Cara Memilih Laptop untuk Linux

Cara Memilih Laptop untuk Linux | Sementara hampir semua laptop dapat menjalankan Linux atau yang lain, ada model laptop yang lebih baik untuk distro Linux tertentu atau untuk Linux pada umumnya. Jika Anda akan memilih laptop untuk Linux, berikut adalah beberapa tips untuk dipertimbangkan.

1. Pikirkan Tentang Parameter yang Anda Perlu

pencarian Anda untuk yang terbaik untuk laptop Linux dimulai dengan cara tradisional dengan brainstorming yang sama ketika Anda lakukan ketika membeli setiap laptop baru. Pikirkan tentang parameter hardware yang Anda ingin pada laptop baru Anda untuk dimiliki. Ini termasuk kecepatan CPU, jumlah RAM, penyimpanan, on-board atau kartu lainnya (grafis, jaringan, dll).

Pada tahap ini proses ini tidak jauh berbeda dari memilih komputer lainnya, isi apa yang saat ini tersedia dan daftar model shortlist yang memenuhi persyaratan perangkat keras Anda.

2. Pertimbangkan Membeli Komputer Lama / Kurang Kuat

Linux menggunakan sumber daya komputer dengan cara yang lebih efisien, dan bahkan dengan hardware kurang kuat, Anda dapat mencapai kinerja yang lebih baik daripada dengan laptop yang menjalankan Windows. Saya mengatakan ini dari pengalaman.

Jika Anda hanya pengguna biasa, dengan Linux Anda tidak perlu harus pergi untuk hardware terbaru dan paling mahal. Kebanyakan hardware / laptop baru atau bekas yang berusia satu atau dua tahun yang baik untuk Anda. Sebagai pengguna biasa, Anda tidak perlu kartu grafis yang paling mahal, CPU sangat cepat, atau kapasitas TB penyimpanan disk.

Linux memberikan banyak pilihan, jika salah satu distro tidak akan berjalan pada komputer Anda, hanya mencoba yang lain. Ketika saya membeli komputer baru tahun lalu, itu terlalu baru untuk beberapa distro Ubuntu saya untuk dicoba. Beberapa dari mereka tidak akan diinstal sama sekali. Kemudian saya mencoba LXDE, sebuah distro untuk komputer lama yang dikemas dengan segala macam driver, dan bekerja seperti pesona. Di atas segalanya, karena ini adalah distro untuk komputer tua, itu berlari dengan kecepatan cahaya.

Baca juga :  Cara Membatasi kecepatan transfer onedrive pada Windows 10

LXDE adalah solusi untuk saya karena saya tidak perlu distro tertentu. Jika saya lakukan, mungkin aku akan harus menunggu selama beberapa bulan sampai distro pilihan saya merilis versi baru dan berharap bahwa driver yang saya butuhkan disertakan.

3. Periksa Kompatibilitas Open Source Database

Jika Anda sudah memiliki beberapa model laptop yang sudah disukai, langkah berikutnya adalah untuk memeriksa apakah model-model tertentu disertifikasi untuk kompatibilitas Linux. Ada cukup banyak tempat Anda dapat memeriksa. Misalnya, Anda bisa mulai dengan database hardware yang bekerja dengan sistem operasi bebas.

Jika Anda akan menginstal Linux Mint, maka sumber daya hardware kompatibilitas adalah titik awal yang baik.

Cara Memilih Laptop untuk Linux
Untuk Ubuntu, Anda mungkin ingin memeriksa daftar vendor sertifikasi mereka (https://community.linuxmint.com/hardware). Pilih penyedia dan kemudian pilih jika Anda ingin melihat semua model mereka bersertifikat atau hanya laptop / desktop, masing-masing.

Anda lihat, daftar laptop Linux bersertifikat cukup lama, dan sulit untuk mengatakan ada model laptop terbaik tunggal atau merek untuk Linux. Secara umum, dari apa yang saya tahu, IBM Thinkpad melakukan cukup baik di Linux. Dells juga memiliki sejumlah besar perangkat Linux bersertifikat.

4. Browsing Online untuk lihat apa yang Dikatakan Pengguna lain

Bahkan jika merek laptop dan model Anda telah berada di daftar laptop bersertifikat, tidak akan rugi untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Anda dapat memeriksa forum dukungan untuk kemungkinan masalah dari model Anda telah memilih memiliki.

Idealnya, Anda mencari informasi tentang distro yang Anda berencana untuk menggunakan. Untuk model laptop populer dan distro Linux, kemungkinan akan ada info, tapi mungkin juga tidak ada. Untuk model laptop dan distro Linux kurang populer, mungkin ada tidak adanya informasi sama sekali, yang sayangnya tidak berarti tidak akan ada masalah.

Baca juga :  Cara memperbaiki error "Namespace is already defined" di Windows 10

5. Dapatkan Laptop dengan Linux Pre-Installed

Sebagai usaha terakhir, jika Anda tidak percaya kemampuan Anda untuk memilih laptop Linux kompatibel pada Anda sendiri, Anda mungkin mempertimbangkan opsi untuk membeli laptop dengan pra-instal Linux. Tak perlu dikatakan, ini mungkin membatasi pilihan Anda, tetapi jika Anda benar-benar membutuhkannya, pergi untuk itu. EmperorLinux dan LinuxCertified dua tempat di mana Anda bisa mendapatkan laptop dengan pra-instal Linux, dan pilihan distro tidak ada yang buruk.

Cara Memilih Laptop untuk Linux
Memilih laptop Linux tidak jauh berbeda dari memilih laptop pada umumnya, tapi itu baik untuk mengetahui beberapa spesifik, seperti di mana untuk menemukan pra-instal Linux atau di mana untuk memeriksa kompatibilitas. Memang benar Linux akan berjalan pada hampir setiap laptop, tetapi jika Anda ingin menghindari kejutan menyenangkan, hanya memeriksa terlebih dahulu apakah model khusus Anda tidak dikenal karena masalah dengan Linux.

referensi dan images :

  • maketecheasier.com

Fitroh Satrio

Penyuka nasi goreng, Saat ini senang bermain Dota2. Sangat senang dengan hal yang berkaitan dengan #SEO #DigitalMarketing #Linux

Pin It on Pinterest