All About Guide in the World

Cara Mengatasi Blue Screen Of Death pada Windows

Cara Mengatasi Blue Screen Of Death pada Windows | Pengguna Windows pasti sering mendengar adanya komputer atau laptop yang terkena Blue Screen of Death atau BSOD lebih terkenalnya. Seluruh pengguna Windows mungkin tidak ingin BSOD terjadi pada komputernya. BOSD terjadi karena adanya software atau hardware yang crash atau terjadi kesalahan fatal sehingga membuat sistem harus restart. BSOD tidak ibarat komputer hang yang masih mampu diatasi sehingga tidak perlu restart komputer. Kali ini akan membahas bagaimana cara mengatasi Blue Screen dan Apa penyebab Blue Screen.

Apa Penyebab Blue Screen of Death Pada Windows??

Penyebab Blue Screen of Deat (BSOD) biasanya disebabkan adanya duduk perkara dengan hardware atau software driver pada komputer kamu. Software biasa tidak akan menimbulkan komputer kau mengalami duduk perkara ibarat ini. Penyebab Blue Screen disebabkan oleh duduk perkara hardware atau software dengan tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows. Blue Screen terjadi ketika Windows bertemu dengan Error STOP sehingga terjadi kegagalan kritis yang menimbulkan Windows crash dan berhenti bekerja. Satu-satunya yang dapat dilakukan Windows disaat ibarat ini hanyalah restart.

Jika kau sedang mengetik atau mengerjakan peran lain yang sangat penting dan Blue Screen terjadi maka kau akan kehilangan data. Kamu tidak memiliki kesempatan untuk menyimpan data karena Blue Screen tiba-tiba akan terjadi dengan cepat dan membuat komputer kau restart.

Ketika Blue Screen terjadi, Windows secara otomatis akan membuat Minidump yang menampilkan info wacana crash yang terjadi dan menyimpannya di dalam hardisk kamu. Dengan menggunakan minidump, kau dapat memperbaiki penyebab terjadinya Blue Screen.

Bagaimana Cara Mengatasi Komputer Restart Tiba-tiba Saat BSOD??

Secara default, Windows akan melaksanakan restart setiap komputer terkena Blue Screen. Jika komputer mati tanpa alasan yang terperinci mungkin itu Blue Screen. Ini benar-benar hal yang sangat menyebalkan, apalagi ketika kau sedang mengerjakan peran penting. Namun ada caranya untuk mengatasi komputer tiba-tiba restart ketika Blue Screen. Caranya mudah sekali, kau cukup membuka System Security>System dan klik Change settings dibagian computer name, domain dan workgroup settings. Setelah itu pilih tab Advanced>Settings pada Startup and Recovery. Kemudian hilangkan centang pada Automatically restart.

Bagaimana Cara Melihat Penyebab BSOD??

Untuk dapat melihat penyebab Blue Screen yang terjadi pada komputer kamu, ada dua cara. Pertama kau mampu menggunakan software gratis dari NirSoft’s yaitu BlueScreenView dan menggunakan Windows Event Viewer. Kedua cara ini akan melaksanakan pencarian file minidump yang dibuat Windows ketika Blue Screen selain itu juga akan menampilkan crash yang terjadi pada Windows.

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows

Pada Windows 7 atau Windows versi terbaru, info Blue Screen ditampilkan di Action Center. Jika kau pengguna Windows 7 atau Windows versi terbaru, kau dapat membukanya dan mengklik Check for Solutions pada menu maintenance. Ini akan membuat Windows memeriksa penyebab Blue Screen dan aneka macam error lainnya yang terjadi pada komputer kamu. Dengan begini kau sudah dapat mengatasi Blue Screen.

Berbagai Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows

Cara diatas yakni salah satu cara mengatasi Blue Screen yang terjadi pada Windows 7, berikut ini ada beberapa cara lain untuk mengatasi Blue Screen.

  • System Restore – Jika Blue Screen gres saja terjadi pada komputer kau maka sebaiknya kau menggunakan System Restore untuk mengatasinya. Ini akan membuat komputer kau kembali ke keadaan sebelumnya. Kalau system restore ini berhasil maka kemungkinan Blue Screen terjadi karena kesalahan software.
  • Scan Malware – Malware yang menembus jauh ke dalam Windows apalagi jikalau hingga di kernel Windows sebuah tingkat dimana hal paling rendah di Windows dapat menimbulkan tidak stabilnya sistem. Solusi untuk mengatasi ini dengan melaksanakan scan antivirus terhadap malware.
  • Boot ke Safe Mode – Jika komputer kau mengalami BSOD ketika dinyalakan, kau mampu masuk ke Safe Mode. Pada Safe Mode, Windows hanya mengambil driver-driver yang penting. Jika kau salah menginstall driver yang menimbulkan BSOD, dengan Safe Mode kau dapat menguninstallnya.
  • Periksa Masalah Hardware – Blue Screen dapat terjadi ketika kegagalan hardware terjadi dari komputer. Caranya dengan mengetikkan Memory Diagnostics Tool pada Start Menu atau mungkin komputer kau terlalu panas dan kekurangan fan.

Install Ulang Windows – Ini yakni pilihan terakhir yang mampu kau lakukan yakni menginstall ulang komputer kamu. Dengan cara ini, sistem akan terbangun dari awal dan tidak akan ada kerusakan. Jika kau tetap mengalami Blue Screen berarti permasalahannya ada di hardware.

Sebuah komputer yang jarang sekali muncul Blue Screen misalkan saja dua tahun sekali, ini bukan duduk perkara yang harus kau takutkan. Namun bila komputer kau sering sekali mengalami Blue Screen, sebaiknya kau harus cepat mengatasinya. via howtogeek

Comments