Cara melindungi Android dari serangan Stagefright

Cara melindungi Android dari serangan Stagefright | Tutorial mengatasi Stagefright attacks di android | selamat pagi sahabat ForGuides, kali ini saya akan memberikan sedikit Tips mengenai dunia Android.

Stagefright adalah mesin pemutaran media pada Android yang mendukung beberapa format media secara default, fitur audio dan video playback, manajemen sesi, DRM dan banyak lagi.

Ini juga merupakan nama dari kerentanan, atau serangkaian kerentanan yang baru ditemukan. Sejak Stagefright adalah teknologi inti Android, itu mempengaruhi (hampir) semua perangkat yang menjalankan sistem operasi tersebut.

Apa yang membuat kerentanan sangat mengganggu adalah bahwa hal itu dapat dijalankan secara pasif. Ini berarti bahwa perangkat dapat berhasil menyerang tanpa input pengguna.

Pada dasarnya, apa yang dilakukannya adalah mengirim MMS khusus disiapkan (Multimedia Message Service) ke perangkat. Karena perangkat Android yang dikonfigurasi secara default untuk men-download dan memproses pesan-pesan ini secara otomatis, serangan dijalankan di latar belakang.

Kerentanan memungkinkan penyerang untuk menjalankan kode jarak jauh pada perangkat, misalnya dengan mengeksekusi kode, menggunakan sensor perangkat atau menyelinap di sekitar.

Hanya perangkat yang menjalankan Android 2.2 atau yang lebih tua tidak terpengaruh oleh Stagefright pada saat ini.

Cara melindungi Android dari serangan Stagefright
Cara melindungi Android dari serangan Stagefright

Sejak serangan mengharuskan MMS secara otomatis di-download ke sistem, menonaktifkan kemampuan yang tampaknya menjadi salah satu pilihan yang lebih baik untuk melindungi perangkat dari serangan.

Cara melindungi Android dari serangan Stagefright

  • Buka aplikasi Messenger yang Anda gunakan. Saya menggunakan aplikasi Messenger bawaan pada Moto G menjalankan Android 5.0.1.
  • Buka preferensi dengan tap pada tiga titik di sudut dan memilih pengaturan kanan atas dari menu konteks.
  • Gulir ke bawah sampai Anda menemukan Multimedia (MMS) bagian pesan.
  • Hapus tanda centang “auto retrieve”.
  • Jika Anda menggunakan aplikasi messaging yang berbeda, Anda akan perlu mencari tahu apakah itu mendukung pemblokiran pesan MMS secara default juga.
Baca juga :  Cara Convert Video ke MP3

Kebanyakan Anda harus menyediakan dengan pilihan seperti tetapi beberapa mungkin tidak. Jika aplikasi SMS Anda tidak mendukung penghentian fitur, Anda mungkin ingin mempertimbangkan beralih ke yang berbeda untuk saat ini sampai masalah teratasi.

Hal ini dilakukan dalam pengaturan Android di bawah More> aplikasi default SMS. Sekali lagi, lokasi pengaturan dapat bervariasi tergantung pada versi sistem operasi

Kebanyakan produsen lambat ketika datang untuk memberikan patch untuk pengguna akhir dan mungkin diperlukan beberapa saat sebelum kerentanan yang ditambal pada kebanyakan perangkat. Jika Anda menjalankan CyanogenMod, Anda harus menerima update minggu ini sebagai masalah sudah ditambal.

konten didapat dari ghacks.net

Fitroh Satrio

Penyuka nasi goreng, Saat ini senang bermain Dota2. Sangat senang dengan hal yang berkaitan dengan #SEO #DigitalMarketing #Linux

Pin It on Pinterest