Cara Cepat Mengubah Login URL WordPress

By | 14/11/2016

Cara Cepat Mengubah Login URL WordPress | Jika Anda adalah pengguna WordPress, Anda akan tahu bahwa URL default login adalah di “/wp-login.php”. URL default login ini sangat nyaman, tetapi ada kalanya Anda akan lebih baik mengubahnya. Ada beberapa alasan bagus untuk mengubah URL default login dan ada beberapa cara mudah untuk melakukannya. Baca lebih lanjut tentang ini dalam artikel ini.

Apakah saya Harus Mengubah URL default Login ?

Alasan utama untuk ingin mengubah URL login default untuk situs WordPress Anda adalah keamanan. Pertama, ia memberitahu hacker Anda menggunakan WordPress (bukan bahwa mereka tidak dapat menemukan ini dengan cara lain, tapi Anda membuat terlalu mudah bagi mereka). Ketika hacker tahu situs Anda “Didukung oleh WordPress” dan tahu kerentanan WP umum, Anda menjadi sasaran empuk.

Kedua, nama pengguna administrator bawaan adalah “admin.” Tidak banyak sitemasters WordPress repot-repot untuk mengubahnya. Dan hacker tahu ini. Satu-satunya hal yang tersisa adalah untuk mencari tahu password Anda. Ini tidak mudah, terutama jika Anda telah melakukan pekerjaan rumah Anda dan memilih password sulit ditebak, tapi hanya memikirkan beban pada server Anda saat hacker mencoba untuk brute-force password Anda. Tentu saja, jika Anda mengubah login default Anda, masih ada jaminan hacker tidak akan menyentuh situs Anda. Tapi Anda membuat tugas mereka jauh lebih sulit, dan kemungkinan mereka hanya akan pindah ke korban yang lebih mudah.

Cara Mengubah URL default Login

Sebelum Anda mulai dengan langkah-langkah yang sebenarnya mengubah URL default login, Anda benar-benar harus membuat cadangan. Saya tidak bisa menekankan betapa pentingnya backup, Perubahan default login biasanya tidak menimbulkan masalah, tetapi jika ada masalah kompatibilitas dan masalah lainnya, tanpa cadangan Anda akan hilang. Jadi, cadangan situs Anda sebelum Anda pergi.

Sekarang, ketika Anda memiliki cadangan, Anda dapat men-download dan menginstal plugin cosrum Login URL (https://wordpress.org/plugins/custom-login-url/). Ketika Anda selesai, pergi ke “Settings -> Permalinks” dan gulir ke bawah layar sampai Anda melihat gambar berikutCara Cepat Mengubah Login URL WordPress

Ini adalah URL default, dan Anda dapat mengubahnya sebagai Anda silahkan. Misalnya, Anda dapat mengubah  “/wp-login.php” ke“/user/login/,” “/wp-login.php?action=register” ke“/user/register/,” “/wp-login.php?action=lostpassword” ke “/user/remind/,” dan “/wp-login.php?action=logout” ke “/user/logout/.”

Cara Cepat Mengubah Login URL WordPress
Tentu saja, ini hanya saran. Anda dapat mengubah URL untuk apa pun yang Anda suka. Itu bahkan lebih baik untuk mengubah mereka menjadi sesuatu yang kurang logis, mis “/Pergi,” “/masuk,” atau bahkan sesuatu yang tidak masuk akal ( “/mentimun” atau “/hahaha” datang ke pikiran saya) karena ini membuat hampir tidak mungkin bagi hacker untuk menebak. Anda bahkan dapat mengubahnya ke URL bukan Bahasa indonesia, ini akan membuat lebih sulit bagi hacker untuk menebak.

Setelah selesai, klik Save Changes dan menguji URL baru Anda.

Sebelum Anda keluar dari dashboard, jangan lupa untuk menuliskan URL yang sudah karena jika Anda lupa mereka, bahkan Google tidak akan dapat membantu Anda!

Ini mungkin adalah cara termudah untuk mengubah URL default login. Tidak melibatkan coding atau bermain-main dengan file instalasi. Ada plugin lain yang dapat Anda gunakan, juga, seperti Move Login atau WPS Hide Login, jadi jika untuk beberapa alasan Anda tidak suka Kustom Login URL, Anda tidak terjebak dengan itu.

images dan referensi :

  • maketecheasier.com

4 thoughts on “Cara Cepat Mengubah Login URL WordPress

  1. AfikRubik

    Wah bagus nih untuk keamanan. Setidaknya bisa meminimalisir orang-orang tidak bertanggungjawab yang mencoba masuk ke panel wordpress kita

    Reply

Leave a Reply