Cara Membuat Password Kuat Menggunakan Tips dan Alat ini

Cara Membuat Password Kuat Menggunakan Tips dan Alat ini | Kebanyakan pengguna internet pasti mempunyai sebuah akun, baik itu akun social media atau sebuah akun Email. Saat membuat akun seseorang pasti selalu memikirkan password yang dapat diingat, Tapi mereka selalu melupakan masalah keamanan ketika menggunakan password yang mudah diingat.

Ketika formulir pendaftaran meminta untuk membuat password, hal pertama yang datang ke pikiran banyak pengguna adalah, “Oke saya harus membuat password yang sangat mudah bagi saya untuk mengingat dan terhubung langsung ke saya sehingga saya tidak pernah lupa.” dengan pola pikir seperti itu, password yang dibuat adalah seperti “qwerty123.” seorang hacker akan memakan waktu kurang dari satu menit untuk hack password tersebut dan mengambil kontrol penuh dari akun Anda.

Akhir-akhir ini perusahaan dan situs web bekerja keras untuk mendidik pengguna untuk menggunakan password yang kuat, dan mereka juga menggunakan pembatasan untuk memaksa pengguna untuk membuat password yang lebih kuat.

Untungnya, dengan begitu banyak berita tentang rekening hacked dan penekanan pada menggunakan sandi yang kuat, hampir semua orang tahu bahwa mereka harus menggunakan sandi yang kuat. Namun, pertanyaan masih tetap, adalah password “Kuat” ? Pada artikel ini kami akan memberitahu Anda apa itu sandi yang kuat dan bagaimana untuk membuatnya.

Bagaimana Password bisa Cracked

Sebelum kami memberitahu Anda bagaimana untuk membuat password yang kuat, penting untuk mengetahui bagaimana untuk crack password. Ada beberapa cara untuk crack password, dan yang paling umum adalah Brute-Force-Attack dan Dictionary Attack. Keduanya dijelaskan di bawah.

Brute Force Attack

Dalam Brute Force Attack hacker (software hacker, tepatnya) menggunakan semua jenis huruf, angka dan karakter dalam kombinasi untuk mencoba untuk memecahkan password. Proses dimulai dari jumlah karakter dasar seperti empat atau lima karakter, dan ketika semua kombinasi yang digunakan, perangkat lunak menambahkan karakter lain dan menggunakan semua kombinasi yang dibuat dan mengulangi proses.

Hal ini secara teoritis memungkinkan Brute-Force-Attack untuk memecahkan hampir semua jenis password (termasuk yang dienkripsi). Namun, Brute-Force memeriksa setiap kemungkinan kombinasi ada adalah, dibutuhkan banyak waktu untuk memeriksa semua kombinasi, dan menambahkan karakter lain drastis akan meningkatkan waktu yang lama.

Cara Membuat Password Kuat Menggunakan Tips dan Alat ini
Memberikan perkiraan dari Kaspersky Password Checker, password “pzQm45” harus mengambil 3 jam untuk memecahkan, tetapi “pzQm45@” akan memakan waktu dua hari untuk crack. Jika kita menambahkan karakter lain seperti “pzQm45@!,” itu akan mengambil dua belas hari untuk crack. Ini berarti sangat sulit untuk crack password lagi untuk Brute-Force-Attack, dan itu tidak layak untuk hacker.

Dictionary Attack

Cara Membuat Password Kuat Menggunakan Tips dan Alat ini

Brute Force Attack memiliki waktu yang lama untuk crack password. ini adalah di mana Dictionary Attack datang. Dalam software Dictionary Attack, hacker menggunakan daftar panjang (dalam jutaan) dari kombinasi kata yang diambil dari kamus bersama dengan semua karakter umum kombinasi, frase, urutan dan segala sesuatu yang “biasa.” Jika password memiliki arti, Dictionary Attack bisa memecahkannya. Menambahkan tanda baca atau angka bersama dengan kata umum. Misalnya, Dictionary Attack harus dapat dengan mudah memecahkan sandi “Saya $ 3benci5% matematika” sebagai entah bagaimana itu masuk akal. Sebagai metode ini menggunakan kombinasi kata dan karakter umum, dibutuhkan jauh lebih sedikit waktu untuk crack password dibandingkan dengan Brute-Force, bahkan jika password panjang.

Solusi : Jawaban untuk kedua serangan atas adalah sederhana, membuat password lama yang tidak masuk akal. Sandi enam belas karakter atau di atasnya dengan karakter benar-benar acak akan bekerja dengan baik. Tapi menciptakan dan mengelola sandi seperti itu sulit, yang kami jelaskan di bawah.

Catatan : hacker juga menggunakan Phishing Attacks untuk mencuri password Anda. Sandi yang kuat tidak akan membantu melawan serangan phishing dikarenakan hacker akan mencuri password yang sebenarnya menggunakan halaman website palsu.

baca juga : Apakah Incognito Mode Jawaban untuk Masalah Privasi Anda ?

Cara Manual Membuat Password Kuat Itu dan Mudah Diingat

Bagi orang-orang yang tidak suka memberikan identitasnya untuk aplikasi pihak ketiga, kita tahu cara manual untuk menciptakan dan menghafal sandi yang kuat. Anda dapat membuat password dari frase panjang yang memiliki hubungan langsung dengan Anda, tapi orang lain tidak tahu tentang hal itu. Misalnya, Anda dapat membuat beberapa password dari frase seperti “Aku makan es krim vanila di 3:00, tapi saya tidak bisa tidur setelah itu!” Berikut adalah beberapa contoh:

  • Ievica3, bidgasa!
  • IeViCA3, bUtidgAsa!
  • iEvicA3am, BiDONTgaSa!

Ini akan benar-benar mudah untuk mengingat kalimat seperti yang terhubung dengan sesuatu yang Anda lakukan atau telah dilakukan sebelumnya, semua harus Anda lakukan adalah mengingat bagaimana Anda buat password.

Gunakan Password Generator dan Manajer

Jika Anda tidak ingin pergi melalui proses di atas dan tidak keberatan tergantung pada layanan pihak ketiga untuk membuat dan menyimpan password, maka hal-hal bisa mendapatkan jauh lebih mudah (dan produktif) untuk Anda. Ada banyak alat-alat yang akan membiarkan Anda menghasilkan password yang kuat, dan Anda juga dapat menggunakan password manager untuk menyimpan password mereka. Berikut adalah beberapa yang dapat Anda gunakan :

password Generator

Secure Password Generator : password generator online yang sangat sederhana yang memungkinkan Anda untuk menentukan panjang password dan jenis karakter untuk dengan mudah membuat password yang kuat. Hal ini juga memberikan petunjuk yang akan membiarkan Anda mudah mengingat password.

LastPass Password Generator : sandi manajer terkenal LastPass juga memiliki password generator online yang mudah digunakan dan menawarkan alat yang berguna untuk menghasilkan sandi yang kuat.

Password Managers

LastPass : Saya sarankan LastPass untuk pilihan antarmuka dan keamanan sederhana. Ini aman akan menyimpan semua password Anda dan membiarkan Anda sync mereka atas semua perangkat.

Dashlane : ini adalah pilihan lain baik yang mudah digunakan dan menawarkan keamanan yang besar seperti otentikasi dua faktor. Ini juga memiliki dompet digital untuk menyimpan kuitansi dan informasi kartu kredit.

Penting : Jangan pernah menggunakan password yang sama untuk beberapa account, bahkan jika salah satu akun Anda hack itu bisa menyebabkan kehilangan semua akun Anda.

Kesimpulan

Seharusnya tidak ada kompromi pada kekuatan password karena puluhan ribu hacker akan mencoba mencari informasi Anda dan mencoba masuk ke akun Anda. Anda mungkin mengatakan bahwa Anda hanya orang biasa dan tidak ada hacker yang akan punya waktu untuk hack akun Anda, tapi hacker tidak peduli siapa Anda.

Mereka hanya mencoba untuk hack apa saja yang mereka bisa mendapatkan sesuatu untuk mereka, satu atau lain cara. pencurian identitas dan penggunaan yang salah dari akun Anda dan informasi adalah sesuatu yang membuat pengguna rata-rata harus khawatir. Saya juga menyarankan Anda mengaktifkan otentikasi dua faktor jika tersedia untuk sebuah situs web, karena merupakan perlindungan terbaik terhadap hacker.

Bagaimana Anda membuat dan mengelola password yang kuat ? Berbagi dengan kami di komentar.

referensi dan images :

  • maketecheasier.com

You might also like More from author