Cara Membersihkan Bagian Hardware Dalam Komputer

Cara Membersihkan Bagian Hardware Dalam Komputer | Komputer menarik debu kecil seperti magnet dan logam, tapi ini tidak berarti mereka cocok. Kelebihan debu di celah komputer Anda akan menyebabkan penurunan kinerja dan potensi menjadi lebih panas. Untungnya, ini bisa diperbaiki jika perangkat keras komputer Anda dibersihkan. (Jangan khawatir, ini tidak seram kedengarannya.)

Cara Membersihkan Bagian Hardware Dalam Komputer

Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah tentang cara membersihkan bagian dalam komputer dengan aman. Anda akan perlukan:

  • Obeng
  • Q-tip / Cotton but
  • Kaleng angin kecil
  • 90% isopropil alkohol (opsional tapi efektif)

Membongkar dan Grounding

Mulailah dengan mematikan komputer Anda dan cabut kabel yang terpasang.

Sebelum melepaskan pastikan untuk menyelidiki komponen komputer yang sensitif, Anda pasti akan menyentuh permukaan logam. Grounding berarti meniadakan pelepasan muatan listrik statis yang mungkin secara tidak sengaja Anda sambungkan ke bagian komputer, yang berpotensi membuat anda tersetrum. Meski cukup langka, lebih baik aman dalam hal ini.

Lepaskan kotak luar dengan menggunakan obeng dan mulailah menyemprotkan tekanan udara untuk melakukan penyisiran debu secara menyeluruh.

Cara Membersihkan Bagian Hardware Dalam Komputer
Dok. maketecheasier.com

Menggunakan Air Compressed

Sebagian besar kaleng udara bertekanan datang dengan sedotan untuk menempel pada nosel, yang sangat membantu pembersihan yang tepat. Jika Anda tidak mempunyainya, jangan khawatir, itu bukan satu-satunya pilihan.

Cara Membersihkan Bagian Hardware Dalam Komputer
Dok. maketecheasier.com

Saat menggunakan udara bertekanan, pastikan untuk menahannya setidaknya enam inci dari bagian komputer manapun dalam posisi tegak lurus. (memegang kaleng dengan cara lain atau bermain dengan itu akan membuat kerusakan kulit, mata, atau komputer permanen.)

Menggunakan semburan pendek dan cepat, ledakan area debu berlapis: kipas angin, power supply, motherboard, dan sekeliling casing.

Cara Membersihkan Bagian Hardware Dalam Komputer
Dok. maketecheasier.com

Untuk membersihkan lebih dalam, lepaskan CPU, kartu grafis, hard drive, dan kipas angin. Buang debu dari bagian ini dan jika perlu, gunakan tip-Q untuk membersihkan kotoran yang membandel.

Membersihkan Hardware Membandel

Q-Tips paling baik digunakan untuk celah-celah yang sulit selama Anda tidak menggosok kapas dengan agresif ke bagian komputer. Jika anda tidak ingin ada potongan kapas yang lepas di papan sirkuit.

Cara Membersihkan Bagian Hardware Dalam Komputer
Dok. maketecheasier.com

Kapas dapat digabung dengan mencelupkan Q-tip pada 90% isopropil alkohol, yang digunakan untuk membersihkan sisa noda yang akan dibuang dengan aman. Tip Q yang dicelupkan alkohol juga bagus untuk membersihkan bilah kipas dan bintik yang sulit dijangkau pada motherboard Anda.

Cara Membersihkan Bagian Hardware Dalam Komputer
Dok. maketecheasier.com

Jika Anda merasa terlalu ambisius, Anda bahkan bisa memberi motherboard alkohol. Pastikan untuk menggunakan setidaknya larutan alkohol 90% dan buang bagian yang berlebih sebelum melakukan ini. Rendam papan selama beberapa menit (atau lebih lama tergantung seberapa parah kotornya papan Anda). Lepaskan papan dan pastikan benar-benar kering (ini seharusnya cukup cepat karena kandungan alkoholnya kuat) sebelum memasangnya kembali di komputer Anda.

Baca juga: Cara Mengatasi Komputer Lamban 2017

Mengikuti langkah-langkah ini, PC / laptop Anda akan berjalan lebih lancar dan anda akan mendapatkan lingkungan bebas debu. Komputer adalah mesin kerja keras yang terkadang membutuhkan sedikit cinta. Pastikan PC / laptop Anda berjalan dengan baik dengan membersihkannya setidaknya setahun sekali (dua kali setahun jika Anda memiliki hewan peliharaan dan tiga kali jika kucing Anda suka tidur di atas CPU, seperti saya).

Comments