4 Aplikasi untuk Dengarkan Stasiun Radio Internet di Linux

4 Aplikasi untuk Dengarkan Stasiun Radio Internet di Linux | Mendengarkan stasiun radio lokal tradisional cukup keluar dari mode hari ini, tapi munculnya radio internet dan aplikasi modern yang mendukungnya telah mencegah media menjadi relevan.

aplikasi radio internet adalah sebagian besar tersedia pada platform mobile seperti Android dan iOS, namun aplikasi radio khusus untuk Linux dapat sulit untuk ditemukan jika Anda tidak tahu di mana mencarinya. Dalam artikel ini kita akan memeriksa kemungkinan opsi radio Internet untuk pengguna Linux.

Aplikasi Internet Radio

1. Gradio

4 Aplikasi untuk Dengarkan Stasiun Radio Internet di Linux
Gradio adalah aplikasi radio baru yang memungkinkan Anda untuk mencari stasiun radio publik pada desktop Linux Anda. Aplikasi ini dibangun dengan toolkit GTK, yang berarti harus bekerja dengan baik pada desktop berbasis GTK seperti GNOME, Unity, Cinnamon dan banyak lagi. Mencari stasiun sangat mudah – semua yang perlu Anda lakukan adalah klik tab “Discover” dan menelusuri stasiun unggulan atau mencari satu tertentu dengan mengetikkan nama stasiun atau kata kunci di kotak pencarian yang disediakan.

petunjuk instalasi untuk Ubuntu, Fedora, Arch Linux dan openSUSE dapat ditemukan pada project github. (https://github.com/haecker-felix/gradio)

2. Radio Tray

4 Aplikasi untuk Dengarkan Stasiun Radio Internet di Linux
Radio Tray adalah favorit waktu tua untuk mendengarkan radio online pada Linux, dan itu masih salah satu yang terbaik yang tersedia. Ini adalah aplikasi minimalis yang duduk di system tray desktop Anda dan tidak mengkonsumsi sumber daya sistem Anda secara berlebihan. Hal ini dapat memainkan sebagian besar format media (menggunakan perpustakaan gstreamer) dan memungkinkan Anda untuk mendengarkan stasiun radio di bawah beberapa kategori yang berbeda. Hal tersebut terintegrasi dengan baik dengan desktop Ubuntu dan didistribusikan di bawah lisensi GPL General Public.

Untuk menginstal Baki radio di Ubuntu 16.04 Anda dapat mencari radiotray di Pusat Software atau gunakan perintah berikut di terminal:

sudo apt install radiotray

Untuk Fedora 23/24:

sudo dnf install radiotray

Aplikasi musik yang mendukung radio Internet

3. Lollypop

4 Aplikasi untuk Dengarkan Stasiun Radio Internet di Linux
Lollypop adalah pemutar musik penuh fitur yang dibuat untuk GNOME yang juga memungkinkan Anda untuk mendengarkan stasiun radio Internet dan Podcast via TuneIn, salah satu layanan radio Internet utama. Lollypop memiliki filter pencarian yang indah yang memungkinkan Anda untuk mencari stasiun radio berdasarkan kategori seperti Musik, Olahraga, Talk atau bahkan Podcast. Anda juga dapat mencari stasiun radio dengan bahasa atau lokasi atau menambahkan Anda aliran kustom sendiri jika Anda begitu ingin.

petunjuk instalasi untuk Ubuntu / distro berbasis Debian, Fedora, Arch Linux dan openSUSE dapat ditemukan di situs web project. (https://gnumdk.github.io/lollypop-web/)

4. Rhythmbox

4 Aplikasi untuk Dengarkan Stasiun Radio Internet di Linux
Jika Anda menggunakan Ubuntu atau Fedora, kemungkinan bahwa Anda telah menemukan Rhythmbox yang sangat tinggi, karena datang pra-instal pada kedua distro Linux ini dan beberapa yang lain yang menggunakan GNOME sebagai lingkungan andalan desktop mereka. Sementara Rhythmbox terutama pemutar musik, juga memberikan Anda pilihan untuk mendengarkan radio online dan podcast.

Untuk menambahkan stasiun radio baru, Anda perlu untuk berburu untuk URL dari stasiun radio yang ingin Anda mendengarkan dan menambahkannya secara manual untuk Rhythmbox. Ada plugin yang dapat anda instal untuk membuat mencari stasiun radio lebih mudah, tapi secara keseluruhan kemampuan radio online terbatas dibandingkan dengan aplikasi lain di daftar ini.

Apa cara favorit Anda untuk mendengarkan stasiun radio di Linux ? Marilah beri tahu kami pada bagian komentar di bawah ini.

referensi dan images :

  • maketecheasier.com

You might also like More from author