Cara Mudah Menjalankan Ubuntu Snap Packages di Distro Linux Lain

Cara Mudah Menjalankan Ubuntu Snap Packages di Distro Linux Lain | Mungkin bagi anda mudah untuk menjalankan Ubuntu Snap Packages di Ubuntu, tapi bagaimana jika anda ingin menjalankannya di Distro Linux Lain. Oleh karena itu saya disini akan memberikan Tips untuk mengatasi masalah tersebut, yang bisa anda coba dirumah.

Ketika Ubuntu 16.04 LTS keluar banyak orang-orang berbicara tentang Snap packages, sebagian besar dari mereka dapat menginstal Ubuntu 16.04 jika Anda ingin mencobanya. Hal ini dianggap sebagai aplikasi Killer oleh beberapa, dan itu tidak sulit untuk melihat mengapa (jika Anda ke dalam).

Namun, baru-baru Canonical telah membuat beberapa langkah yang menyebutnya “bizzare” itu telah membuat Ubuntu Snap packages bisa diterapkan pada semua distro Linux dengan cara memasang snapd. Ini adalah berita bagus! Jadi, bagaimana Anda membuatnya bekerja ?

Cara Mudah Menjalankan Ubuntu Snap Packages di Distro Linux Lain

Cara menginstal Snap pada Debian

Mendapatkan paket Snap bekerja pada Debian sebenarnya lebih mudah daripada yang Anda pikir. Sejak Ubuntu mengambil dari Debian, banyak teknologi serupa.

sudo apt-get install snapd

Atau, Anda hanya bisa wget paket ini di sini dan menginstalnya.

wget http://ftp.br.debian.org/debian/pool/main/s/snapd/snapd_2.0.8+1_amd64.deb

atau

wget http://ftp.br.debian.org/debian/pool/main/s/snapd/snapd_2.0.5+1_i386.deb

diikuti oleh

sudo dpkg -i snapd*.deb

Catatan : ini hanya akan bekerja dengan Debian Sid.

baca juga : 10 Website Terbaik Untuk Belajar Online Linux 2016

Cara menginstal Snap di Arch Linux

Cara Mudah Menjalankan Ubuntu Snap Packages di Distro Linux Lain

Seperti Debian, pengelola Arch telah memutuskan untuk memasukkan snapd menjadi salah satu repositori utama. Instalasi pada Arch tidak lagi memerlukan menggunakan Aur. Sebaliknya, cukup masukkan berikut ini untuk mendapatkannya berjalan pada kotak Arch Anda.

sudo pacman -S snapd

Cara menginstal Snap di Fedora

Cara Mudah Menjalankan Ubuntu Snap Packages di Distro Linux Lain

Berbeda dengan dua sistem operasi sebelumnya, Fedora tidak memiliki RPM untuk Snapd. Ini mungkin disebabkan oleh kenyataan bahwa Fedora akan dengan flatpack. Namun, jika Anda ingin menggunakan Snaps, ini adalah cara termudah untuk mendapatkannya diinstal.

Sebelum dilakukan, copr harus diinstal.

sudo dnf install 'dnf-command(copr)'

Setelah Copr ada pada sistem, Anda harus mengaktifkan repositori kita untuk mengambil Snapd.

sudo dnf copr enable zyga/snapcore

Kemudian, hanya memperbarui sumber perangkat lunak Anda.

sudo dnf update

Akhirnya, instal Snapd.

dnf install snapd

Setelah Snapd terinstal, Anda masih harus dilakukan. Fedora dilengkapi dengan SELinux, sehingga beberapa pengaturan perlu diubah.

sudo gedit /etc/selinux/config

Perintah ini akan membuka config SELinux dalam editor Gnome. Cari SELINUX=enabled pada file konfigurasi, dan ubah “enabled” ke “permissive.” Setelah itu, simpan, lalu reboot untuk menerapkan pengaturan.

Source code

Jika Anda menggunakan distribusi Linux yang tidak disebutkan, Anda mungkin perlu men-download Source code dan membangun sendiri. Setiap distro berbeda dan memiliki langkah-langkah tersendiri dalam proses ini.

Cara menggunakan Snapd

Menggunakan Snapd identik dengan bagaimana hal itu digunakan pada Ubuntu. Informasi lebih lanjut tentang itu di sini. Daftar semua paket Snappy sederhana. Cukup masukkan perintah ini :

snap find

atau yang satu ini

snap find snappackagename

Cara Mudah Menjalankan Ubuntu Snap Packages di Distro Linux Lain

Ini akan menampilkan semua paket yang tersedia. Ketika Anda telah menemukan sebuah paket yang Anda inginkan, menginstalnya. Misalnya, jika saya menemukan “telegram” dengan Snap dan ingin menginstalnya sebagai paket Snap.

Cara Mudah Menjalankan Ubuntu Snap Packages di Distro Linux Lain

sudo snap install telegram-sergiusens

Kemudian, hanya seperti itu, Telegram dan berjalan. Mudah, meskipun Ini tidak semua tentang menginstal paket? Bagaimana jika Anda memutuskan Anda benci Telegram. Bagaimana Anda menghapusnya ? Menghapus paket sekejap adalah semudah memasukkan satu perintah.

sudo snap remove telegram-sergiusens

Beberapa perintah yang berguna lainnya termasuk list, refresh, abort dan run. list memungkinkan Anda untuk melihat semua yang diinstal pada sistem, run memungkinkan Anda untuk menjalankan perintah snap yang diberikan, dan refresh update semua yang diinstal snaps. Lihat perintah ini dan untuk melihat lainnya :

snap --help

Kesimpulan

Snap packages benar-benar rapi, dan sejak mereka datang ke desktop, semakin banyak orang telah memeluk mereka. Itu sebabnya rilis Snapd sangat menarik. Kami tidak lagi harus berada di Ubuntu untuk menuai keuntungan dari kerja keras. Mungkin dalam dua atau tiga tahun mayoritas software di Linux akan diinstal dengan cara ini. Menginstalnya hari ini dan mengambil risiko !

You might also like More from author