All About Guide in the World

Tools Untuk Menyimpanan Website dalam Jangka Panjang Terbaik 2017

40

Tools Untuk Menyimpanan Website dalam Jangka Panjang Terbaik 2017 | Internet adalah sumber pengetahuan, dengan situs-situs yang didedikasikan untuk membawa Anda up-to-date informasi yang menakjubkan. Namun, dapat dengan cepat menyebarkan informasi di Internet, itu dapat juga menghilang dengan cepat. Mungkin pemilik host web menghapus halaman, itu hilang dalam transfer, atau situs web sudah tidak ada lagi. Jika sebuah situs web atau artikel berisi informasi yang Anda tidak ingin kehilangan, Anda mungkin tertarik untuk bagaimana menyimpan situs web secara permanen sehingga Anda dapat mengaksesnya tanpa masalah.

Untungnya, jika Anda ingin mempertahankan isi dari situs web tertentu, Anda memiliki pilihan untuk Anda. Berikut adalah apa yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin membuat salinan permanen dari sebuah situs web untuk digunakan nanti.

Menyimpan situs web ke Hard Drive Anda

Mungkin salah satu solusi sederhana untuk arsip situs web secara permanen adalah untuk menyimpan halaman web sebagai salinan offline pada hard drive Anda. Dengan cara itu Anda bahkan tidak perlu koneksi Internet untuk melihatnya. Jika Anda melakukan penelitian, menyalin situs ke folder di komputer Anda akan membantu menyusun semua informasi yang Anda butuhkan yang dapat diakses secara offline dan berbagi dengan orang lain dengan mudah.

Jadi, bagaimana Anda menyimpan sebuah website ? Anda bisa klik kanan halaman web dan klik “Save as…” tapi ini akan menyimpannya dalam format HTML. Sementara ini bekerja, mungkin tidak akan ideal untuk berbagi atau dibaca kemudian hari.

Cara yang jauh lebih nyaman untuk arsip situs web secara permanen adalah dengan menyimpannya sebagai file PDF. Jika Anda menggunakan Chrome, Anda dapat menemukan pilihan “Save as PDF” ketika mencetak halaman web. Hanya pergi untuk mencetak seperti biasa, kemudian klik untuk mengubah perangkat dan pilih opsi PDF. Bukan mencetak salinan fisik, Chrome akan hanya menyimpan halaman sebagai PDF pada komputer Anda.

Tools Untuk Menyimpanan Website dalam Jangka Panjang Terbaik 2017
Jika Anda menggunakan browser yang berbeda, ada beberapa plugin dan situs-situs yang didedikasikan untuk mengkonversi halaman web ke file PDF, seperti WebToPDF add-on untuk Firefox.

WebToPDF
WebToPDF
Developer: RobertHawkins
Price: Free

Jika Anda hanya ingin menyimpan teks pada laman web, mendapatkannya lebih mudah. Cukup copy dan paste teks ke word processor pilihan Anda dan menyimpannya untuk disimpan. Kadang-kadang solusi yang paling sederhana adalah yang terbaik.

Menyimpan versi Online dari halaman web saat ini

Tools Untuk Menyimpanan Website dalam Jangka Panjang Terbaik 2017
Tetapi bagaimana jika Anda tidak ingin menyimpan salinan ke komputer Anda ? Bagaimana jika Anda lebih memilih untuk memiliki salinan online website seperti sekarang ?

Archive.is adalah layanan gratis yang memungkinkan Anda untuk arsip situs secara permanen. Anda hanya perlu mengunjungi Archive.is, dan itu akan mengambil snapshot dari halaman seperti yang terlihat pada saat itu. Kemudian akan menyimpan salinan datanya untuk disimpan dalam kondisi saat itu. Anda dapat menggunakan alat berbagi untuk mendapatkan link permanen, sehingga Anda dapat membuat penunjuk halaman untuk nanti. Hal ini membuat pilihan yang ideal jika Anda ingin menjaga website namun masih memiliki akses ke versi online untuk berbagi atau sumber.

Lihat halaman web dari sebelumnya berubah

Tools Untuk Menyimpanan Website dalam Jangka Panjang Terbaik 2017
Tapi bagaimana jika bencana datang dan Anda tidak dapat lagi melihat halaman web ? Mungkin website hilang sebelum Anda bisa menyiman isinya, atau Anda ingin mengakses halaman yang telah dihapus. Jika hal ini terjadi kepada Anda, jangan khawatir dulu. Anda mungkin masih dapat menemukan halaman tersebut lagi.

Ada alat yang sangat berguna yang diselenggarakan oleh Internet Archive disebut Wayback Machine (https://archive.org/web/). Alat ini memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana halaman web yang terlihat di masa lalu dengan menggunakan salinan url selama halaman hidup. Mereka mencapai ini dengan mengirimkan crawler yang menyimpan jepretan laman web ketika mereka hilang. pada dasarnya, versi archive.is yang selalu pemindaian dan menyimpan halaman web secara otomatis menemukan mereka.

Ini berarti bahwa jika Anda ingin menarik laman web yang telah lama pergi, ada kesempatan Wayback Machine mengambil snapshot sebelum itu lenyap. Semua yang perlu Anda lakukan adalah Masukkan halaman web yang Anda tertarik untuk melihat kembali ke kehidupan, dan Wayback Machine akan mencoba yang terbaik untuk menemukan salinan halaman. Jika itu ada atas halaman web Anda, Anda kemudian dapat menyimpan dan digunakan dikemudian hari untuk memastikan tidak pergi hilang lagi.

Bahkan jika Anda tidak terlalu tertarik untuk menyimpan halaman web, Anda selalu dapat menggunakannya untuk menjelajahi seberapa populer website yang hanya tampak di masa kanak-kanak, seperti apa yang tampak seperti tampilan Amazon pada 12 Mei 2000 atau prototipe untuk pencarian Google.

Kesimpulan

Mengingat sifat internet berubah-ubah, kehilangan informasi bisa sangat mengganggu. Dengan alat ini Anda dapat untuk memastikan halaman tetap di tersimpan selamanya, bahkan jika itu sudah.

Anda pernah pergi ke sebuah situs web untuk mendapatkan sesuatu yang krusial, hanya untuk menemukan bahwa itu benar ada ? Bagaimana Anda memastikan bahwa informasi di Internet itu benar ? Berbagi cerita dengan kami di bawah ini.

Comments