Cara Mengatasi Dehiderasi Saat Puasa

Menurut BMKG pertengahan puasa akan dilanda musim kemarau, informasi tersebut saya dapatkan dari kompas.com. Tentu saja musim kemarau akan menjadi tantangan tersendiri bagi anda yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Pada saat musim kemarau tubuh kita memerlukan cairan yang lebih banyak dibandingkan dengan musim penghujan ditambah lagi dengan aktivitas pekerjaan yang tentunya harus tetap kita jalani juga, Puasa pada saat musim kemarau kemungkinan tubuh kita bisa terkena dehidrasi jika asupan air pada tubuh anda kurang.

Dehidrasi menjadi tantangan bagi mereka yang berlari cepat. Hal ini tentu saja tidak lepas dari cuaca di bulan puasa yang berganti setiap tahunnya. Kalau musim penghujan kita masih bisa mengatasi dinginnya, tapi kalau sudah memasuki musim kemarau pasti tubuh harus bisa menyesuaikan diri.

Image: monicashealthmag.com

Bagaimana mengatasi dehidrasi saat berpuasa ? dilansir dari laman beautynesia.id, Pertama, usahakan minum 8 gelas air sehari. Ini bisa anda mengaturnya, misalnya saat makan 4 gelas lalu saat sahur 4 gelas.

Air itu sendiri merupakan bagian penting tubuh kita. Air membentuk 70% tubuh kita, dan 85% dari otak kita adalah air, dan juga 75% dari otot kita adalah air sehingga sangat penting untuk menjaga suhu tubuh kita tetap stabil, memfasilitasi pencernaan dan mengangkut nutrisi.

Jika Air dalam tubuh kita terpenuhi maka kerja dalam tubuh kita akan tetap stabil dan juga organ-organ tubuh yang sangat memerlukan air tetap terjaga dan bisa bekerja dengan baik agar anda bisa menjalankan aktivitas dengan baik.

Image: thejuicechief.com

Selain itu, mengonsumsi minuman yang tepat saat berbuka atau sahur juga bisa mencegah terjadinya dehidrasi saat berpuasa. Salah satunya adalah jus aprikot yang kaya akan kalsium dan vitamin A, yang bisa menjadi pencahar alami dan mengandung banyak antioksidan dan serat, vitamin C, B1, dan B2 yang sangat baik untuk berbagai mineral seperti zat besi, magnesium, dan potassium.

Baca juga :  Cara Mudah membuat Ketupat Lebaran

Semoga dengan anda bisa mengatur asupan air minum pada saat berbuka maupun sahur anda dapat mengatasi masalah dehiderasi sehingga anda dapat menjalankan aktivitas dan juga tetap produktif tanpa harus takut akan dehiderasi. Semoga puasa anda tetap lancar.

Fitroh Satrio

Penyuka nasi goreng, Saat ini senang bermain Dota2. Sangat senang dengan hal yang berkaitan dengan #SEO #DigitalMarketing #Linux

Pin It on Pinterest