Cara Cepat Mencari Emoji dari Command Line Linux

Cara Cepat Cari Emoji dari Command Line Linux | Emoji tidak diragukan lagi telah menjadi salah satu cara yang paling populer untuk mengekspresikan emosi ketika berkomunikasi secara digital. Popularitas mereka dapat diukur oleh kenyataan bahwa ada sebuah film berjudul “Emoji The Movie” yang akan rilis pada tahun 2017.

Hari ini, hampir setiap aplikasi berbasis komunikasi dilengkapi dengan satu set emojis yang pengguna dapat gunakan untuk mengekspresikan emosi sementara berinteraksi dengan satu sama lain. Namun, ada saat-saat ketika set emojis terlalu sedikit dari apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Apa yang Anda lakukan dalam kasus-kasus ini ? Pencarian untuk emojis di Internet ?

Meskipun tidak ada masalah dalam hal itu, Bukankah lebih mudah jika Anda dapat dengan cepat mencari emojis pada sistem Anda ? Ya, itu mungkin dan dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana Anda dapat melakukannya pada Command line Linux.

Catatan: semua perintah, instruksi dan contoh-contoh yang disebutkan dalam artikel ini telah diuji pada Ubuntu 16.04LTS.

Bagaimana untuk menemukan emoji di Linux dengan cepat ?

Ada alat disebut Emoj yang memungkinkan Anda dengan mudah mencari emojis dari Command line di Linux. Anda dapat mendownload dan menginstalnya menggunakan perintah berikut:

sudo npm install --global emoj

Catatan : dalam kasus utilitas npm tidak ada pada sistem Anda, Anda dapat menginstal menggunakan perintah berikut:

sudo apt-get install npm

Ini juga akan menginstal node.js di sistem Anda.

Kembali ke Emoj, setelah instalasi berhasil, Anda dapat mulai menggunakan alat segera. Berikut ini adalah contoh dasar:

emoj love

Cara Cepat Mencari Emoji dari Command Line Linux
Seperti yang Anda lihat pada gambar diatas, daftar emojis berhubungan dengan love akan muncul dalam output.

Harap dicatat bahwa Anda mungkin tidak mendapatkan output tersebut ketika Anda menjalankan alat untuk pertama kalinya. akan ada error berikut :

/usr/bin/env: node: No such file or directory

Untuk mengatasi kesalahan, Anda harus menjalankan perintah berikut:

sudo ln -s /usr/bin/node.js /usr/bin/node

Kembali ke pemakaian Emoj, contoh yang baru saja kita bahas menciptakan emojis yang berhubungan dengan love. Anda dapat mengganti teks ‘love’ dengan emosi lain, dan emojis relevan akan dihasilkan. Berikut screenshot agar memberi Anda ide yang lebih baik dari ini.

Cara Cepat Mencari Emoji dari Command Line Linux
Tidak hanya emosi, tetapi Anda dapat menggunakan Emoj untuk cepat menemukan emojis untuk beberapa hal lain, misalnya hewan.

Cara Cepat Mencari Emoji dari Command Line Linux
Tak perlu dikatakan, Anda dapat memilih emoji Anda menggunakan mouse, dan kemudian klik kanan untuk menyalinnya. Namun, alat ini juga menyediakan opsi baris perintah yang dokumentasi bisa memungkinkan Anda menyalin emoji pertama ke clipboard. Opsi pertanyaan adalah --copy atau -c saya mencoba menggunakan keduanya, tapi mereka tidak bekerja bagi saya seperti yang diharapkan.

alat juga memungkinkan Anda melakukan penelusuran live dimana memunculkan emojis relevan ketika Anda mengetik teks. Untuk mengaktifkan pencarian live, hanya jenis emoj dan tekan enter.

Cara Cepat Mencari Emoji dari Command Line Linux
Cara Cepat Mencari Emoji dari Command Line Linux
Tidak seperti kebanyakan utilitas perintah Linux lainnya, Emoj tidak memiliki sebuah halaman manual. Namun, untuk mengetahui lebih dalam, Anda dapat menggunakan perintah berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang utilitas ini :

emoj --help

Kesimpulan

Sementara apa yang Emoj berikan kepada Anda emoji monokrom dan tidak menarik, berwarna yang (yang karena kebanyakan distro-distro Linux tidak datang dengan set berwarna emoji.), itu masih dapat bekerjaan. Alat ini mudah untuk diinstal dan digunakan. Jika Anda menyukai Emoj, pergi menginstalnya dan mencobanya.

You might also like More from author