Cara Mudah Mengurangi Kecanduan Bermain Game

Cara Mudah Mengurangi Kecanduan Bermain Game | Tips mengurangi Bermain Game pada Anak | Selamat Pagi sahabat ForGuides, kali ini saya akan memberikan Tips untuk anda yang senang bermain game dan sudah menjadi maniak alias sudah menjadi rutinitas atiap harinya. jika sudah menjadi rutinitas biasanya akan sangat rumit untuk dihilangkan, tapi tenang saja disini saya akan memberikan beberapa Tips yang bisa anda coba agar Maniac game anda bisa berkurang.

Cara Mudah Mengurangi Kecanduan Bermain Game
Cara Mudah Mengurangi Kecanduan Bermain Game

Tak satu pun dari dunia ini baik jika dilakukan secara berlebihan, begitupun aktivitas gaming yang kita cintai. Ada kewajiban di luar sana yang harus dipenuhi, ada orang lain di luar sana yang harus diundang untuk berinteraksi.

Namun, kadang-kadang keinginan untuk bermain game membuat kita lupa waktu dan lupa segalanya. Saya sendiri pernah mengalami hal itu di mana setiap hari saya hanya tidur, makan, berdoa, dan main game saja.

Tentunya kita ingin menghindari hal semacam ini terjadi. Terutama jika Anda sudah memiliki pekerjaan atau keluarga. Jadi apa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan atau mengurangi kecanduan game? Berikut adalah berbagai tips yang saya telah dirangkum dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.

Cara Mudah Mengurangi Kecanduan Bermain Game

1. Buat Batasan Waktu bermain Anda 

Sebagai anak laki-laki, orang tua saya hanya memungkinkan saya dan saudara-saudara bermain di akhir pekan saja, dan itu dimulai ketika kami sudah mandi. Pada hari Minggu, kita harus berhenti bermain di 5:00.

Pembatasan ini tampaknya saya sangat ampuh dalam mengurangi keinginan saya untuk bermain game. Terbukti ketika saya masih kuliah dan indekos, jam bermain game saya langsung tidak terkontrol dan kecanduan video game saya diperdalam.

Baca juga :  solusi lupa 2nd Password Dragon Nest

Jadi, membuat waktu tertentu bagi Anda untuk bermain di mana tidak ada yang bisa mengganggu Anda, tetapi di luar bahwa Anda harus berhenti. Jika Anda tinggal dengan orang tua atau sudah menikah, itu membantu karena ini untuk membantu mengingatkan dan tidak mengganggu Anda ketika sedang asik untuk bermain.

2. Bermain Bersama Teman Sibuk 

Yang juga menyukai permainan saja. Ketika Anda bermain dengan mereka, pada waktu mereka harus melakukan sesuatu dan sesi bermain harus segera selesai. Hal ini tidak mudah untuk menemukan seorang teman seperti ini. Tetapi jika Anda memilikinya, “ambilah keuntungan tersebut”.

3. Jangan Menjadi Perfectionist

Tahan diri Anda untuk mengejar semua achievement, lokasi, rahasia, misi, leveling dan sebagainya.

Terimalah bahwa waktu Anda di dunia nyata lebih penting daripada mengejar lima persen terakhir permainan favorit Anda. selesaikan game yang Anda mainkan segera, eksplorasi lebih lanjut dari baru nanti saat Anda memiliki waktu luang.

4. Perluas Kegiatan di Luar 

Berolahraga secara teratur, pergi dengan keluarga, dan kegiatan lain di luar rumah bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengurangi kecanduan menjadi video game. Selain itu Anda juga menjadi lebih sehat tentunya.

5. Baca Walkthrough!

Kadang-kadang ada ego dalam ini (termasuk saya) yang tidak ingin benar-benar melihat walkthrough. Akibatnya, banyak waktu yang tidak terpakai untuk mencobanya, ulangi untuk gagal, atau mencari untuk menggali rahasia tersembunyi.

baca juga : Cara Konten Marketing Untuk Usaha Kecil Menengah

6. Memiliki Niat yang kuat dan komitmen untuk Mengubah

Jika Anda serius untuk berhenti kecanduan ini, itu adalah hal pertama yang harus Anda miliki adalah tekad dan kemauan yang kuat untuk menyingkirkan kebiasaan tersebut. Itu awalnya akan mengalami kesulitan untuk tetap mampu mempertahankan komitmen. Tapi percayalah, jika niat Anda kuat, maka Anda akan mendapatkan melalui itu dengan baik, memotivasi diri sendiri bahwa Anda pasti bisa berubah.

Baca juga :  Basic Build Job Dragon Nest

7. Memperkuat Hubungan Anda dengan Tuhan

Ini satu hal yang tidak bisa meremehkan karena lebih dekat dengan Tuhan, Anda akan lebih percaya diri bahwa Anda dapat mengubah. Berdoalah selalu dan berkembang dengan mengikuti kegiatan keagamaan lainnya.

8. Selalu Pikirkan Dampak Buruk bermain Game Online

Dengan selalu berpikir tentang dampak buruk, sedikit demi sedikit Anda akan mulai untuk menghindari game online, karena dengan cara ini Anda akan tersugesti jika hal-hal buruk yang terjadi pada Anda sendiri.

9. Berhenti Bermain Game Online

Karena Anda telah berkomitmen untuk pulih dari kecanduan ini, maka Anda harus bersedia untuk berhenti bermain game. Apakah Anda mengurangi durasi bermain, tapi berhenti saat itu juga, karena jika Anda hanya mengurangi durasi mereka, maka keinginan untuk bermain itu pasti akan muncul kembali, bahkan mungkin lebih besar,

sehingga Anda tidak dapat mengendalikannya. Pikirkan selalu bahwa lebih baik untuk tidak memainkannya daripada jatuh lagi. Tapi suatu hari nanti, ketika Anda mampu mengendalikan kecanduan Anda, ketika tiba-tiba Anda ingin bermain, maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan sudah bisa mengendalikan diri.

11. Curhat dengan Sahabat atau orang terdekat

Ceritakan tentang kecanduan yang Anda alami untuk keluarga Anda sehingga keluarga Anda dapat memberikan dukungan atau jalan keluar untuk Anda. Jangan malu untuk mengatakan yang sebenarnya kepada mereka. Dengan keterbukaan akan memberikan kepercayaan diri untuk lepas dari kecanduan game online.

12. Singkirkan Perangkat Game Anda

Segera berkemas dan menyembunyikan perangkat gaming Anda sehingga Anda tidak tergoda untuk bermain lagi. Jika Perlu kamar Anda tidak terpasang perangkat game online, karena kurangnya pengawasan dari orang-orang terdekat atau dari orang tua Anda, maka Anda akan tergoda untuk memainkannya tanpa ada peringatan dari mereka.

Baca juga :  Tips and Trik Tampil Casual dengan Gamis untuk Pesta

13. Melakukan positif ketika ada Waktu Luang

Sebisa mungkin meluangkan waktu Anda untuk melakukan kegiatan lain selain bermain game online. Memperluas kegiatan positif yang dapat Anda lakukan seperti bercanda dengan keluarga, olahraga, menulis blog, bermain musik, dan sebagainya. Buatlah diri Anda sesibuk mungkin dengan hobi baru Anda sehingga Anda tidak memiliki kesempatan untuk berpikir tentang bermain game onlline kembali.

14. Bergaul dengan Lainnya

Berinteraksi dengan orang lain sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu, mulai dari tidak mengurung diri di kamar, segera hubungi teman Anda untuk berkumpul bersama untuk membahas kegiatan positif.

Video motivasi untuk mengatasi Game Online

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online
CARA MENGOBATI KECANDUAN GAME
6 TIPS MENGATASI KECANDUAN GAME PADA Anak

sekian artikel berjudul “Cara Mudah Mengurangi Kecanduan Bermain Game“, jika ada yang ingin ditanyakan silakan di komentar. terima kasih

referensi :

  • id.techinasia.com
  • keluarga.com
  • youtube.com

Fitroh Satrio

Penyuka nasi goreng, Saat ini senang bermain Dota2. Sangat senang dengan hal yang berkaitan dengan #SEO #DigitalMarketing #Linux

  • Tambahan 1 sob : “Shutdown PC kalo udah lose..”

    #Lol

    • ForGuides

      boleh juga tu gan tipsnya 🙂

Pin It on Pinterest