cara memeriksa DNS Leaks

cara mengetahui DNS Leaks | cara memeriksa kebocoran DNS

Komputer menggunakan sistem DNS menerjemahkan nama domain ke alamat IP. Bila Anda memasukkan nama domain di browser, DNS digunakan untuk mencari alamat IP yang sesuai untuk membuat sambungan.

Server DNS dari Internet Service Provider digunakan sebagian besar waktu dapat diubah ke penyedia DNS pihak ketiga seperti OpenDNS atau Google DNS yang menjanjikan lebih cepat terlihat dan mungkin menawarkan fitur-fitur canggih seperti penyaringan situs berbahaya.

Kebocoran DNS terjadi ketika tampilan yang dibuat menggunakan server DNS dari ISP saat Anda tersambung ke jaringan pribadi virtual atau solusi anonimitas dan privasi lainnya.

Ini mungkin tidak selalu menjadi masalah tetapi jika Anda bekerja atau tinggal di negara yang menyensor internet dan memblokir sumber daya, maka Anda lebih baik memastikan bahwa Anda tidak terpengaruh oleh kebocoran ini karena Anda mungkin berakhir dengan kesalahan koneksi.

Untuk memeriksa apakah Anda terpengaruh, kunjungi situs web DNS Leak Test menjalankan standar dan  extended test saat Anda terhubung ke VPN atau solusi lainnya.

Halaman awal menampilkan alamat IP dan lokasi. Tes memeriksa apakah informasi tentang situs yang dikunjungi dan server yang bocor saat Anda menggunakan layanan VPN.

Jika Anda hanya melihat server DNS dari layanan VPN maka Anda tidak terpengaruh oleh kebocoran tetapi jika Anda melihat server ISP Anda digunakan di sana juga atau secara eksklusif, maka Anda terpengaruh dan informasi tentang semua situs dan server yang Anda kunjungi secara manual atau ISP yang otomatis bocor.

Proxy DNS transparan adalah salah satu alasan mengapa informasi DNS dapat bocor saat Anda menggunakan VPN dan telah dikonfigurasi sistem anda baik menggunakan server DNS VPN atau server pihak ketiga.

Ketika teknologi ini digunakan oleh ISP, permintaan DNS lookup dicegat oleh itu yang memaksa penggunaan server DNS ISP bahkan jika Anda telah mengubah server DNS pada komputer.

Jika Anda menggunakan penyedia DNS pihak ketiga, Anda mungkin ingin menjalankan tes kebocoran pada sistem Anda untuk memastikan bahwa itu memang digunakan.

untuk mengetest anda dapat mencobanya di www.dnsleaktest.com

You might also like More from author