All About Guide in the World

5 Browser Linux Yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar

34

5 Browser Linux Yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar | Meskipun Anda mungkin akan bertahan dengan browser default untuk distribusi Linux Anda, sangat satu browser tidak cukup. Default browser mungkin error sewaktu-waktu dan Anda mungkin membutuhkan lebih banyak cadangan. Untuk kasus tersebut, Anda akan lebih baik tahu alternatif untuk Browser Linux.

Sebagai contoh, saya selalu memiliki puluhan, karena banyak tab terbuka untuk tugas saya sendiri, untuk tugas kuliah, penelitian pribadi, dll, dan semua ini dalam satu browser menjadi terlalu banyak. Juga, ketika saya mengupload file, browser (biasanya) mengingat direktori yang terakhir digunakan dan membukanya langsung. Dengan cara ini waktu berikutnya ketika saya mengupload file dari direktori yang sama, saya tidak perlu mencari direktori. Semua ini membuat nyaman untuk menggunakan beberapa browser dengan tab yang berbeda di masing-masing.

Ada mungkin selusin atau lebih browser untuk Linux. Seperti yang Anda harapkan, tidak semua dari mereka sama. Beberapa dari mereka tidak dapat dibuka dengan semestinya bahkan cukup kaku, tetapi mereka masih berguna untuk situs yang sederhana. Selain Opera, ELinks dan Midori yang Anda sudah tahu, berikut adalah lima browser Linux yang layak di perhatikan.

1. Chromium

Chromium merupakan alternatif Open Source Google Chrome. Ini adalah browser yang cepat dan ringan dengan banyak ekstensi. Ada beberapa perbedaan antara Chromium dan Chrome, yang paling penting adalah bahwa (diduga) ada trackware di Chromium.

5 Browser Linux Yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar
Chromium adalah salah satu favorit saya. Pengalaman pribadi saya menunjukkan bahwa Chromium lebih baik dari pada Firefox, hampir tidak ada situs yang tidak dapat dibukanya. Banyak situs di Firefox yang lambat dan akan membuka tanpa masalah di Chromium, dan itu jauh lebih cepat dan ramah pada penggunaan memori dari Firefox. Dengan kata lain, Chromium bukanlah alternatif tetapi pengganti langsung dari Firefox.

2. QupZilla

QupZilla adalah browser kedua yang saya suka. Hal ini tidak mengherankan karena menggunakan mesin Web yang sama (QtWebEngine) sebagai Chromium. Sangat cepat dan dengan antarmuka yang minimal. Hal ini tidak sama tepat dari Chromium, karena menurut pengalaman saya, ia tidak dapat membuka semua situs seperti Chromium. terutama dengan situs berat pada JavaScript, tetapi masih sangat baik untuk saya dan masih menggunakannya cukup sering.

5 Browser Linux Yang Mungkin Melum Pernah Anda Dengar

3. Vivaldi

Selain itu sangat baru untuk keluarga browser Linux, mereka rilis awal pada April 2016 yang layak menjadi perhatian adalah Vivaldi browser. Hal ini tidak sepenuhnya open source, tetapi ini tidak menjadi masalah bagi Anda, Anda mungkin menikmatinya. Pengembangnya adalah mantan pengembang Opera yang tidak suka mengambil arah browser baru dan memulai proyek bernama tema opera mereka sendiri.

5 Browser Linux Yang Mungkin Melum Pernah Anda Dengar
Vivaldi ini cukup cepat. Menggunakan sistem Blink layout dan sistem V8 JavaScript dari proyek Chromium. Selain ini ada fungsi HTML5 dan node.js, yang tidak sangat umum di kalangan browser lain. Salah satu fitur unik Vivaldi adalah “Quick Commands.” Dengan cepat perintah, Anda dapat mengontrol browser Anda dengan perintah teks.

baca juga : Cara Install Microsoft Office 2013 di Linux

4. web (Epiphany)

Web (sebelumnya dikenal sebagai Epiphany) adalah salah satu dari para veteran di antara browser Linux. Ini adalah browser web resmi dari desktop GNOME. Web browser berbasis WebKit, dan apa yang saya sukai adalah kecepatan dan kesederhanaan. ini ada sekitar sejak tahun 2002 dan tidak banyak peramban lain pada saat generasi itu.

5 Browser Linux Yang Mungkin Melum Pernah Anda Dengar

5. Konqueror

Konqueror adalah setara web KDE. Saya pribadi menggunakan ini sebagian besar sebagai file browser dan jarang sebagai Web browser karena memiliki masalah dengan beberapa situs yang saya gunakan setiap hari. Sistem render default Konqueror adalah sistem render KHTML, tetapi juga mendukung WebKit. Konqueror merupakan browser Web file yang maju dan kaya fitur, tetapi ini dengan mengorbankan kecepatan dan kadang-kadang stabilitas.

5 Browser Linux Yang Mungkin Melum Pernah Anda Dengar
Selain ini, ada cukup banyak peramban lain, seperti NetSurf, Arora, Pale Moon, SlimJet (Chromium dioptimalkan untuk kinerja) atau text browsers Links dan Lynx. Bagi saya pribadi, mereka tidak sebaik lima diatas ketika saya meninjau secara rinci, tapi ini tidak berarti Anda tidak memilih mereka, sehingga anda dapat dengan bebas untuk mencoba mereka.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa saya tidak menyebutkan Firefox. Alasannya sederhana untuk banyak distro ini adalah default browser. Kemungkinannya adalah Anda sudah memilikinya. Tergantung pada distro Anda, tidak semua browser akan tersedia. Anda dapat memeriksa di Pengelola Paket Anda (Synaptic, Software Center atau untuk distro Anda) untuk melihat apa yang tersedia dan menginstalnya dari sana. Anda bisa mendapatkan apa yang tersedia dan menginstalnya dari sana. Anda bisa mendapatkan apa yang tidak tersedia dari situs resmi browser.

Comments