Cara Mengatasi dan Penyebab Utama Xiaomi Cepat Panas

Saat ini banyak pengguna smartphone yang memilih vendor xiaomi dikarenakan dengan harga yang cukup terjangkau sudah mendapatkan spesifikasi hardware yang cukup baik, Kesuksesan Xiaomi di tanah air memang cukup menyita perhatian belakangan ini. Brand ini merupakan yang terlaris no 3 di indonesia saat ini. Namun dibalik kesuksesan tersebut ternyata pengguna Xiaomi memiliki satu keluhan yang umum di rasakan oleh penggunanya. Ponsel cepat panas. Ya, sudah banyak yang mengeluhkan bahwa ponsel Xiaomi mereka sangat cepat panas ketika digunakan.

Lantas mengapa Xiaomi cepat panas dan bagaimana penyebabnya? Mungkin pertanyaan itulah yang kini banyak menghampiri pengguna Xiaomi di indonesia saat ini. Namun kini pertanyaan tersebut bisa terjawab, dibawah ini kami akan memberi sedikit tips agar ponsel Xiaomi anda terhindar dari panas yang berlebih dan tetap dingin walau digunakan saat bermain game atau mengakses sosial media.Cara Mengatasi dan Penyebab Utama Xiaomi Cepat Panas

Cara Mengatasi dan Penyebab Utama Xiaomi Cepat Panas

1. Kurangi Aplikasi Background

Pada dasarnya memang ponsel android termasuk Xiaomi pasti memiliki aplikasi background yang secara otomatis berjalan ketika smartphone di hidupkan. Secara tidak langsung dan tanpa disadari aplikasi-aplikasi background ini akan memakan Ram cukup besar dan bisa menyebabkan suhu ponsel naik. Maka dari itu disarankan agar anda menghapus beberapa aplikasi background anda melalui pengaturan atau dengan menggunakan aplikasi Clener pihak ketiga yang ada di play store

2. Sinyal yang Tidak Stabil

Salah satu yang menjadi biang penyebab suhu ponsel tidak stabil adalah kondisi sinyal yang lemah. Maka dari itu disarankan jika anda berada di suatu tempat dengan status sinyal provider anda cukup lemah maka lebih baik untuk anda mematikan saja paket data atau koneksi internet anda. Karena jika koneksi internet nya dimatikan maka hal itu akan mengurangi kinerja ponsel anda

3. Hindari Penggunaan Ponsel Saat di Charger

Menggunakan ponsel pada saat sedang di charger juga salah satu penyebab Xiaomi cepat memanas. Hal ini terjadi karena mayoritas baterai yang digunakan oleh ponsel Xiaomi adalah berjenis lithium –ion yang sifatnya tidak tahan panas. Jika hal ini berulang-ulang anda lakukan maka dampak yang paling cepat terjadi adalah baterai ponsel anda akan kembung dan bahkan eror.

Baca juga: 5 Hasil Jepretan Xiaomi Redmi 5A yang Bakal Bikin Kamu Terpukau

4. Update MIUI

Satu faktor yang bisa mempengaruhi Xiaomi cepat panas adalah karena bug pada software itu sendiri. Jadi jika ponsel anda menerima update MIUI maka disarankan untuk melakukan update secara langsung. Hal ini dapat menjaga kestabilan perangkat anda serta mengatasi bug-bug yang mungkin ada pada generasi sebelumnya.

5. Mengatur Kecerahan Layar

Mengatur keterangan layar pada tingkat yang rendah atau sedikit redup juga bisa mencegah ponsel Xiaomi anda memanas. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh karena komponen layar adalah salah satu yang terbesar pada penggunaan konsumsi baterai. Jadi jika layar terlalu cerah maka baterai akan cepat habis dan suhu ponsel akan meningkat maka lebih baik menggunakan pengaturan kecerahan secara otomatis saja.

6. Mengaktifkan Mode Power Save

Mode power save adalah salah satu fitur bawaan dari ponsel Xiaomi. Fitur ini sangat bermanfaat bagi anda untuk menghemat pemakaian baterai serta mengontrol suhu pada smartphone ini. Jika fitur ini diaktifkan maka secara otomatis dia akan mengurangi jumlah aplikasi background yang berjalan dan mengontrol aplikasi adalah penggunaan jaringan internet pada ponsel anda.

Baca juga: 5 Smartphone 4G Gaming Xiaomi Terbaik Awal 2018 Januari

7. Penggunaan yang Berlebihan

Dikarenakan saat ini sedang banyak game online yang kualitas baik, Banyak pengguna bermain dengan smartphonenya secara belebihan karena terlalu menikmati permainan game tersebut. Padahal bermain secara berlebihan dengan smartphone ini tidak baik karena akan merusak hardware smartphone ketika smartphone yang panas digunakan secara terus menerus. Apalagi untuk memainkan game HD yang perlu menggunakan sumber daya yang cukup besar untuk menjalankannya.

Akhir kata

Umumnya ponsel xiaomi tidak cepat panas jika penggunaanya masih dalam porsi yang normal, Namun jika anda sudah menggunakannya secara berlebihan maka kerja smartphone akan semakin tinggi dan akan menyebabkan panas. Itu normal, Tapi lebih baik diamkan beberapa menit untuk membuat smartphone anda kembali ke suhu normal.

Itu dia beberapa tips sederhana untuk menghindari bahkan mengatasi jika kondisi ponsel Xiaomi anda mengalami over-heat atau terlalu panas. Dengan menerapkan beberapa tips diatas semoga bisa mengatasi permasalahan anda selama ini.

Comments