4 Bahaya Terlalu Banyak Makanan Manis Saat Berbuka Puasa

Masyarakat indonesia sudah sangat terbiasa dengan hidangan berbuka puasa dengan yang manis-manis, bahkan beberapa negara lain juga mempunyai tradisi yang sama berbuka dengan hidangan yang manis, seperti kolak, sop buah, jus, dan hidangan manis lainnya.

Memang kita sudah sering mendengar ungkapan “berbukalah dengan yang manis”. Manis yang dimaksud adalah manis sehat, seperti berasal dari buah semangka, blewah, atau kurma.

Kandungan gula pada kurma tidak sama dengan minuman atau makanan manis yang sering digunakan untuk berbuka puasa. Kurma mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuat efeknya semakin lama. Sementara minuman atau makanannya memang biasa manis malah membuat perut terasa lapar karena sudah termasuk dalam karbohidrat sederhana.

Dirangkum dari laman boldsky.com (29 Mei 2017), inilah bahaya makanan atau minuman bergula yang dikonsumsi berlebihan saat berbuka puasa.

1. Merusak Organ Hati

4 Bahaya Terlalu Banyak Makanan Manis Saat Berbuka Puasa

Image: patient.info

Dilansir dari laman bobo.grid.id (28 Apr 2017), Kandungan fruktosa dan glukosa dalam minuman / makanan manis bisa menjadi racun bagi hati. Jadi, hati-hati mengkonsumsi minuman / makanan manis jika Anda tidak ingin mengembangkan penyakit hati.

2. Mengganggu Kesehatan Jantung

4 Bahaya Terlalu Banyak Makanan Manis Saat Berbuka Puasa

Image: health.usnews.com

Mengonsumsi gula berlebih bisa membuat HDL dalam tubuh meningkat tajam dan tekanan darah menjadi tinggi. Dan karena hal tersebut dapat kemungkinan stroke dan risiko gagal jantung akan meningkat. Oleh karena itu anda sebaiknya membatasi makanan manis ketika berpuasa.

3. Menambah Berat Badan

4 Bahaya Terlalu Banyak Makanan Manis Saat Berbuka Puasa

Image: womensday.com

Anda mungkin bingung, mengapa puasa yang dilakukan tidak membuat penurunan berat badan. Padahal, tubuh semakin membengkak saat berpuasa. Sebenarnya hal itu wajar jika Anda makan terlalu banyak makanan manis / minuman saat berbuka puasa. Itu karena kandungan kalori sangat tinggi dari makanan / minuman manis. Ada baiknya menghindari es krim, minuman ringan dan es buah yang memiliki banyak sirup dan makanan manis lainnya.

4. Memicu Diabetes Tipe 2

4 Bahaya Terlalu Banyak Makanan Manis Saat Berbuka Puasa

Image: doctor.ndtv.com

Dilansir dari laman halosehat.com (14 Des 2015), Mengonsumsi makanan / minuman manis yang bisa memicu diabetes tipe 2. Kandungan fruktosa dan glukosa di dalamnya dapat memperburuk kondisi tubuh. Jadi tak ada salahnya untuk tidak makan terlalu banyak.

Manis yang berasal dari buah-buahan berbeda dengan manis yang dihasilkan dengan sirup dikarenakan manis yang terdapat dari buah-buahan itu alami berbeda dengan pemanis buatan yang tentunya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan, karena tidak baik untuk kesehatan.

You might also like More from author