Cara Chatting Tanpa Koneksi Internet dengan Aplikasi FireChat

Cara Chatting Tanpa Koneksi Internet | Aplikasi Chatting tanpa Koneksi Internet | Selamat Pagi sahabat ForGuides, kali ini admin akan memberikan sedikit Tips untuk smartphone android. dikarenakan tidak semua pengguna Smartphone mempunyai koneksi internet dan biasanya sesama teman ingin selalu ada Komunikasi menggunakan Smartphone yang biasanya dilakukan via Chatting. tapi bagaimana jika kita atau teman anda tidak mempunyai Kuota Internet tapi masih ingin bisa Chatting ?

saya disini akan memberikan sedikit Tips yang akan membantu anda mengatasi masalah tersebut, Tipsnya pun sederhana yang harus anda lakukan disini hanyalah mengInstal Aplikasi Chatting yang bernama FireChat untuk mendukung anda Chatting tanpa harus menggunakan Kuota Internet.

Ketika membahas aplikasi pesan, tentu saja tidak keluar dari sejumlah brand misalnya BBM, WhatsApp, Line, WeChat, KakaoTalk, Facebook Messenger dan Viber. Di samping nama-nama tersebut, ada beberapa nama yang tidak begitu familiar di tanah air tapi lumayan punya nama di negara-negara lain.

Namun hal itu tidak menghentikan pengembang bernama Open Garden Inc. di tengah-tengah Himpunan beragam aplikasi messaging populer, mereka berjuang untuk aplikasi unik mereka disebut sebagai FireChat yang bisa digunakan untuk mengirim pesan tanpa sambungan Internet.

Dalam versi ini dari platform Android, Open Garden sebagai pihak pengembang menggunakan teknologi jaringan mesh, topografi jaringan di mana masing-masing titik bekerja sama dalam menyampaikan data. Framework dibuat oleh Open Garden, platform Android diklaim mampu memiliki daya jangkau hingga 10 meter. Namun, range akan melebar jika aplikasi lebih banyak pengguna di lokasi tersebut.

Cara Chatting Tanpa Koneksi Internet dengan Aplikasi FireChat
Cara Chatting Tanpa Koneksi Internet dengan Aplikasi FireChat

Cara Chatting Tanpa Koneksi Internet

Keistimewaan FireChat

Fitur utama dari aplikasi ini adalah para pengguna bisa chatting tanpa koneksi internet dengan adanya aplikasi ini. Tidak hanya itu, untuk penggunaan aplikasi ini pengguna tidak harus mengaktifkan jaringan telepon. Jika Anda berada di luar daerah cakupan, anda tetap bisa mengirim pesan dari aplikasi ini. Serta aplikasi ini benar-benar gratis.

Dimulai aplikasi FireChat ini hanya diluncurkan untuk platform iOS. Sesuai data statistic, aplikasi ini telah mencapai puncaknya pada lebih dari 100.000 pengunduhan dalam waktu sebulan. Firechat secara drastis meningkatkan dalam 10 kategori aplikasi jejaring sosial pada Apple App Store di lebih dari 80 negara.

Cara menggunakannya sederhana saja, hanya perlu membuka aplikasi ini dan mulailah membuat sebuah pesan, tanpa harus login atau memasukkan sandi tertentu. Seperti Snapchat, baik foto atau pesan yang dikirimkan akan terhapus segera setelah pengguna menutup FireChat aplikasi. Selain itu, percakapan dilakukan dalam sebuah jaringan bernama off-the-grid yang membuatnya sulit disusupi oleh pengintai atau pihak lain.

Firechat menyediakan fasilitas untuk mengirimkan pesan tanpa sambungan Internet. Ini merupakan alasan utama kenapa aplikasi ini menjadi lebih populer. Beberapa hari yang lalu, aplikasi ini diluncurkan untuk sistem operasi Android. Dengan mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store, Anda harus mempunyai sistem operasi Android 2.2 atau di atasnya. Ukuran aplikasi ini adalah 2,8 MB.

baca juga : Cara Chatting Tanpa Koneksi Internet dengan Aplikasi FireChat

Download Untuk Android

FireChat
Developer: Open Garden
Price: Free

Download Untuk IOs

FireChat
Developer: Open Garden Inc
Price: Free

Dua Type Chatting FireChat

  • Everyone” adalah Mode chatting global yang memungkinkan Anda untuk chatting dengan para pengguna sampai 80 dipilih secara acak dari negara yang sama, dan membutuhkan sambungan internet.
  • Nearby” lokal, sejumlah opsi pesan off-the-grid. Kisaran untuk pesan off-the-grid berbeda sesuai dengan platform : 30 kaki bagi Android dan 100 meter bagi iOS. Namun, versi Android mendukung jaringan multi-hop Open dari Garden, sehingga jarak akan meningkat pada jumlah pengguna yang menggunakan aplikasi (fitur ini akan segera datang ke versi iOS).

FireChat Tersedia Untuk Android dan iOs

Untuk versi Android hanya untuk melihat baru interface yang agak berbeda pada iOS, dan fungsinya tetap aplikasi secara keseluruhan yang sama. developer FireChat telah membuat teknologi multipeering yang berbeda untuk aplikasi yang akan digunakan di versi Android.

Cara Chatting Tanpa Koneksi Internet dengan Aplikasi FireChat

Dengan memulai obrolan bersama seseorang, mereka harus cukup dekat, kedua perangkat tersebut idealnya harus sekitar 10 meter. Namun mungkin akan semakin jauh jika aplikasi ini lebih banyak penggunanya di lokasi tersebut.

Cara Chatting Tanpa Koneksi Internet dengan Aplikasi FireChat

Pilih Tab Terdekat (Tab What) pada aplikasi dan Anda akan melihat seberapa banyak pengguna yang ada dalam jangkauan Anda untuk bergabung ke dalam percakapan. Tidak diperlukan koneksi internet untuk chatting secara lokal, namun Anda harus mengaktifkan Wi-Fi pada perangkat smartphone Anda agar dapat terhubung dengan perangkat lain yang ada di sekitar Anda, setelah percakapan itu bisa dilanjutkan hanya dengan menggunakan Bluetooth.

Kekurangan

  • Untuk menggunakan aplikasi ini, dalam kedua ponsel pengguna yang akan mengirim pesan dan yang mendapat pesan harus mempunyai aplikasi Firechat
  • Sebab mengusung framework yang berbeda, aplikasi maka FireChat di Android dengan perangkat iOS tidak bisa berkomunikasi satu dengan lainnya karena tidak kompatibel.
  • Serta kekurangan terbesar dari aplikasi ini adalah aplikasi tersebut hanya bekerja dengan jarak 30 kaki atau sekitar 10 meter. Tetapi ada kemungkinan akan lebih luas jika aplikasi ini lebih banyak penggunanya di daerah yang sama.

bagi yang kesulitan dalam menggunakan Firechat bisa melihat Video dibawah ini

How To Use Fire Chat
FireChat App Demo On iOS 7 - YouTube

Kesimpulan

FireChat menawarkan Fitur yang unik khusus untuk masyarakat yang berada dalam area yang sama dan membutuhkan tempat berkomunikasi dengan murah dan cepat, tanpa harus menggunakan koneksi Internet.

sekian artikel berjudul “Cara Chatting Tanpa Koneksi Internet dengan Aplikasi FireChat“, jika ada yang ingin ditanyakan silakan dikomentar

referensi :

  • youtube.com
  • pandetpandet.blogspot.co.id

You might also like More from author

  • Keren nih mo coba dulu

    • forguides

      silahkan gan