Cara Install Microsoft Office 2013 di Linux

Cara Install Microsoft Office 2013 di LinuxSejak orang-orang telah menggunakan Linux, pertanyaan tentang cara menggunakan Microsoft Office pada platform linux cukup banyak, dan pengguna baru telah bingung mengenai bagaimana mereka bisa mendapatkan suite office populer ini berjalan pada sistem mereka.

Selama bertahun-tahun telah ada banyak cara yang berbeda untuk mendapatkanMicrosoft Office. Dalam artikel ini kita akan membahas cara termudah untuk mendapatkan Microsoft Office di komputer Linux.

Mendapatkan installer

Cara Install Microsoft Office 2013 di Linux
Pada tutorial ini saya akan fokus pada instalasi office 2013 untuk linux. Hal ini karena office 2016 tidak bekerja baik dengan Wine. Pergi ke link ini, membuat Microsoft account (atau masuk), dan mendownload program office 2013. Pastikan untuk mendownload hanya versi 32-bit, bahkan jika sistem Anda 64-bit.

Instalasi PlayOnLinux

Menggunakan alat Wine untuk mendapatkan program Windows bukanlah proses yang sulit. Cukup dengan beberapa upaya dan mengutak-atik Wine, siapa pun bisa mendapatkan program Windows dan berjalan pada Linux. Meskipun, untuk banyak pengguna Linux baru, Wine dapat membosankan dan menjengkelkan jika menggunakan tanpa arah.

Ketika PlayOnLinux datang, membuat hal-hal menjadi lebih mudah. Pada dasarnya ini adalah alat yang mengambil teknologi yang mendasari Wine dan menambahkan beberapa alat yang mudah digunakan pada GUI untuk menginstal sejumlah permainan berbasis Windows dan bahkan program (seperti MS Office).

Alat PlayOnLinux juga tersedia di distribusi Linux paling modern paket. Menginstalnya dengan membuka toko manajer atau perangkat lunak paket Anda dan mencari “playonlinux” atau bisa juga dari terminal (di Ubuntu):

sudo apt install playonlinux

Menggunakan PlayOnLinux untuk menginstal Microsoft Office

Di dalam PlayOnLinux ada banyak tombol yang berbeda dan pilihan. Satusatunya yang penting saat ini adalah tombol Install. Setelah Anda mengklik ini, berikut ini adalah jendela dengan kotak pencarian. Di area pencarian, ketik Microsoft Office.”

Cara Install Microsoft Office 2013 di Linux

Mencari istilah ini memunculkan beberapa versi dari Microsoft Office. Setiap hasil profil instalasi, dan setelah pengguna mengklik pada salah satu, PlayOnLinux akan menciptakan wine dan berjalan melalui proses instalasi.

Dalam hasil, pilih Microsoft Office 2013 dan kemudian tombol Install. Berikut adalah peringatan “this program is currently in testing.” Ini berarti bahwa profil PlayOnLinux untuk office 2013 masih tahap pengujian dan mungkin mengalami beberapa masalah. Pilih OK untuk melanjutkan.

Ini memunculkan jendela-seperti instalasi wizard. Baca petunjuk dan pilih tombol Next untuk membawa ke bagian selanjutnya dari installer. PlayOnLinux meminta pengguna untuk memberikan file instalasi.

Cara Install Microsoft Office 2013 di Linux

Menyediakan program instalasi yang itu telah didownload sebelumnya dalam tutorial atau klik pilihan “Use DVD-ROM(s) , dan menginstal MS Office 2013 melalui DVD-ROM sebagai gantinya.

Cara Install Microsoft Office 2013 di Linux

Setelah proses instalasi dimulai, PlayOnLinux akan ditetapkan pada wine yang terkandung dan tempat Microsoft Office itu. Dari sini, Microsoft Office akan dapat diakses dari Linux desktop.

Masalah yang sering terjadi di office 2013

Kadang-kadang office 2013 mungkin gagal untuk diinstal. Hal ini karena versi 64-bit tidak bekerja. Untuk office 2013 akan bekerja pada Linux dan wine hanya versi 32-bit yang harus digunakan.
Selain itu, installer mungkin gagal untuk menginstal dengan PlayOnLinux dan terjadi kesalahan. Ini tentu bukan kesalahan dari installer office dan kemungkinan masalah dengan script office 2013 PlayOnLinux pada saat menginstall program itu sendiri. Jika ini terjadi, lebih baik hanya merestart PlayOnLinux dan coba lagi.

WineHQ

Cara Install Microsoft Office 2013 di Linux
Menginstal program Windows di Linux tidak pernah mudah, Masalah akan sering muncul. Inilah sebabnya mengapa ketika menggunakan wine, pengguna harus memperhatikan WineHQ. Itu adalah situs Katalog ratusan program Windows, bagaimana mereka bekerja pada wine dan bagaimana pengguna dapat memperbaiki masalah yang mungkin akan terjadi agar mendapatkan program yang berjalan dengan benar.

Alternatif

Cara Install Microsoft Office 2013 di Linux
Meskipun dimungkinkan untuk mendapatkan Microsoft Office berjalan di Linux dengan bantuan wine, itu bukanlah satusatunya cara untuk menggunakan Office Suite. Jika Anda memiliki kesulitan mendapatkan versi dari suite office, masih ada alternatif.
Untuk sementara waktu sekarang Microsoft telah memiliki alternatif Google Docs yang dikenal sebagai Office 365. Program ini tidak sempurna dan tidak sebagus sebagai mitra desktop. Namun, jika metode untuk menginstal Microsoft Office telah gagal, ini adalah pilihan lain.
Jika office 2013 dan 365 telah gagal di Linux, dan Anda sedang mencari alternatif yang lebih baik, anda dapat mencoba Libre office. Ini adalah alternatif Linux pertama yang dikenal mirip Microsoft Office suite, dan para pengembang bekerja sangat keras untuk membuat mirip dan kompatibel dengan teknologi Microsoft.
Selain itu, ada WPS Office, suite yang dirancang untuk terlihatseperti Microsoft Office, dan ada juga FreeOffice.

Kesimpulan

Beralih ke Linux tidak berarti Anda harus meninggalkan aplikasi Windows Anda. Keberadaan wine (dan PlayonLinux) dapat menginstal dan menggunakan aplikasi Windows (dalam hal ini, Microsoft Office 2013) sangat mudah. Kecuali jika Anda benar-benar perlu beberapa fitur yang spesifik dengan Microsoft Office, kami sarankan Anda mencoba alternatif office suites, seperti LibreOffice, karena mereka juga cukup stabil dan mampu.
Baca juga :  Cara memblokir seluruh folder di dalam Windows Firewall dengan Folder Firewall Blocker

Fitroh Satrio

Penyuka nasi goreng, Saat ini senang bermain Dota2. Sangat senang dengan hal yang berkaitan dengan #SEO #DigitalMarketing #Linux

Pin It on Pinterest