All About Guide in the World

Cara menghemat bahan bakar mobil

20

Cara menghemat bahan bakar mobil | Tips menghemat bensin mobil | selamat pagi sahabat ForGuides, kali ini saya akan memberikan sedikit Tips untuk anda yang sering berkendara dengan mobil. Tips ini pasti dicari banyak pengemudi mobil dikarenakan bisa menghemat kantong anda. Tips yang akan saya berikan adalah “Cara menghemat bahan bakar mobil

Cara menghemat bahan bakar mobil
Cara menghemat bahan bakar mobil

Banyak orang bertanya, seberapa kuat cara untuk menghemat konsumsi bahan bakar di mobil. Beberapa orang mungkin menganggap bahwa menghemat bahan bakar bisa dilakukan dengan mengganti beberapa bagian mesin mobil atau memodifikasi mereka ekonomis.

Tapi tidak banyak yang tahu bahwa ada cara yang tak terduga yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar. Nah, seperti apa cara ini? Simak ulasannya di bawah ini!

Cara menghemat bahan bakar mobil

1. Jangan menginjak rem terlalu sering

Berhenti dan Buka berulang kali juga salah satu penyebab mobil boros bahan bakar. Dari mobil berhenti dan bergerak Go, tekanan gas akan meningkat sehingga mobil melaju sedikit ketat di babak awal. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak mengerem terlalu sering.

Kondisi lalu lintas yang kurang tepat untuk kasus ini. Namun, dengan menekan lembut pada pedal gas ketika kondisi Go, setidaknya cukup membantu mengurangi gelontoran bahan bakar.

2. Jangan ngebut

Semakin tinggi kecepatan mobil, itu akan menjadi konsumsi bahan bakar lebih irit. “Pernyataan oleh Divisi Humas Mabes Polri jelas pemahaman yang salah. Karena fakta-fakta nyata menunjukkan bahwa bahan bakar akan lebih boros 50 persen karena faktor aerodinamis.

Kecepatan cukup efektif untuk menghemat bahan bakar mengemudi di bawah kecepatan 100 km / jam. Metode ini diyakini mampu menekan konsumsi bahan bakar mencapai 25 persen.

3. memeriksa tekanan ban

Tidak dapat dipungkiri saat ban tidak sesuai dengan ukuran berat mobil, gesekan antara ban dan permukaan jalan akan semakin besar sehingga kinerja kelebihan dari mesin.

Jika tekanan ban dalam kondisi prima, setidaknya Anda dapat melakukan penghematan hingga 3 persen. Selain itu, tidak hanya mempengaruhi faktor konsumsi bahan bakar, juga cara yang bagus untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan.

4. Jangan membuka jendela terlalu lebar

Sisi aerodinamika mobil juga akan sangat berpengaruh ketika kaca depan terbuka dan membiarkan angin masuk ke kabin.Persoalan ini sering membuat mobil lebih dan lebih terbebani karena tekanan dari arah berlawanan. Untuk itu, lebih baik untuk menutup jendela atau membukanya sedikit jika Anda hanya membuat angin segar ke dalam kabin.

5.Cek keselarasan roda

Cobalah untuk datang ke bengkel dan memeriksa keselarasan seluruh mobil roda. Menurut penelitian, kaki komponen dicatat hingga 10 persen pada pemborosan bahan bakar karena kurangnya keselarasan. Selain itu, kasus serupa juga sangat berdampak pada ban sehingga ulir roda cepat haus.

6. isi bensin

Isi minyak pada saat pagi atau pada waktu suhu saat dingin. Hal ini karena memiliki kapasitas yang lebih dari gas cair pada saat dingin dari waktu panas karena banyak uap.

baca juga : Cara menghilangkan Noda Aspal pada kendaraan

7. isi minyak perlahan

Isi minyak perlahan sehingga cairan yang bisa masuk sepenuhnya ke dalam tangki bensin dan mengurangi fenomena uap bensin menguap bebas dan melemparkan bensin Anda.

8. Isi minyak ketika tangki setengah penuh

Hal ini karena lebih sisa minyak di dalam tangki akan mengurangi kapasitas ruang udara pada saat yang sama Anda dapat lebih bensin di tangki lebih optimal.

9.Mengurangi berat beban

Jangan membawa barang-barang yang tidak perlu. Penambahan 50 kg peningkatan berat badan digunakan minyak sebesar 2%.

10. Pemeliharaan.

Pemeliharan buruk dapat meningkatkan penggunaan minyak ke lebih dari 50%. Rajinlah untuk memeriksa tingkat busi, sabuk kipas dan filter udara secara periodik.

baca juga : Penyebab kecelakaan di jalan Tol

11. matikan mesin ketika tidak bergerak

Jika mobil tidak bergerak, matikan mesin jika hanya menunggu sesaorang. Hindari menekan pedal gas ketika mobil tidak bergerak.

12. Penggunaan gear

Pilih gigi yang tepat dengan kecepatan. Menggunakan gigi rendah untuk kecepatan tinggi menyebabkan limbah minyak karena mesin rpm akan meningkat. Gunakan mode ekonomi jika mobil Anda memiliki itu.

13. Perencanaan

Rencanakan perjalanan untuk menghindari kemacetan lalu lintas. Hal ini menghemat waktu, uang dan menghindari stres. Anda juga dapat mengatur perjalanan Anda untuk memaksimalkan tujuan dalam satu perjalanan. Misalnya balik dari kerja dapat berhenti membeli barang, mengisi minyak dan sebagainya. jadi tidak perlu keluar berulang kali.

14. Beralih ke bahan bakar alternatif

Ini adalah cara yang paling ampuh untuk menghemat bahan bakar. Kita menjadi jauh lebih efisien bila menggunakan bahan bakar alternatif seperti biodiesel atau etanol.

15. Matikan mesin saat macet

Banyak orang masih menyalakan kendaraan meskipun terjebak dalam lalu lintas secara total. Bahkan, ketika mobil menyala bensin akan tetap keluar dan dikeringkan berguna. Ini adalah buang-buang bahan bakar. Jadi, lebih baik matikan kendaraan Anda jika Anda terjebak dalam lalu lintas, terutama di jalan menurun atau flat.

beberapa konten saya ambil dari Otosia.com, jika ada yang ingin menambahkan silakan dikomentar.

Comments