukupnya. Hindari minum kopi saat makan dan ganti dengan air putih. Pasalnya, kopi hanya akan membuat tubuh terasa lelah karena kopi memicu reaksi urine keluar.

2. Sembelit

Image: food.ndtv.com

Hal ini disebabkan kurangnya asupan cairan serta serat yang menyebabkan gangguan konstipasi. Solusi yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi banyak air. Bagi anda yang sedang berpuasa anda bisa membeli beberapa buah-buahan dipadukan dengan sirup untuk berbuka puasa, Buah-buahan kaya akan serat yang dapat membantu anda mengatasi masalah sembelit

3. Maag

Image: healthxchange.sg

Penyakit maag terjadi karena pola makan tidak teratur. Saat menjalankan puasa fase akan berubah dari biasanya. Aturlah makanan terbaik bagi anda yang mungkin dapat menghindari penyakit maag.

Usahakan anda dapat menjaga kesehatan tubuh anda dengan baik agar beberapa penyakit yang dapat timbul bisa dicegah, Konsumsilah makanan yang membantu tubuh menjaga energi. Selain itu, kunyah makanan dengan benar di setiap gigitan agar pencernaannya lancar.

Hindari makanan yang mengandung gula dan pati. Karena makanan membuat tubuh cepat merasa lapar.

Itulah kelainan yang sering timbul saat anda sedang menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat untuk anda.

Comments