10 Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas | Cara Supaya HP tidak Cepat Panas | Selamat pagi sahabat ForGuides, mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa Smartphone saya cepat sekali panas ? sebenarnya ada beberapa Faktor yang menyebabkan smartphone android anda menjadi cepat panas.

Mungkin anda pernah mengalami panas yang tiba-tiba ketika menjalankan smartphone dan menjadi lebih cepat ketika menjalankan berbagai aplikasi, baik itu browsing, gaming, multi-tasking dan sebagainya begitu cepat smartphone panas.

cepat panas yang terjadi pada smartphone android itu alami, hal ini disebabkan jumlah aplikasi yang berjalan pada ponsel yang membutuhkan kinerja tinggi dan daya baterai yang tinggi sehingga ponsel harus bekerja keras mengkonsumsi daya baterai dengan cepat berkurang.

10 Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas
10 Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Tapi di sini tidak berarti berkurang drastis dikurangi, jika baterai Anda berkurang drastis berarti baterai ponsel Anda telah rusak atau bocor daya penyimpanan sehingga tidak stabil dalam baterai. Itulah alasan mengapa smartphone android anda cepat panas, untuk itu jika Anda tidak ingin cepat panas pada ponsel Anda silakan ikuti cara untuk mengatasi panas pada smartphone android anda.

cepat Panas pada smartphone adalah perilaku normal, dan sesuatu yang terjadi pada hampir setiap ponsel, baik dengan sistem operasi Android, iPhone atau Windows. Panas berasal dari pasangan baterai ponsel, yang biasanya akan memanas ketika ada aktivitas terus menerus pada ponsel yang menyebabkan ponsel untuk menggunakan daya lebih banyak dari biasanya. Seperti ketika anda membuat panggilan telepon, menggunakan GPS, menonton video, dan kegiatan lainnya.

Jika telepon anda itu begitu panas dan energi baterai jatuh berkurang secara dramatis, itu berarti baterai rusak. Tapi jika tidak, masalah ini hanya pada ponsel panas dan tidak nyaman untuk digunakan. Dan jika baterai anda panas, itu berarti baterai terkuras dengan cepat secara tidak normal dan itu akan berdampak negatif pada baterai.

Baca juga :  Aplikasi Baru Google untuk menyimpan Foto Unlimited

Selain baterai, ponsel cepat panas yang juga disebabkan oleh kerja cpu, ram, dan perangkat keras lain di hp secara keras. Itulah yang menyebabkan smartphone cenderung lebih mudah menjadi panas jika digunakan untuk kegiatan pekerjaan berat terus menerus.

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

1. Ganti Baterai

Jika baterai Anda sangat boros ketika melakukan aktifitas telepon mulai memanas dengan cepat, itu berarti bahwa baterai harus diganti dengan yang baru. Baterai yang boros karena tidak stabil lagi dalam menghemat daya dalam kapasitasnya, bahkan jika Anda mengisi selama mungkin kemudian dan bermain sebentar baterai akan cepat habis dan bisa mati mendadak.

2. Jauhkan Dari Panas

Memang, sumber panas bukan telepon itu sendiri, tetapi Anda harus menghindari telepon Anda ke suhu yang ekstrim. Misalkan ditempatkan di sekitar oven, TV dan sebagainya yang mengeluarkan panas. suhu ruangan juga akan berpengaruh pada smartphone anda.

baca juga : cara agar baterai android tahan lama

3. Jangan Gunakan Ponsel Saat sedang di Charger

Menggunakan smartphone saat sedang diisi merupakan potensi penyebab hp panas yang cepat. Selain itu, menggunakan telepon ketika baterai sedang diisi/dalam proses Charger akan menyebabkan untuk meningkatkannya kerja baterai dan merusak baterai, seperti menjadi kembung, dan bahkan meledak.

4. Berhentikan Aplikasi Dan Koneksi untuk Penghemat Baterai

Coba tutup semua aplikasi dengan benar, baik melalui task manager atau aplikasi pihak ketiga. Selain itu, juga mematikan koneksi yang tidak diperlukan seperti bluetooth, wifi, GPS, inframerah, dan koneksi lainnya. Juga pastikan Anda berada di lokasi yang menerima sinyal dengan baik, karena hp bekerja terus-menerus mencari sinyal juga menyebabkan panas.

Satu hal yang pasti juga tidak menggunakan lampu LED sebagai senter dalam jangka panjang, ini akan menguras baterai dan membuat hp cepat panas.

Aplikasi penghemat baterai seperti misalnya JuiceDefender di android juga bisa dianggap untuk membantu masalah, atau untuk menutup semua aplikasi yang berjalan pada iPhone. Pada intinya, Anda harus melakukan semua langkah yang membuat kinerja baterai lebih efisien.

Baca juga :  Cara mengemat Kuota Internet Android

untuk Aplikasi penghemat Baterai akan saya jelaskan dibawah

5. Periksa Aplikasi yang Terpasang

Kadang-kadang, ada aplikasi yang membuat kerja CPU terus menerus bahkan jika tidak digunakan, atau yang jelas berjalan tidak normal dari yang seharusnya. Hal ini tentu akan menyebabkan baterai yang tidak bekerja secara normal dan akan menyebabkan panas.

Untuk mengatasinya, Anda dapat memantau pekerjaan melalui aplikasi task manager atau menggunakan aplikasi android bawaan seperti Watchdog yang akan membantu Anda melacak gejala ini pada Android. Jadi jika ponsel Anda panas dengan cepat dan Anda tidak tahu penyebabnya, mungkin aplikasi bisa memberikan petunjuk.

Watchdog Task Manager Lite
Watchdog Task Manager Lite
Developer: Zomut, LLC
Price: Free

6. Jangan Memasukkan Telepon Anda Ke Kulkas

Mungkin bagi anda yang sering memasukkan ponsel ke dalam kulkas akan berpikir ini bukan salah satu penyebab ponsel menjadi cepat panas. Tapi Anda salah, jika ponsel sering dimasukkan ke dalam kulkas maka ponsel Anda akan terbiasa dengan suhu dingin dan jika Anda membawa telepon Anda ke suhu yang lebih hangat dapat menyebabkan ponsel Anda akan menjadi cepat panas. Oleh karena itu, hindari memasukkan HP atau baterai HP anda ke dalam kulkas.

7. Jangan menutup rapat-rapat telepon

Dalam beberapa kasus ditemukan bahwa penggunaan casing tambahan atau accesoris yang berlebihan menyebabkan panas. Ini mungkin karena casing menjadi kendala untuk ponsel untuk mencari sinyal. Selain casing, bisa juga ketika ditaruh dalam tas, kotak penyimpanan, atau lainnya. Untuk mengatasi hal ini, cukup membuka casing tambahan atau accesoris yang terdapat pada smartphone anda atau meletakkannya di tempat yang terbuka untuk mendapatkan udara segar.

Kegiatan seperti menonton video atau mengaktifkan GPS terus menerus tentu menimbulkan panas pada semua jenis smartphone. Untuk mengatasi ini, Anda perlu menambahkan Holder/Alat untuk pemegang smartphone sehingga tangan tidak memegang ponsel terus menerus.

Baca juga :  Aplikasi Android Terbaik untuk Pengendara sepeda motor

8. Jangan Lakukan Overclock

Overclocking adalah salah satu cara yang dilakukan agar kecepatan smartphone meningkat dari HP kondisi standar, tetapi akan membuat daya baterai menguras cepat sehingga smartphone Anda akan lebih boros dan cepat panas. Oleh karena itu, hindari overclock, sehingga baterai Smartphone Anda dapat berjalan wajar untuk memberikan daya yang stabil untuk ponsel Anda sehingga tidak mudah panas.

9. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Menghemat Baterai

sebenarnya banyak sekali Aplikasi pihak ketika yang bisa anda gunakan untuk menghemat daya baterai anda, aplikasi tersebut ada yang Gratis anda juga yang berbayar, semua anda bisa dapatkan di Google Play Store maupun bisa seaching di Google untuk mendapatkan Aplikasi yang cocok sesuai dengan selera anda.

mungkin anda bisa membaca artikel ini Aplikasi untuk menghemat baterai di Android

salah satu Aplikasi yang saya pakai adalah

10. Istirahat ponsel Anda

Ini semacam jalan terakhir, tetapi juga yang paling mudah dan banyak dilakukan oleh pengguna ponsel. Uniknya, hal ini efektif untuk mengurangi panas. Caranya adalah, mematikan ponsel, membuka accesoris dan casing belakang ponsel dan baterai. Tunggu sampai benar-benar dingin dan kemudian dipasang kembali dan hidupkan lagi.

tambahan saya berikan beberapa Video yang mungkin akan berguna bagi anda.

Tutorial Mengatasi Semua Ponsel Android yang Cepat Panas
Cara mengatasi android cepat panas - YouTube

sekian artikel berjudul “10 Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas“, jika ada yang ingin ditanyakan silakan dikomentar. terima kasih

referensi :

  • webkeren.net
  • youtube.com

Fitroh Satrio

Penyuka nasi goreng, Saat ini senang bermain Dota2. Sangat senang dengan hal yang berkaitan dengan #SEO #DigitalMarketing #Linux

  • Terima Kasih banyak telah mengutip dengan baik. Salute, salam hormat!

    • ForGuides

      sama-sama, jangan lupa berkunjung kembali yaa

Pin It on Pinterest