All About Guide in the World

Apa itu HDR dan Cara Menggunakannya di Android

25

Apa itu HDR dan Cara Menggunakannya di Android | fotografi Smartphone telah maju dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian besar dari kita telah benar-benar meninggalkan kamera digital tradisional yang mendukung kenyamanan smartphone kita. transisi ini telah dimungkinkan dengan hardware dan software yang lebih baik yang tersedia di telepon anda.

Sekarang fungsi kamera pada ponsel Anda telah menjadi lebih kompleks, sehingga memiliki kemampuan untuk perintah kontrol yang lebih besar pada gambar Anda. Kebanyakan ponsel Android saat ini telah tersedia pengaturan berlabel “HDR.” Tapi apa sebenarnya HDR, dan kapan Anda harus menggunakannya ?

Penjelasan HDR

HDR singkatan dari High Dynamic Range, di mana “dynamic range” adalah rasio terang ke gelap di foto. Saat memotret di HDR, warna dan kecerahan foto seimbang melalui manipulasi software. Ini mencapai dengan menangkap tiga eksposur yang terpisah secara berurutan. Kamera kemudian menggabungkan tiga eksposur ke dalam satu gambar. Dengan membuat 3 tebakan sehingga sistem tahu apa yang perlu dilakukan, apakah menjadi gelap atau diringankan berdasarkan analisa dari tiga eksposur, HDR dapat menghasilkan gambar lebih hidup dan akurat.

Apa itu HDR dan Cara Menggunakannya di Android

Manfaat HDR

Secara teori, HDR seharusnya membuat gambar Anda terlihat lebih baik. Dengan menggabungkan bagian terbaik dari tiga eksposur yang terpisah menjadi satu gambar, HDR akan dapat meniru gambar yang lebih akurat dalam hal warna dan kecerahan. Sementara ini terdengar bagus jika dilihat, kata kunci kita harus diingat adalah “harus.” HDR dapat menghasilkan gambar yang menakjubkan tetapi hanya jika digunakan dalam kondisi yang tepat.

Ketika Menggunakan HDR

Saat ini kami akan memberitahu Anda kapan harus menggunakan HDR dan kapan tidak. Fotografi adalah media artistik yang mengandalkan eksperimen, sehingga merasa bebas untuk menggunakannya kapan pun Anda suka. Sejak HDR pada smartphone benar-benar otomatis, itu mungkin berlebihan. HDR dapat menjadi alat yang ampuh, tetapi ada hal seperti terlalu banyak hal yang berlebihan. Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan bahwa Anda akan mendapatkan hasil maksimal dari HDR fotografi.

Landscapes – Kontras antara bumi dan langit biasanya menghasilkan tanah muncul terlalu gelap. HDR dapat membantu untuk meringankan tanah sambil tetap mempertahankan detail warna di langit.

Lingkungan Cerah – sinar matahari yang keras dapat menyebabkan sejumlah masalah. wajah gelap, bayangan intens, dan warna disekitar semua korban dari hari yang sangat cerah. HDR memiliki potensi untuk itu.

Apa itu HDR dan Cara Menggunakannya di Android
Gambar oleh Trey Ratcliff

Yang harus Dihindari Ketika Menggunakan HDR

Gerakan – Ketika Anda menembak dalam mode HDR, Anda akan melihat bahwa dibutuhkan sedikit lebih lama untuk menangkap foto Anda. Hal ini karena HDR membutuhkan lensa Anda untuk mengambil tiga foto yang terpisah. Bahkan gerakan sedikit antara frame yang ditangkap akan membuat berantakan atau blur.

Jika Anda ingin kontras tinggi – beberapa adegan terlihat lebih baik dengan kontras. Saat memotret di HDR, kamera Anda mencoba untuk “memperbaiki” bagian-bagian yang lebih gelap dari gambar Anda dengan keringanan mereka. Hal ini juga dapat menggelapkan bagian yang lebih ringan dari gambar dalam menciptakan komposisi berlebihan. Tergantung pada situasi, dan hasil yang Anda inginkan, menembak di HDR dapat mengurangi efek.

Jika warna sudah hidup – di beberapa titik kita semua bertanya kepada diri sendiri mengapa warna di foto-foto kami tidak sebaik seperti di kehidupan nyata. Salah satu manfaat dari pengambilan gambar di HDR adalah bahwa hal itu dapat hidup kembali ke warna di foto Anda. Ini tidak berarti bahwa Anda harus selalu menembak di HDR. Ketika warna-warna yang sudah jelas, HDR akan over-kompensasi, sehingga warna tidak alami, memberikan foto Anda seperti tampilan kartun.

Apa itu HDR dan Cara Menggunakannya di Android
HDR adalah alat yang sangat berguna yang memiliki potensi untuk mengambil permainan fotografi Anda ke tingkat berikutnya. Sejak pengolahan HDR sedikit berbeda untuk setiap kamera, Yang terbaik adalah untuk bereksperimen. Untungnya sangat mudah untuk melakukan hal ini karena kebanyakan ponsel Android dapat dikonfigurasi sehingga dua gambar dapat disimpan, satu dengan HDR dan satu tanpa HDR. Menyimpan gambar dan bereksperimen untuk melihat apa yang didapatkan untuk hasil terbaik bagi Anda.

Apakah Anda menggunakan HDR ? teknik apa yang Anda gunakan ? Silahkan beri tahu kami pada komentar.

Comments