Menjadi Pembeli Online Cerdas

Butuh barang baru tapi tidak ada waktu belanja, saat ini sudah bukan menjadi masalah lagi. Kecanggihan teknologi dan kemudahan transaksi memudahkan itu semua. Tinggal pilih produk, perhatikan harga, transfer pembayaran lalu tunggu barang diantar. Mudah ya… namun banyak oknum-oknum yang sengaja menggunakan kesempatan ini untuk merugikan orang lain, jangan sampai anda menjadi salah satu korbannya. Untuk menghindari hal tersebut berikut ada beberapa tips yang perlu di perhatikan.

  1. Gunakan Situs Online Yang Aman

Banyak media yang digunakan untuk berjualan online, ada yang jual melalui sosial media seperi facebook, instagram, BBM atau ada juga yang menggunakan web online seperti blibli.com, lazada atau tokopedia. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menentukan toko online tersebut aman adalah dari reputasi toko tersebut. Anda bisa melihatnya dari tanggapan pembeli yang ditinggalkan di kolom komentar atau rating toko. kemudian  alamat yang dicantumkan jelas disertai dengan contact person yang fast respon.

Kegiatan jual beli online  lebih mudah jika menggunakan e-commerce yang sudah terpercaya seperti blibli.com, karena melalui web ini sudah memberikan perlindungan pembayaran dengan adanya rekber (rekening bersama), penjual baru menerima pembayaran anda setelah barang diterima pembeli. Sehingg transaksi lebih aman.

  1. ikuti aturan yang berlaku

jika anda berbelanja menggunakan plaform e-commerce yang bereputasi tinggi, terdapat peraturan yang wajib diikuti. Kadang kala pembeli malas untuk membaca aturan tersebut, padahal hal itu sangat penting untuk menjaga transaksi tetap aman. Salah satu contoh aturannya  seperti transaksi harus dilakukan melalui situs tersebut, melakukan pembayaran melalui rekber dan lain sebagainya. Jika anda tidak tertip mengikuti aturan siap-siap saja dengan resiko yang harus ditanggung.

  1. realistis terhadap harga

Pernah ada suatu cerita, sebut saja A. si A ini mendapati promo dari media sosial dengan Harga  yang sangat miring, sampai 50% lebih murah dari harga pasaran. Tentu saja dia tertarik dan langsung mentransfer sejumlah uang melalui online shop tersebut, ia lupa tidak melakukan riset terlebih dahulu, karena sudah tergiur dengan harga yang di berikan diawal. Namun barang yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang, pada akhirnya uangnya hilang. Sebagai pembeli cerdas anda patut mempertanyakan mengapa harga yang ditawarkan begitu murah, bukankah jika ada obral di toko biasanya karena barang tersebut ada cacat, tidak laku-laku atau sudah ketinggalan jaman, jadi perhatikan baik-baik dengan diskon yang diberikan ya… apabila dirasa terlalu besar dan tidak masuk akal anda patut berhati-hati.

  1. simpan bukti transaksi

pembayaran adalah step terakhir dari prosedur berbelanja online, meskpiun anda menghabiskan berjam-jam memilah dan memilih suatu produk namun tidak melakukan pembayaran, maka ditunggu sampai kapanpun barang tersebut tidak akan datang. setelah melakukan pembayaran, wajib hukumnya menyimpan bukti transaksi sebagai bukti otentik anda telah melakukan pembayaran. Bilamana ada suatu yang tidak diinginkan terjadi dikemudian hari anda bisa menggunakan bukti ini untuk membela diri.

Comments