Cara termudah untuk Membuat USB Installer Bootable di Ubuntu

Cara termudah untuk Membuat USB Installer Bootable di Ubuntu | Jika Anda ingin membuat installer USB bootable di Ubuntu, aplikasi default untuk ini adalah “Startup Disk Creator” yang sudah diinstal pada sistem. Namun, aplikasi ini adalah hadir dan tidak bekerja dengan baik kadang-kadang. Apa yang tidak diketahui banyak adalah bahwa Disk Gnome preinstalled (bagian dari paket Desktop Gnome) hadir dengan kemampuan bagi Anda untuk membuat bootable USB drive juga. Proses instalasi juga lebih mudah dan lebih cepat.

Catatan: Gnome Disk adalah bagian dari desktop Gnome. Jika Gnome Disk tidak terinstal di sistem Anda, Anda dapat menginstalnya dengan perintah berikut:

sudo apt-get install gnome-disk-utility

Membuat USB installer Bootable dengan Disk Gnome

Untuk memulai pastikan Anda sudah memiliki file ISO yang ingin Anda instal dan USB drive.

1. Masukkan USB drive Anda ke dalam komputer, dan pastikan itu muncul di File manager.

Catatan: Pastikan Anda telah membuat backup semua data di drive USB, karena akan diformat selama proses tersebut.

2. Arahkan ke lokasi di mana Anda menyimpan file ISO. Klik kanan pada file ISO, dan pilih “Open with Disk Image Writer,”

Cara termudah untuk Membuat USB Installer Bootable di Ubuntu
3. Ini akan membuka Gnome Disks application, dan popup yang meminta Anda tentang “Restore Disk Image.” Pada bagian “Destination“, pilih drive USB Anda.

Cara termudah untuk Membuat USB Installer Bootable di Ubuntu
4. Klik “Start Restoring.” Ketika ia meminta Anda untuk mengkonfirmasi, klik “Restore.”

Cara termudah untuk Membuat USB Installer Bootable di Ubuntu
Cara termudah untuk Membuat USB Installer Bootable di Ubuntu
Itu dia. Setelah Restorasi selesai, Anda akan dapat menggunakan USB drive sebagai Live CD.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa Gnome Disk tidak mendukung data persistence untuk USB drive Anda. Jika Anda berniat untuk menggunakan USB drive dengan persistensi data, Anda harus menggunakan aplikasi Startup Disk Creator.

Baca juga :  Cara Menambahkan Icon Trash ke Desktop di Mac Anda

Kesimpulan

Disk Gnome adalah salah satu alat manajemen disk yang paling stabil di sekitar, namun sedikit orang yang tahu tentang hal itu dan apa yang dapat dilakukan. Selain menciptakan USB bootable, juga dapat digunakan untuk backup dan memulihkan hard drive Anda, serta format dan partisi drive eksternal.

referensi dan images :

  • maketecheasier.com

Fitroh Satrio

Penyuka nasi goreng, Saat ini senang bermain Dota2. Sangat senang dengan hal yang berkaitan dengan #SEO #DigitalMarketing #Linux

Pin It on Pinterest