Cara membuat Firefox atau Chrome browser default pada Windows 10

Cara membuat Firefox atau Chrome browser default pada Windows 10 | Cara setting Aplikasi Default pada Windows 10 | selamat Pagi sahabat ForGuides, mungkin beberapa user di Indonesia sudah menggunakan Windows 10 sebagai Operating Systemnya namun banyak juga yang belum mengenal Windows 10 dikarenakan memang baru saja Release.

Windows 10 memang baru jadi wajar saja kalau pengguna masih merasa asing dengan Windows 10 dan belum mengetahui beberapa Fitur maupun Cara mengsetting beberapa Fitur yang tersedia di Windows 10.

sistem operasi Microsoft Windows 10 dengan Microsoft Edge sebagai default browser. Microsoft Edge diganti Internet Explorer sebagai browser utama pada Windows 10 dan sementara itu masih mungkin untuk memuat Internet Explorer, fokus utama Microsoft adalah pada Edge sekarang.

Edge agak enteng pada saat yang mungkin cocok untuk web browsing ringan tapi ketika datang ke menyesuaikan atau mejadi browser default, itu mungkin bukan pilihan pertama karena kurangnya pilihan untuk melakukan hal itu.

Misalnya, Anda tidak dapat mengganti default search engine Bing dengan mesin pencari tetapi hanya mereka yang mendukung standar pencarian OpenSearch. Dan bahkan yang tersembunyi di bawah pengaturan lanjutan dan membutuhkan bahwa Anda telah mengunjungi halaman mesin pencari lainnya setidaknya sekali.

Microsoft Edge di atas yang tidak mendukung ekstensi, dan privasi pengguna sadar akan memiliki waktu sulit menemukan pengaturan yang meningkatkan privasi mereka saat menggunakan browser.

Jika Anda memilih untuk menggunakan web browser yang berbeda, baik itu Firefox, Chrome, Pale Moon, Opera atau Vivaldi, maka Anda mungkin juga ingin membuat browser browser default pada Windows 10.

Jika Anda tidak melakukan itu, link di aplikasi pihak ketiga seperti email klien atau chatting akan terbuka di Microsoft Edge dan tidak dalam browser web Anda yang benar-benar digunakan.

Kebanyakan browser pihak ketiga menampilkan prompt pada awal ketika scan menentukan bahwa mereka tidak browser default sistem.

Firefox melakukan itu misalnya dan ketika Anda memilih opsi ini, Anda akan dibawa ke “Apps Default” halaman di Windows 10 Setting.

 

Sejak beberapa browser mungkin tidak melakukan itu atau tidak sama sekali, Anda mungkin ingin mengikuti panduan di bawah ini yang menjamin bahwa Anda dapat mengatur browser lain sebagai sistem browser default pada Windows 10.

Cara membuat Firefox atau Chrome browser default pada Windows 10

Untuk mengubah web browser bawaan melalui “Default Apps” melakukan hal berikut

1. Tekan pada Windows-key, ketik default app settings dan tekan enter

 

Cari Web Browser di halaman yang terbuka.

Klik pada Microsoft Edge (atau nama browser terdaftar di sana jika satu sama lain), dan pilih salah satu browser yang tersedia ditampilkan dalam overlay.

 

Anda dapat memilih browser diinstal termasuk Internet Explorer pada saat ini.

Rasanya mustahil namun untuk membuat browser portabel default, sebagai satu-satunya pilihan lain yang tersedia adalah untuk melihat di Store untuk aplikasi yang sesuai.

Nama browser baru terdaftar sebagai aplikasi bawaan. Anda dapat menggunakan tombol reset untuk mereset semua program kustom diatur pada halaman ini atau beralih ke browser lain dengan klik pada nama salah satu standar saat ini.

Ini bukan satu-satunya pilihan Windows 10 menyediakan sekarang untuk mengatur browser web default. Versi saat ini dari Windows 10 dengan Control Panel clasik yang dapat Anda gunakan untuk mengatur program standar juga.

Menggunakan panel kontrol klasik untuk mengubah browser default pada Windows 10

Tekan di Windows-key, default programs dan tekan enter untuk memulai proses.

 

Ini membawa pada panel kontrol clasik, lebih tepatnya “memilih program yang Windows menggunakan default” pilih itu.

 

Pilih “set your default programs” ketika jendela terbuka dan menunggu sampai daftar keluar. Microsoft menampilkan program pada halaman, dan ketika Anda memilih sebuah program di sana, pilihan untuk membuat default untuk semua atau beberapa jenis file yang didukungnya.

Cari web browser Anda pilihan di sana dan klik “set this program as default” untuk membuat itu browser default untuk semua protokol dan file yang dapat membuka.

Anda dapat memilih default alternatif jika Anda ingin kontrol penuh atas jenis file dan protokol yang Anda ingin dibuka di browser.

Catatan: Microsoft telah menyatakan niat menghapus panel kontrol clasik di masa depan versi Windows 10.

Kami akan memperbarui panduan ketika itu terjadi.

source ghacks.net

You might also like More from author