Cara memperkuat Sinyal WiFi pada Android 2016

Cara memperkuat Sinyal WiFi pada Android | Cara Menguatkan Sinyal Wi-Fi pada Perangkat Android | Selamat Pagi sahabat ForGuides, hampir semua para pengguna Android pernah menggunakan jaringan WI-FI untuk browsing atau sekedar ingin menyambungkan ke jaringan Internet. sekarang Wireless sudah banyak di berbagai tempat dan membuat para pengguna smartphone semakin senang dengan keadaan tersebut.

tapi bagaimana dengan smartphone yang tidak dapat terkoneksi dengan baik dengan jaringan Wi-Fi yang ada ? disini saya akan memberikan sedikit Solusi yang bisa anda coba untuk memperkuat sinyal Wi-Fi pada perangkat Smartphone anda.

Data Ponsel diperlukan dalam beberapa perangkat ponsel saat ini, terutama untuk perangkat yang menghubungkan ke internet. Namun, kecepatan didapat tergantung pada kartu SIM ketersediaan sinyal yang digunakan. Apabila kartu SIM tidak dapat dijangkau oleh pemilik ponsel, kecepatan internet otomatis akan menjadi lambat bahkan tidak terhubung.

Berbeda dengan Wi-Fi, yang lebih efektif dan lebih cepat. Wi-Fi tersedia hampir di mana-mana, tidak hanya di rumah tetapi juga di luar seperti kafe, pusat perbelanjaan, kantor dan bahkan lembaga pendidikan. Android smartphone sudah dilengkapi Wi-Fi sejak awal peluncurannya. Layanan seperti Wi-Fi Direct, Wi-Fi jarak jauh dll adalah beberapa contoh.

Berbeda dengan Wi-Fi, yang lebih efektif dan lebih cepat. Wi-Fi dapat ditemukan hampir di mana-mana, tidak hanya di rumah namun juga diluar seperti kafe, pusat perbelanjaan, kantor dan bahkan lembaga pendidikan. Android smartphone sudah dilengkapi dengan Wi-Fi sejak awal peluncurannya. Layanan seperti Wi-Fi Direct, Wi-Fi jarak jauh dll adalah beberapa contoh.

disini saya akan membahas bagaimana cara kita mengoptimasi supaya sinyal WiFi dapat dijangkau dengan baik dan stabil.

Cara memperkuat Sinyal WiFi pada Android

1. menggunakan Aplikasi Pendukung

Cara yang paling mudah dan user-friendly adalah dengan menggunakan aplikasi. Ada lusinan aplikasi yang tersedia di Google Play Store untuk men-tweak dan meningkatkan sinyal Wi-Fi, tapi satu yang di bagian atas daftar adalah Wi-Fi Booster & Analyzer by tot Mobile.

Aplikasi ini sudah terbukti diri layak untuk setiap pengguna Android yang mencari tempat untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi. Sejak saat peluncurannya, aplikasi telah berubah dan meningkat secara dramatis yang menawarkan fungsi yang relevan untuk membantu para penggunanya. Bukan hanya menawarkan untuk menganalisa sinyal Wi-Fi secara rinci, tetapi juga menyediakan opsi untuk meningkatkan itu.

Cara memperkuat Sinyal WiFi pada Android 2016
Cara memperkuat Sinyal WiFi pada Android 2016

Mengunduh Wifi Booster & Analyzer. Sekarang, buka aplikasi dan saat Anda melakukannya untuk pertama kalinya, itu akan membutuhkan sedikit waktu untuk mengumpulkan semua dari mereka. Hal pertama yang muncul di atas adalah grafik kekuatan sinyal dan interval waktu adalah asisten analisis Anda.

Wifi Analyzer & Easy Booster
Developer: vaTechlabs
Price: Free

Melihat grafik ini akan menunjukkan kapan dan di mana Anda dapat mengkonsumsi maksimal dari Wi-Fi Anda dengan cakupan sinyal yang terbaik. Di bawah grafik Anda juga dapat melihat beberapa informasi penting seperti Wifi SSID saat ini, alamat IP dan alamat MAC dari perangkat Anda.

Sekarang ketika Anda selesai menganalisis sinyal, Anda dapat memberikan dorongan untuk pilihan yang disediakan oleh aplikasi. Kedua opsi tersebut adalah Automatic dan Manual Boost Improvement.

sebenarnya masih banyak Aplikasi lainnya yang hampir mirip seperti

WiFi Manager
Developer: Kostya Vasilyev
Price: Free+
Wifi Analyzer
Developer: farproc
Price: Free

2. Update Firmware Terbaru

Cara memperkuat Sinyal WiFi pada Android 2016

Ini bukan suatu radio FM biasa, tapi firmware konektivitas untuk perangkat Anda. Tiap pembaruan firmware baru tidak hanya membawa perubahan pada tampilan antarmuka, namun juga perbaikan internal. Dan salah satu dari perbaikan ini adalah Radio atau mereka lebih familiar dengan panggilan Baseband . Ini adalah satu-satunya susunan koneksi nirkabel seperti sinyal seluler, data, Wi-Fi dll

Mengupdate Baseband memerlukan alat yang berbeda untuk perangkat yang berbeda, yang paling mudah adalah Nexus. Walaupun radio dilengkapi dengan update resmi, tapi kalau Anda menggunakan Custom ROM, Anda bisa ingin memperbarui secara manual.

3. mengubah Beberapa Settingan

settingan dasar Wifi hadir di setiap smartphone Android atau tablet. Sebagian besar dari kita menganggap ini sebagai fitur yang paling tidak bisa digunakan, tetapi itu memengaruhi Wi-Fi dan baterai yang terkait.

Cara memperkuat Sinyal WiFi pada Android 2016

Mencegah Wi-Fi koneksi yang buruk dengan pergi ke menu Settings => Wi-Fi => Advanced dan lihat Avoid Poor Connection dan centang kotak kecil di samping itu. Sekarang, ketika perangkat mencari koneksi Wi-Fi, otomatis menghindari semua hubungan dengan konektivitas rendah dalam daftar dan akan menghemat waktu.

tips lain yang bermanfaat melupakan koneksi lama (hubungan lama). yang berarti hubungan lama di sini adalah bahwa jika Anda tidak pernah menggunakan Wi-Fi di banyak lokasi yang menyediakan Wi-Fi gratis. Untuk itulah Anda perlu untuk menghapus daftar Wi-Fi yang perlu anda lakukan adalah pergi ke menu Settings => Wi-Fi => Saved Networks. Ketuk koneksi yang ingin Anda hapus dan tekan FORGET.

4. Gunakan Peralatan Eksternal

peralatan tambahan yang diberikan oleh sebagian besar produsen router. Hal itu dapat dijadikan alternatif untuk menambah kekuatan sinyal Wi-Fi. Seperti Wi-Fi extender atau repeater yang akan membawa sinyal yang ada dan menjadikan kedua jaringan untuk memperluas cakupan. Pada kasus rumah besar atau kantor, Wi-Fi repeater dapat melakukan keajaiban.

alat lain yang berguna ini cukup murah dan Antena Eksternal. Menggunakan antena eksternal akan sangat membantu untuk memperpanjang sinyal untuk yang lebih luas. Antena Rubber Duck adalah jenis yang paling umum dari peralatan yang digunakan oleh router Wi-Fi. Dengan menggunakan peralatan eksternal ini pasti bisa membantu untuk meningkatkan kekuatan sinyal Wi-Fi Anda.

5. Simpan Router Wi-Fi pada Tempat yang Terbuka

Cara memperkuat Sinyal WiFi pada Android 2016

Salah satu aspek yang sangat berdampak pada kekuatan sinyal Wifi lokasi Wi-Fi router. Sebuah router Wi-Fi harus selalu diletakkan di lingkungan terbuka. Jangan letakkan di lemari, atau di belakang TV. Lokasi seperti meja dan dinding bisa sangat bermanfaat, dan cenderung memberikan kekuatan sinyal yang lebih kuat dan lebih baik.

Hambatan seperti dinding, cermin, pintu kaca, atau bahkan pintu logam dapat menjadi gangguan besar untuk sinyal. Sebuah ruang tamu mungkin menjadi pilihan yang baik, karena mereka terbuka dan besar. Menempatkan router Anda di sudut atau di tengah-tengah peralatan elektronik lainnya akan berdampak pada jangkauan dalam cara yang buruk. Selain itu, hindari menempatkan router di dekat telepon, microwave dll

6. Buat Antenna WiFi Simple Untuk Memperkuat Signal 

Sinyal yang dikirimkan oleh modem atau router WiFi akan memancarkan ke arah yang tidak teratur, dengan membuat antena sederhana diharapkan Anda punya sinyal output lebih terarah atau fokus. Untuk membuatnya cukup mudah untuk silahkan menonton video di bawah ini milik Matthias Wandel :

WiFi Antena Booster

7. Merubah Pengaturan Frekuensi Wifi di Android Menjadi 5 GHz

Cara memperkuat Sinyal WiFi pada Android 2016

Pada perangkat Android yang lebih tua, biasanya WiFi frekuensi di 2,4 GHz, tapi sekarang banyak yang dapat menerima sinyal pada frekuensi yang lebih tinggi adalah 5 GHz, ini berarti bahwa spektrum dari sinyal yang ditransmisikan akan lebih beragam.

Pastikan Modem WiFi Anda juga menggunakan frekuensi yang sama, jika kurang begitu yakin kemudian ikuti petunjuk di bawah ini:

Settings> Wi-Fi> Advanced> Wi-Fi frequency band dan pilih Auto, maka smartphone android Anda akan secara otomatis menggunakan frekuensi 5 GHz jika ada modem dengan frekuensi kelas itu.

Catatan : untuk beberapa Android sudah default Auto

8. Matikan Modem Secara teratur

Jika modem terlalu Lama di kondisi menyala, ini berarti bahwa asupan listrik yang mengalir pada komponen modem sedang berlangsung, ini menyebabkan suhu modem naik . Dalam perangkat komunikasi yang mentransmisikan sinyal, panas adalah musuh utama karena dapat menyebabkan kebisingan pada sinyal yang dihasilkan. Silakan beri mereka istirahat pada modem Anda.

9. Rutin Ganti Password Wifi

Semakin banyak perangkat yang mengakses internet melalui modem, maka listrik yang digunakan oleh modem akan meningkat, selain membuat panas modem cepat dan mengganggu kekuatan sinyal, bayangkan jika Anda menggunakan modem ternyata tetangga Anda yang ingin internetan gratis ? Tentu saja, bandwidth akan dibagi dengan tetangga Anda. Mengubah koneksi password secara teratur WiFi untuk menghindari pencurian dengan tetangga Anda

10. Hindari Gangguan Dari Peralatan Elektronik Lainnya

Seperti kita menulis di trik nomor 8, selain panas ada banyak hal lain yang mengganggu proses signaling modem WiFi, satu gelombang elektromagnetik, peralatan elektronik seperti microwave sangat mungkin mengganggu kekuatan sinyal modem Wifi Anda.

11. Melihat Statistik Wifi Signal Untuk Tentukan The Best Spot

Cara memperkuat Sinyal WiFi pada Android 2016

Bila tersambung ke WiFi, Anda dapat menggunakan aplikasi bernama WiFi Signal Strength aplikasi gratis ini memungkinkan Anda untuk melihat kekuatan sinyal pada suatu titik tertentu di sebuah ruangan yang berisi sinyal WiFi. Gunakan aplikasi ini di Android Anda, kemudian mencoba untuk memindahkan titik / posisi untuk mencari posisi yang menghasilkan sinyal besar dan stabil.

The app was not found in the store. 🙁 #wpappbox

Links: → Visit Store → Search Google

12. Periksa Casing HP Android

Percobaan dengan speedtest.net, percobaan pertama dilakukan dengan menggunakan casing sedangkan sidang kedua lakukan tanpa memakai casing, kemudian membandingkan hasil, mana yang lebih baik ? antena WiFi pada perangkat Android Anda biasanya terletak di bagian belakang atau samping, jika dengan membuka penutup baterai meningkatkan kualitas koneksi internet Anda, berarti casing Anda terlalu tebal android atau berisi materi yang mengganggu sinyal WiFi.

sekian artikel berjudul “Cara memperkuat Sinyal WiFi pada Android 2016“, jika ada yang ingin ditanyakan silakan dikomentar

referensi :

  • ngelag.com
  • pandetpandet.blogspot.co.id

You might also like More from author

  • ternyata aplikasi pendukung juga perlu ya, aku pikir memang karena kekuatan wifinya yang kurang strong

    • ForGuides

      iya, aplikasi pendukung juga diperlukan guna menentukan lokasi yang baik