15 Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas | Cara Supaya HP tidak Cepat Panas | Selamat pagi sahabat ForGuides, mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa Smartphone saya cepat sekali panas ? sebenarnya ada beberapa Faktor yang menyebabkan smartphone android anda menjadi cepat panas.

Mungkin anda pernah mengalami panas yang tiba-tiba ketika menjalankan smartphone dan menjadi lebih cepat ketika menjalankan berbagai aplikasi, baik itu browsing, gaming, multi-tasking dan sebagainya begitu cepat smartphone panas.

cepat panas yang terjadi pada smartphone android itu alami, hal ini disebabkan jumlah aplikasi yang berjalan pada ponsel yang membutuhkan kinerja tinggi dan daya baterai yang tinggi sehingga ponsel harus bekerja keras mengkonsumsi daya baterai dengan cepat berkurang.

Tapi di sini tidak berarti berkurang drastis, jika baterai Anda berkurang drastis berarti baterai ponsel Anda telah rusak atau bocor daya penyimpanan sehingga tidak stabil dalam baterai. Itulah alasan mengapa smartphone android anda cepat panas, untuk itu jika Anda tidak ingin cepat panas pada ponsel Anda silakan ikuti cara untuk mengatasi panas pada smartphone android anda.

Cepat panas pada smartphone adalah perilaku normal, dan sesuatu yang terjadi pada hampir setiap ponsel, baik dengan sistem operasi Android, iPhone atau Windows. Panas berasal dari pasangan baterai ponsel, yang biasanya akan memanas ketika ada aktivitas terus menerus pada ponsel yang menyebabkan ponsel untuk menggunakan daya lebih banyak dari biasanya. Seperti ketika anda membuat panggilan telepon, menggunakan GPS, menonton video, dan kegiatan lainnya.

Jika telepon anda itu begitu panas dan energi baterai jatuh berkurang secara dramatis, itu berarti baterai rusak. Tapi jika tidak, masalah ini hanya pada ponsel panas dan tidak nyaman untuk digunakan. Dan jika baterai anda panas, itu berarti baterai terkuras dengan cepat secara tidak normal dan itu akan berdampak negatif pada baterai.

Selain baterai, ponsel cepat panas yang juga disebabkan oleh kerja cpu, ram, dan perangkat keras lain di hp secara keras. Itulah yang menyebabkan smartphone cenderung lebih mudah menjadi panas jika digunakan untuk kegiatan pekerjaan berat terus menerus.

Setelah saya menggunakan senter ponsel cerdas saya untuk sementara waktu karena saya perlu menerangi jalan saya dalam pemadaman listrik. Karena saya memegangnya di kedua sisi, saya tidak menyadari betapa panasnya ponsel saya. Ketika akhirnya saya ingat di mana saya meletakkan senter untuk situasi semacam ini, ponsel saya sangat panas sehingga saya bahkan tidak bisa lagi memegangnya di tangan saya.

Selalu akan ada situasi atau aplikasi yang menyebabkan perangkat kami menjadi terlalu panas, tetapi mengetahui cara mendinginkan perangkat Android yang panas adalah suatu keharusan. Hal pertama yang harus kita cari adalah darimana datangnya panas. Ini akan menentukan di mana letak masalah yang akan membantu kami menemukan solusi yang tepat.

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

1. Ganti Baterai

Jika baterai Anda sangat boros ketika melakukan aktifitas telepon mulai memanas dengan cepat, itu berarti bahwa baterai harus diganti dengan yang baru. Baterai yang boros karena tidak stabil lagi dalam menghemat daya dalam kapasitasnya, bahkan jika Anda mengisi selama mungkin kemudian dan bermain sebentar baterai akan cepat habis dan bisa mati mendadak.

2. Jauhkan Dari Panas

Memang, sumber panas bukan telepon itu sendiri, tetapi Anda harus menghindari telepon Anda ke suhu yang ekstrim. Misalkan ditempatkan di sekitar oven, TV dan sebagainya yang mengeluarkan panas. suhu ruangan juga akan berpengaruh pada smartphone anda.

baca juga : cara agar baterai android tahan lama

3. Jangan Gunakan Ponsel Saat sedang di Charger

Menggunakan smartphone saat sedang diisi merupakan potensi penyebab hp panas yang cepat. Selain itu, menggunakan telepon ketika baterai sedang diisi/dalam proses Charger akan menyebabkan untuk meningkatkannya kerja baterai dan merusak baterai, seperti menjadi kembung, dan bahkan meledak.

4. Berhentikan Aplikasi Dan Koneksi untuk Penghemat Baterai

Coba tutup semua aplikasi dengan benar, baik melalui task manager atau aplikasi pihak ketiga. Selain itu, juga mematikan koneksi yang tidak diperlukan seperti bluetooth, wifi, GPS, inframerah, dan koneksi lainnya. Juga pastikan Anda berada di lokasi yang menerima sinyal dengan baik, karena hp bekerja terus-menerus mencari sinyal juga menyebabkan panas.

Satu hal yang pasti juga tidak menggunakan lampu LED sebagai senter dalam jangka panjang, ini akan menguras baterai dan membuat hp cepat panas.

Aplikasi penghemat baterai seperti misalnya JuiceDefender di android juga bisa dianggap untuk membantu masalah, atau untuk menutup semua aplikasi yang berjalan pada iPhone. Pada intinya, Anda harus melakukan semua langkah yang membuat kinerja baterai lebih efisien, untuk Aplikasi penghemat Baterai akan saya jelaskan dibawah

5. Periksa Aplikasi yang Terpasang

Kadang-kadang, ada aplikasi yang membuat kerja CPU terus menerus bahkan jika tidak digunakan, atau yang jelas berjalan tidak normal dari yang seharusnya. Hal ini tentu akan menyebabkan baterai yang tidak bekerja secara normal dan akan menyebabkan panas.

Untuk mengatasinya, Anda dapat memantau pekerjaan melalui aplikasi task manager atau menggunakan aplikasi android bawaan seperti Watchdog yang akan membantu Anda melacak gejala ini pada Android. Jadi jika ponsel Anda panas dengan cepat dan Anda tidak tahu penyebabnya, mungkin aplikasi bisa memberikan petunjuk.

6. Jangan Memasukkan Telepon Anda Ke Kulkas

Mungkin bagi anda yang sering memasukkan ponsel ke dalam kulkas akan berpikir ini bukan salah satu penyebab ponsel menjadi cepat panas. Tapi Anda salah, jika ponsel sering dimasukkan ke dalam kulkas maka ponsel Anda akan terbiasa dengan suhu dingin dan jika Anda membawa telepon Anda ke suhu yang lebih hangat dapat menyebabkan ponsel Anda akan menjadi cepat panas. Oleh karena itu, hindari memasukkan HP atau baterai HP anda ke dalam kulkas.

Jika perangkat Anda benar-benar panas, Anda mungkin tergoda untuk memasukkannya ke dalam freezer atau kulkas hanya untuk satu atau dua menit. Anda bahkan mungkin memiliki pengatur waktu sehingga Anda dapat mengeluarkannya tepat waktu, tetapi ini adalah apa yang oleh para ahli disebut sebagai ‘ide yang mengerikan’ karena perangkat Anda berisiko mengumpulkan uap air, atau bahkan mungkin menyaring komponen.

7. Jangan Menutup Rapat-Rapat Telepon

Dalam beberapa kasus ditemukan bahwa penggunaan casing tambahan atau accesoris yang berlebihan menyebabkan panas. Ini mungkin karena casing menjadi kendala untuk ponsel untuk mencari sinyal. Selain casing, bisa juga ketika ditaruh dalam tas, kotak penyimpanan, atau lainnya. Untuk mengatasi hal ini, cukup membuka casing tambahan atau accesoris yang terdapat pada smartphone anda atau meletakkannya di tempat yang terbuka untuk mendapatkan udara segar.

Kegiatan seperti menonton video atau mengaktifkan GPS terus menerus tentu menimbulkan panas pada semua jenis smartphone. Untuk mengatasi ini, Anda perlu menambahkan Holder/Alat untuk pemegang smartphone sehingga tangan tidak memegang ponsel terus menerus.

8. Jangan Lakukan Overclock

Overclocking adalah salah satu cara yang dilakukan agar kecepatan smartphone meningkat dari HP kondisi standar, tetapi akan membuat daya baterai menguras cepat sehingga smartphone Anda akan lebih boros dan cepat panas. Oleh karena itu, hindari overclock, sehingga baterai Smartphone Anda dapat berjalan wajar untuk memberikan daya yang stabil untuk ponsel Anda sehingga tidak mudah panas.

9. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Menghemat Baterai

sebenarnya banyak sekali Aplikasi pihak ketika yang bisa anda gunakan untuk menghemat daya baterai anda, aplikasi tersebut ada yang Gratis anda juga yang berbayar, semua anda bisa dapatkan di Google Play Store maupun bisa seaching di Google untuk mendapatkan Aplikasi yang cocok sesuai dengan selera anda.

mungkin anda bisa membaca artikel ini Aplikasi untuk menghemat baterai di Android

salah satu Aplikasi yang saya pakai adalah

10. Istirahat ponsel Anda

Ini semacam jalan terakhir, tetapi juga yang paling mudah dan banyak dilakukan oleh pengguna ponsel. Uniknya, hal ini efektif untuk mengurangi panas. Caranya adalah, mematikan ponsel, membuka accesoris dan casing belakang ponsel dan baterai. Tunggu sampai benar-benar dingin dan kemudian dipasang kembali dan hidupkan lagi.

11. Jangan Menggunakan Pengisi dan Kabel Pihak Ketiga

Pengisi daya kabel mikro-USB yang dibagikan oleh sebagian besar perangkat Android sebagian besar karena perangkat ini universal, tetapi itu tidak berarti Anda harus menggunakan kabel dan pengisi daya lama untuk ponsel Anda. Jika ponsel Anda kelebihan panas saat mengisi daya, Anda mungkin ingin melihat ini.

Cara Mengatasi HP Android Cepat PanasPengisi daya yang berbeda memiliki watt yang berbeda dan dioptimalkan untuk perangkat yang berbeda. Idealnya Anda harus menggunakan pengisi daya dan kabel resmi dari produsen ponsel Anda, tetapi perangkat keras resmi untuk telepon lain juga akan baik-baik saja. Hindari pengisi daya murah yang harganya di bawah 10rb dan perangkat keras pihak ketiga dari merek tidak dikenal.

12. Sempurnakan Perangkat Android Anda dengan Cooler Master

Cooler Master adalah aplikasi yang membantu Anda mendinginkan perangkat Anda ketika Anda merasa bahwa itu terlalu panas. Saat Anda meluncurkan aplikasi, hal pertama yang akan Anda lihat adalah suhu perangkat Anda.

Cara Mengatasi HP Android Cepat PanasDi bawah suhu aplikasi juga akan memberi tahu Anda tentang persentase ARM dan CPU. Di bagian paling bawah Anda akan melihat tombol yang bertuliskan “Deteksi Aplikasi Panas Berlebihan.” Setelah mengetuk bahwa itu akan memindai perangkat Anda dan memberi tahu Anda apa yang menyebabkan aplikasi ponsel Anda menjadi terlalu panas.

13. Simpan Perangkat Anda di Tempat Sejuk

Di mana Anda meletakkan perangkat Anda juga penting dalam mencoba untuk mendinginkannya. Tidak ada gunanya menggunakan Cooler Master jika Anda akan meletakkannya di dekat jendela Anda di mana ia akan mendapatkan sinar matahari langsung. Untuk mendinginkan perangkat Anda lebih banyak lagi, coba keluarkan dari penutupnya agar panas memiliki peluang untuk keluar. Beberapa casing memiliki kecenderungan untuk menahan panas.

14. Perbarui atau Copot Pemasangan Aplikasi Anda

Cara Mengatasi HP Android Cepat PanasAnda harus selalu memperbarui aplikasi karena aplikasi selalu membawa perbaikan bug, dan dapat memperbaiki masalah yang terlalu panas perangkat Anda. Anda juga harus melihat daftar aplikasi yang panjang dan memutuskan yang mana yang tidak Anda gunakan dalam waktu yang lama. Menyingkirkan aplikasi yang tidak perlu benar-benar dapat membantu mendinginkan perangkat yang panas. Selain itu, jika ada aplikasi yang Anda tidak dapat hidup tanpanya dan itu menyebabkan masalah Anda, pertimbangkan beralih ke alternatif. Dengan puluhan ribu aplikasi di Play store, pasti ada aplikasi yang lebih baik daripada aplikasi saat ini.

15. Letakkan Perangkat Anda di Depan Kipas

Sama seperti kebanyakan dari kita memiliki basis dengan kipas built-in untuk laptop kita agar tetap dingin, perangkat Android juga akan menghargai angin segar. Anda mungkin merasa sedikit bodoh melakukan ini atau bahkan mendapatkan penampilan aneh dari orang-orang yang lewat, tetapi itu akan membantu mendinginkan perangkat Anda. Saya telah melakukan ini, dan itu berhasil untuk saya, tetapi ketika saya melakukan ini saya biasanya mematikan ponsel saya terlebih dahulu untuk hasil yang lebih cepat.

Cara Mencegah Perangkat Android Anda dari Overheating

Sekarang setelah kami tahu cara mendinginkan perangkat kami, bukankah bagus jika kami tidak perlu membuang waktu untuk melakukan hal itu di awal? Itulah mengapa ada hal-hal tertentu yang harus kita hindari jika kita ingin ponsel atau tablet kita tetap bagus dan dingin.

Jika Anda ingin mencegah perangkat Android Anda dari overheating, Anda harus:

  • Ambil dan periksa baterai Anda dari waktu ke waktu dan pastikan baterai tidak bocor atau kembung.
  • Mengubah baterai perangkat Anda setiap satu hingga dua tahun akan meningkatkan kehidupan ponsel Anda dan mengurangi panas berlebih.
  • Lepaskan casing saat mengisi daya.
  • Nonaktifkan fitur yang tidak diinginkan.
  • Turunkan pengaturan kamera Anda jika terlalu tinggi; mereka dapat membantu mencegah ponsel Anda menjadi terlalu panas.
  • Cobalah untuk tidak bermain game terlalu lama.

Kesimpulan

Ketika ponsel saya terlalu panas, saya secara otomatis mematikannya sampai dingin. Setelah itu, saya mengikuti tips yang disebutkan di atas karena tujuan utama saya adalah mendinginkan telepon saya, dan mematikannya selama beberapa menit selalu berhasil. Bagaimana Anda menjaga perangkat Android Anda tetap keren? Beri tahu kami di komentar.

Artikel pertama ditulis pada tanggal 23 Januari 2016 dan di update pada 1 Mei 2018

Comments