Apakah Berinvestasi Ruko itu Menjanjikan ?

Apakah Berinvestasi Ruko itu Menjanjikan? Ketika Anda berpergian ke negara seperti Singapura, Malaysia, atau Indonesia, Anda akan melihat  banyak kompleks properti yang didesain dengan baik, yakni ruko. Ruko adalah properti dengan hak milik yang memiliki ruang untuk menjalankan bisnis kecil Anda. Letak ruang bisnis ini bergantung pada ukuran dari ruko itu sendiri. Ada ruko satu tingkat dengan toko berada di depan, ada juga ruko dua atau tiga tingkat dengan toko berada di lantai dasar. Properti ini berasal dari negara-negara di daerah Tenggara, dan selama beberapa tahun ini menjadi terkenal di daerah Asia.

Faktanya, ada banyak properti seperti ini yang telah didesain sebagai bukti kejadiansejarah dan budaya di beberapa tempat seperti Singapura,  yang merupakan proyek pemerintah kota dengan tujuan untuk menjaga sejarah yang dimiliki oleh properti ini.

Apakah Berinvestasi Ruko itu Menjanjikan ?

Yang menjadi pertanyaan adalah : apakah berinvestasi ruko itu menjanjikan ?

Berikut penjelasannya.

Sejarah Singkat Ruko sebagai Arsitektur Jaman Lampau

Awalnya, bangunan ini didesain untuk penghematan lahan dan memberikan kenyamanan pada penghuni agar dapat tinggal dan berbisnis. Ruko pada awalnya adalah hunian semi-publik, diatur oleh ketetapan dan kebijakan yang mengharuskan adanya jalan setapak berukuran 5 kaki untuk melindungi orang yang melintas dari sinar matahari dan hujan. Tradisi ini telah melekat, dan kebanyakan dari kebijakan ini tidak pernah berubah, yang menunjukkan bahwa tradisi benar-benar dijaga selama lebih dari 100 tahun.

Sekarang, bisnis-bisnis keluarga dijalankan dengan ruko dan banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara, dimana setiap anggota keluarga tersebut bersama-sama menjalankan bisnis dengan bekerja secara bergiliran. Akan tetapi, tradisi ini semakin memudar seiring dengan berlalunya waktu dan meningkatnya permintaan akan fasilitas modern. Walapun modernisasi seperti ini terjadi, terdapat beberapa penanam modal yang tetap berusaha menjaga tradisi ini tetap ada.

Baca juga :  Cara agar bisa bekerja Pintar

Seperti yang telah dipaparkan dalam laporan Dezeen yang merupakan situs perancang arsitektur di Singapura, ruko yang merupakan bangunan bergaya lampau diusung kembali menjadi kompleks yang bagus dan modern. Beberapa berpendapat bahwa hal tersebut merusak nilai sejarah yang dimiliki oleh ruko, beberapa lainnya berpendapat bahwa hal tersebut adalah cara untuk menjaga ciri khas dari ruko sehingga tidak dilupakan.

Menyewakan Properti Fungsi Ganda

Ada banyak properti yang didesain dengan toko di lantai dasar dan rumah di lantai atas, yang dimiliki dan dijalankan oleh pemiliknya. Umumnya, penanam modal tidak akan membeli properti semacam ini dikarenakan properti ini memungkinkan penghuninya untuk bertempat tinggal dan menjalankan bisnisnya. Padahal, dengan memiliki ruko, Anda dapat menyewakan toko ataupun tempat tinggal pada orang yang berbeda. Ini adalah cara yang menguntungkan, karena kebanyakan penyewa yang ingin menyewa properti ini kemungkinan tidak ingin menyewa bagian toko.

Dengan menyewakan setiap bagian pada orang yang berbeda, Anda tidak perlu mengharuskan penyewa untuk menyewa kedua bagian dari ruko. Jika suatu saat Anda ingin memisahkan bagian toko dan bagian rumah pada ruko Anda atau jika penyewa merasa tidak nyaman karena harus berbagi tempat tinggal, Anda dapat membuat perubahan dengan memisahkan pintu masuk ke setiap bagian. Akan tetapi, cara untuk menyewakan ruko adalah keputusan Anda sendiri. Anda dapat memilih untuk menyewakan ruko sebagai satu kesatuan atau menyewakan setiap bagian untuk tujuan yang berbeda.

Sebagai Pendongkrak Investasi Anda

Anda dapat menghasilkan uang dengan mudah hanya dengan menyewakan ruko, yang sebelumnya dapat Anda beli dari agen jual beli rumah yang terpercaya seperti Rumah. Anda juga dapat menyewakan hanya bagian tempat tinggal saja, sehingga Anda dapat menggunakan bagian toko untuk bisnis Anda. Tidak hanya menghasilkan uang dari sewa, ruko juga memberikan Anda tempat untuk memulai atau menjalankan bisnis Anda. Terlebih lagi, beberapa dari ruko memiliki bagian tempat tinggal yang dapat menampung banyak penghuni. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuka usaha seperti toko roti atau kafe, yang tidak hanya melayani pelanggan yang datang, tetapi juga penghuni yang menyewa bagian tempat tinggal. Cara lain yang menguntungkan adalah dengan menggunakan bagian toko untuk menjalankan usaha Anda dan menggunakan bagian tempat tinggal untuk tempat berhuni karyawan Anda. Dengan cara ini, karyawan anda akan selalu siap untuk bekerja dan mengawasi toko Anda, serta membantu mereka dalam mendapatkan hunian dengan harga yang terjangkau. Sebagai tambahan, karena karyawan Anda tinggal di ruko, mereka akan terdorong untuk selalu menjaga kebersihan, kerapian, dan kelayakan untuk pelanggan.

Baca juga :  Ciput Untuk Kreasi Kerudung Modern

Kesimpulan

Sayangnya, tidak ada jawaban yang pasti untuk menjawab pertanyaan apakah Anda harus berinvestasi ruko atau properti-properi lain yang serupa. Akan tetapi, sekarang Anda telah memahami ciri khas, manfaat dari ruko, serta cara-cara untuk memperoleh keuntungan dengan menyewakan properti dengan fungsi ganda ini, sehingga anda dapat memahami apakah investasi yang Anda lakukan akan memberikan manfaat untuk Anda. Pastikan Anda telah mencari segala informasi sebelum melakukannya, karena terdapat banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi nilai dari properti seperti ini. Selalu ingat bahwa Anda tidak harus membeli kedua bagian dari properti ini, karena Anda dapat memilih untuk membeli salah satu bagian saja. Jadi, pertimbangkan pilihan Anda dengan hati-hati sebelum membuat keputusan, karena mungkin saja Anda dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar hanya dengan menginvestasikan pada satu bagian saja pada sebuah ruko.

Sebagai penutup, seperti yang dilansir oleh Business Asia One, properti-properti yang serupa dengan ruko, yang berada di Singapura, mengalami peningkatan nilai sebesar 8% semenjak tahun 2015. Hal ini mungkin saja bersifat sementara karena tidak memiliki pola pertumbuhan nilai  jangka-panjang.

images :

  • padangproperti.com

Fitroh Satrio

Penyuka nasi goreng, Saat ini senang bermain Dota2. Sangat senang dengan hal yang berkaitan dengan #SEO #DigitalMarketing #Linux

Pin It on Pinterest