Cara Menggunakan Unlock Face pada Setiap Perangkat Android

Sudah banyak rumor tentang Apple yang menambahkan facial recognition dan face unlock ke perangkat iOS menjelang akhir tahun lalu, namun pengguna Android hanya menggaruk kepala. Alasannya karena pengguna android sudah memiliki fitur ini selama beberapa tahun. Ini disebut “Trusted Face”, dan fitur tersebut sudah ditambahkan ke Android 4.1 dan seterusnya, sehingga anda dapat menggunakan unlock face pada setiap perangkat android.

Cara Menggunakan Unlock Face di Perangkat Android

Di sini kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara menggunakan dan memperbaiki fitur ini, dan juga memberikan beberapa saran kepada orang-orang di Android versi lawas tentang pemasangan wajah.

Aktifkan Unlock Face di Perangkat Android

Untuk mengaktifkan “Trusted Face” dan membuka kunci perangkat Anda menggunakan pengenalan wajah, Anda harus membuka setelan Keamanan.

1. Buka “Settings -> Security -> Smart Lock” lalu masukkan PIN Anda saat diminta.

2. Ketuk “Trusted Face” lalu ikuti petunjuk untuk menambahkan wajah Anda sebagai yang tepercaya.

Cara Menggunakan Unlock Face pada Setiap Perangkat Android
Dok. maketecheasier.com

3. Ponsel Anda akan memperingatkan Anda bahwa penguncian wajah ini tidak seaman menggunakan PIN. Alasan untuk ini adalah bahwa, meskipun mungkin merasa bahwa Anda benar-benar unik, mungkin ada orang-orang yang terlihat seperti Anda dan karena itu bisa masuk ke telepon Anda.

4. Jika Anda senang dengan semua pendahuluan, teruskan dan pindai wajah Anda, pastikan Anda menghadap ke kepala kamera dan dalam kondisi terang yang mengungkapkan wajah Anda secara maksimal.

Catatan: Keakuratan pengenalan wajah sampai batas tertentu tergantung pada kualitas kamera Anda. Sebuah kamera yang kabur, misalnya, mungkin sedikit lebih gampang bila menyangkut siapa saja akan benar-benar terlihat seperti Anda. Ada beberapa laporan juga foto dapat digunakan untuk membuka kunci ponsel, tentu agak merusak keamanan fitur ini.

Baca juga: Cara Mengatasi Tombol Kembali Rusak di Android

Tingkatkan Pengenalan Wajah di Android

Anda juga dapat meningkatkan keakuratan pengenalan wajah untuk memastikannya tidak terkunci saat Anda tidak menginginkannya (atau kemungkinan kecil, tetap terkunci saat Anda menginginkannya dibuka).

Cara Menggunakan Unlock Face pada Setiap Perangkat Android
Dok. maketecheasier.com

Di bagian “Trusted Face” pada setelan Keamanan Anda, ketuk “Improve face-matching“, lalu letakkan diri Anda dalam kondisi yang berbeda dengan yang Anda gunakan untuk foto asli. Ide yang bagus misalnya, lakukan pencocokan wajah di Kondisi yang lebih gelap, salah satu dari foto Anda berkacamata jika Anda cenderung memakai kacamata, atau gambar setelah Anda baru saja mengalami perombakan rambut yang berbeda di kepala dan wajah Anda.

Cara Menggunakan Unlock Face pada Setiap Perangkat Android
Dok. maketecheasier.com

Dengan banyaknya gambar yang layak untuk Anda, fitur ini harus melakukan pekerjaan yang baik untuk membuka kunci ponsel Anda dengan wajah Anda.

Baca juga: Cara Menambahkan, Menghapus dan Mengalihkan Akun Google di Android

Face Unlock Apps untuk Android

Jika Anda tidak memiliki fitur trusted face di perangkat Android, Anda dapat menggunakan aplikasi sebagai gantinya. Hal yang baik tentang beberapa dari ini adalah bahwa mereka membiarkan Anda membuat Face Unlock untuk aplikasi tertentu, dan juga ponsel Anda pada umumnya.

Salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan untuk ini adalah IObit Applock, yang mencakup unlocker face. Anda dapat menggunakan ini untuk mengunci layar Anda dan juga aplikasi apa pun yang Anda sukai, sehingga Anda dapat menyimpan email rahasia tersembunyi karena alasan yang milik Anda sendiri.

Kesimpulan

Ada banyak aplikasi di luar sana yang menawarkan fungsionalitas serupa dengan Trusted Face dan IObit, namun untuk sesuatu yang sangat penting, kita tidak akan percaya dan menyarankan Anda untuk menggunakannya. Keamanan sangat penting disini, dan pengenalan wajah bukanlah fitur yang cukup aman (Belum cukup baik saat ini), jadi Anda tidak pernah tahu seberapa ketat teknologi yang diterapkan di beberapa aplikasi ini. Dengan segala cara, bereksperimen dengan aplikasi pengaktifan wajah lainnya, namun ujilah dengan penuh semangat sebelum menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Comments