All About Guide in the World

4 sistem operasi smartphone paling dikenal

25

sistem operasi smartphone paling dikenal – Berbicara mengenai teknologi memang tidak akan pernah ada habisnya. Contoh nyatanya adalah perkembangan teknologi pada smartphone yang semakin berkembang. Yang dahulu mungkin hanya dikenal dengan sistem operasi java/symbian dengan layar monochrome pada awal kemunculan handphone sampai akhirnya sekarang berkembang menjadi layar retina display, amoled dan sebagainya.

Sampai hari ini, kita mengenal adanya berbagai sistem operasi untuk smartphone Anda. Yang paling terdengar adalah iOS, Android, Blackberry, dan Windows. Memang ada juga palm, namun untuk di Indonesia, sepertinya sistem operasi tersebut kurang terdengar. Sehingga, untuk kali ini, kita akan membahas mengenai 4 sistem operasi yang populer di Indonesia.

Pastinya Anda sebagai masyarakat Indonesia, tidak asing dengan 4 sistem operasi yang disebutkan di atas. Atau justru Anda adalah pengguna dari ke empatnya sekaligus atau mungkin hanya sebagian. Namun, bagi Anda, sistem operasi manakah yang paling mendukung rutinitas Anda sehari-hari? Bisa Anda lihat di bawah ini.

4 sistem operasi smartphone paling dikenal

iOS

Sistem operasi pada perangkat keras milik Apple ini, tergolong kelas premium. Sistem operasi ini dikembangkan secara eksklusif oleh pihak Apple dan karena eksklusif tersebut sistem operasi ini hanya mendukung perangkat milik Apple. Harga perangkatnya yang memang terbilang mahal, membuat produk Apple terbilang premium. Namun, jika ada orang yang menyebut barang merk Apple ini mahal, sebenarnya tergantung kepada masing-masing, mahal mungkin karena belum membutuhkannya, namun ketika butuh pasti akan ada saja jalan untuk mendapatkanya.

Disadur dari berbagai sumber, perangkat keluaran Apple dengan sistem operasi iOS nya memang terjamin keamanannya, karena diklasifikasikan closed source, yang di mana aplikasi yang ada, sebeum dijual di AppStore disaring terlebih dahulu sehingga pengguna lebih aman memilih aplikasi dan tidak dipusingkan dengan banyaknya aplikas yang sama.

Jika memang dirasa perangkat Apple ini mahal, Anda dapat memanfaatkan kartu kredit untuk mendapatkanya. Untuk pembeliannya, Anda dapat mencari kartu kredit shopping terbaik, bisa dengan bertanya kepada bank penyedia kartu kredit ataupun bisa mencari lewat aplikasi online kartu kredit shopping.

Android

Sistem operasi yang juga banyak pengguna setianya. Berbeda dengan iOS dengan label closed sourcenya, Android justru menawarkan open source, di mana, aplikasi yang ada tidak melalui tahapan review, sehingga bisa dibilang keamanannya tidak terjamin karena mungkin akan terdapat banyak bug atau virus dalam aplikasi yang dijual tersebut. Namun, keunggulannya adalah, bagi Anda yang senang mengotak-atik, ini adalah jawaban yang tepat. Anda bisa mengoprek Android Anda sesuai kebutuhan Anda.

Untuk kisaran harga smartphone yang menggunakan sistem operasi ini memang tersedia dari yang harganya ratusan ribu sampai jutaan. Semua kembali kepada Anda sebagai orang yang akan menggunakan smartphone tersebut. Namun, jika Anda menginginkan sesuatu yang baru dan terasa mewah, mungkin Anda bisa mengambil salah satu produk keluaran terbaru dari Samsung. Jangan berkecil hati, jika memang uang yang ada sekarang mungkin tidak cukup untuk membeli secara tunai. Sekarang sudah banyak juga e-commerce yang menawarkan kemudahan bagi Anda pengguna kartu kredit, karena ada cicilan 0%. Jika memang belum ada kartu kredit, Anda bisa mengajukan melalui aplikasi online kartu kredit shopping. Bukan tidak mungkin, Anda juga akan mendapatkan kartu kredit shopping terbaik.

Blackberry

Sistem operasi yang dikembangkan oleh RIM (Research in Motion), mempunyai produk unggulan yaitu Blackberry Messenger (BBM), aplikasi chatting dan push email. Walaupun, BBM sendiri sekarang sudah bisa didownload di perangkat dengan sistem operasi selain Blackberry.

Pada awalnya perangkat Blackberry ini sangat populer dengan keyboard qwerty nya, namun untuk sekarang sudah menurun karena tergeser dari perangkat-perangkat touchscreen yang ada dengan teknologi-teknologi mumpuni sekarang. Dan, isunya, Blackberry juga akan menggunakan sistem operasi Android nantinya.

Blackberry ini sangat cocok digunakan untuk kalangan pebisnis yang mempunyai mobiltas tinggi, dengan perangkatnya yang menggunakan keyboard qwerty, membuat pengetikan menjadi lancar dan bisa sangat meminimalisir kesalahan dalam pengetikan dibanding jika menggunakan smartphone dengan layar sentuh.

Windows Phone

Sistem operasi teranyar keluaran dari Microsoft. Siapa yang tidak kenal dengan windows, sebuah sistem operasi paling populer untuk komputer dan laptop. Akhirnya Microsoft pun mengeluarkan sistem operasi untuk smartphone dengan nama Windows Phone. Jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, mungkin Windows Phone adalah sistem operasi yang minim peminatnya. Mungkin, sistem operasi ini sangat cocok bagi Anda yang fasih dengan Wndows pada komputer atau laptop, dan sekarang Anda menemukan sistem operasi ini di dalam smartphone atau tablet Anda. Windows Phone terasa aman karena hingga saat ini, belum ada malware yang mampu menembus keamanannya sehingga data ponsel lebih terlindungi.

Untuk Anda penggemar setia Nokia, ini menjadi pembaharuan tersendiri dan Anda pastinya tidak akan kecewa karena Nokia bukan merupakan pemain baru dalam industri ponsel dunia. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mencari promo-promo yang biasanya tersedia di outlet-outlet ponsel terkemuka. Promo tersebut biasanya harus menggunakan kartu kredit, Anda bisa segera mengajukan kartu kredit melalui aplikasi online kartu kredit shopping untuk mendapatkan kartu kredit shopping terbaik.

Demikan pembahasan singkat mengenai sistem operasi pada smartphone yang masih populer sampai saat ini di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Comments