Mengatasi Masalah Terjebak saat Update Windows 10

Mengatasi Masalah Terjebak saat Update Windows 10 | Windows adalah sebuah sistem operasi yang sangat populer, tetapi tidak pernah datang tanpa masalah. Dengan munculnya Windows 10, proses update baru dan konten tambahan yang besar seperti Anniversary Update atau Creator’s Update, masalah-masalah baru telah muncul saat proses update Windows. Masalahnya Yaitu, Update Windows 10 Anda stuck.

Mari kita bicara tentang alasan mengapa, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki mereka.

Terjebak dalam Update Windows 10

Update Windows 10 kadang-kadang dapat stuck saat dijalankan pada komputer Anda. Untuk kebanyakan orang, ini bukan masalah karena umumnya dapat diperbaikan sendiri setelah beberapa waktu telah berlalu. Sayangnya, ketika itu terjadi, itu mungkin akan mengblok fungsi sistem, seperti restart, dan mengakibatkan kinerja disk atau penggunaan memori tinggi. Ini merupakan yang membuat itu menjadi masalah.

Kami akan memberikan dua solusi yang terbaik untuk skenario ini : yang paling mudah dan sulit. Semua akan bekerja, tetapi pertama mencoba yang termudah.

Cara mudah : Menggunakan Windows Update Troubleshooter

1. Yang pertama yang perlu anda lakukan adalah mendownload Windows Update Troubleshooter

Download Windows Update Troubleshooter

2. sekarang, menjalankan program ketika itu selesai di download. Anda akan mendapatkan layar yang terlihat seperti ini :

Mengatasi Masalah Terjebak saat Update Windows 10
3. sorot “Windows Update” dan klik Next. Program sekarang akan secara otomatis berjalan mendiagnostik pada versi Windows. Jika Anda menggunakan versi Windows 10 yang lebih baru, itu juga akan mengarahkan Anda ke versi baru dari Update Troubleshooter.

4. dari sini, Troubleshooter akan melakukan pekerjaan untuk Anda secara otomatis. Proses ini dapat berlangsung beberapa saat, jadi perlu sedikit sabar. namun, itu tidak dapat mengidentifikasi masalah, Anda akan perlu untuk memperbaikinya menggunakan cara yang lebih sulit.

Baca juga :  3 Cara Membuka Advanced Startup Options di Windows 10

baca juga : Kumpulan Masalah dan Solusi Update Windows 10 Anniversary

Cara sulit : Menggunakan CMD File

Untuk yang satu ini, kami akan memberikan download untuk file CMD agar Anda dapat mengeksekusi. Setelah Anda melakukan ini, Anda mungkin perlu merestart Windows Update proses, tetapi sekarang Anda sekarang tidak perlu.

1. download CMD File

Download CMD File

Bagi mereka yang malas untuk download cmd file, ini isi dari file :

cls
echo Simple Script to Reset / Clear Windows Update
echo.
echo.
attrib -h -r -s %windir%\system32\catroot2
attrib -h -r -s %windir%\system32\catroot2\*.*
start /wait net stop wuauserv
start /wait net stop CryptSvc
start /wait net stop BITS
del /q /s /f %windir%\system32\catroot2\*.*
del /q /s /f %windir%\SoftwareDistribution\*.*
del /q /s /f "%ALLUSERSPROFILE%\application data\Microsoft\Network\downloader\*.*"
start /wait net Start BITS
start /wait net start CryptSvc
start /wait net start wuauserv
echo.
echo Task completed successfully...
echo.
PAUSE

Code itu adalah pada dasarnya menghentikan Layanan Update, menghapus file-file lama, dan merestart layanan Update lagi.

Setelah Anda mendownload file, Anda akan perlu untuk buka Folder Download. (Jangan menjalankannya dari Chrome, ini tidak akan bekerja dengan baik.) Klik kanan file, kemudian pilih “Run as administrator.”

Mengatasi Masalah Terjebak saat Update Windows 10
Sekarang semua yang perlu Anda lakukan adalah membiarkan CMD file melakukan tugasnya. Setelah Anda selesai, Anda dapat mulai proses update Windows 10.

Windows 10 Stuck saat setelah restart

Terjebak pada layar yang terlihat seperti ini ?

Mengatasi Masalah Terjebak saat Update Windows 10
Sekarang Anda sedang diperingatkan untuk menunggu karena suatu alasan. Ini akan mengambil beberapa saat, terlepas dari apakah itu bekerja dengan baik atau tidak. Jika layar ini stuck pada persentase tertentu selama beberapa jam, namun biasanya berarti proses update telah mulai “Stuck.”

Cara yang bagus untuk memverifikasi ini adalah untuk melihat lampu aktivitas HDD komputer Anda jika mungkin ada. Jika Anda dapat mendengar disk aktif berputar atau melihat HDD cahaya berkedip secara teratur, itu berarti tidak stuck. Itu hanya berlangsung sebentar, dan Anda hanya akan perlu menunggu beberapa waktu.

Baca juga :  Cara Download Windows 7 dan 8 ISO Images dari Microsoft

Jika itu adalah stuck di sini adalah apa yang harus dilakukan.

1. pertama, mari kita menentukan berada dimana pada saat proses stuck. Mulai dengan menekan “Ctrl + Alt + Delete.” Jika Anda beruntung, Anda berada pada titik dalam proses update yang mana Anda dapat dengan aman kembali ke Windows. Sekarang Anda dapat log in kembali dan membiarkan update lengkap dari dalam sistem operasi.

2. Sayangnya, ini mungkin tidak selalu bekerja. Jika ini terjadi, Anda akan perlu untuk memberikan komputer hard reset.

Catatan: hal ini dapat berbahaya.

3. Anda akan perlu untuk melakukan reset paksa dari komputer Anda. Untuk melakukan ini, tekan dan tahan tombol daya sampai komputer Anda telah benar-benar mematikan. Sekarang Anda harus merestart komputer Anda.

4. sementara restart, cepat tekan tombol F8 saat Windows boot. Ini akan membawa Anda ke “Boot Options” Dari opsi Boot, pergi ke “Troubleshoot -> Advanced options -> Startup Settings.” Kemudian, klik Restart.

Mengatasi Masalah Terjebak saat Update Windows 10
Setelah Restart, Anda sekarang akan dapat mengakses Safe Mode. Boot ke Windows menggunakan Safe Mode. Windows akan mencoba untuk menyelesaikan memperbarui saat Anda melakukan hal ini dan akan berhasil karena setiap program atau mengganggu instalasi driver akan dinonaktifkan.

Mencegah Masalah Dikemudian Hari

Jika update Windows 10 anda stuck, kami berharap bahwa artikel ini membantu Anda memperbaiki masalah itu. Namun, masalah ini mungkin merupakan gejala dari masalah dengan komputer Anda. Dari Hardware, hard drive rusak atau memori mungkin bermasalah. Dari Software, pastikan untuk menjalankan Disk Defrag dan maintenance lainnya setelah Anda kembali ke OS Anda.

Fitroh Satrio

Penyuka nasi goreng, Saat ini senang bermain Dota2. Sangat senang dengan hal yang berkaitan dengan #SEO #DigitalMarketing #Linux

Pin It on Pinterest