All About Guide in the World

Cara menghubungkan lisensi Windows 10 ke Account Microsoft

121

Cara menghubungkan lisensi Windows 10 ke Account Microsoft | Microsoft memperkenalkan fitur baru di windows 10 Build 14371 yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan lisensi digital dari sistem operasi ke Akun Microsoft.

Meskipun Microsoft sudah memberikan pengumuman bahwa fitur ini tersedia mulai dengan Build 14371, hal terlihat berbeda dengan cara yang diberikan Microsoft.

Bagaimanapun juga, Mengingat bahwa ini adalah preview build, Anda dapat mengharapkan fitur untuk menjadi tersedia di Update Anniversary terbaru.

Microsoft menjelaskan fitur dengan cara berikut :

Berdasarkan feedback Insider, kami juga memperkenalkan kemampuan untuk menghubungkan akun Microsoft Anda (MSA) ke aktivasi lisensi digital dengan Insider Preview build. Jika Anda sudah menggunakan sebuah MSA untuk login untuk mengaktifkan Windows 10 Home atau perangkat Pro, MSA Anda akan secara otomatis terhubung. Anda dapat menggunakan lisensi digital MSA untuk mengaktifkan kembali perangkat Windows 10 Genuine Anda atau menjalankan Activation troubleshooter, jika Anda mengalami masalah aktivasi yang disebabkan oleh perubahan hardware.

Menurut pengumuman, Microsoft Account akan secara otomatis terhubung ke lisensi ketika digunakan untuk masuk.

Activation Troubleshooter adalah fitur lain baru yang diperkenalkan dalam build yang sama. Pada dasarnya, ini memungkinkan Anda untuk menjalankan mengaktifkan sistem kembali dalam keadaan tertentu. Microsoft menyebutkan perubahan hardware tetapi juga ketika diinstal versi Windows yang salah pada perangkat.

Menggunakan Activation Troubleshooter

Cara menghubungkan lisensi Windows 10 ke Account Microsoft

  1. Activation Troubleshooter akan tersedia dalam aplikasi Pengaturan di bawah Update & Security > Activation Di sana Anda perlu memilih troubleshoot option untuk menjalankannya.
  2. Troubleshooter mencoba untuk mengaktifkan Windows dan jika itu bekerja, Anda selesai dan sistem operasi akan diaktifkan.
  3. Jika itu gagal, maka akan menampilkan pesan “We weren’t able to activate Windows on this device“. Sebuah link ke “I changed hardware on this device recently” akan muncul di layar. Klik di atasnya untuk memulai proses aktivasi baru.
  4. Anda harus memasukkan username dan password akun Microsoft, dan masuk ke akun tersebut. Anda juga mungkin harus memasukkan password account lokal jika Anda belum menautkan Akun Microsoft untuk sistem.
  5. Dari daftar perangkat yang muncul, pilih perangkat yang Anda gunakan saat ini. Periksa “This is the device I’m using right now” dan klik pada tombol activate.

baca juga : Cari tahu mengapa program tidak akan berjalan pada Windows

Pertanyaan mengenai aktivasi

Proses ini tampaknya cukup sederhana, masuk dengan Akun Microsoft untuk mendapatkan lisensi digital terkait dengan akun sehingga Anda dapat menjalankan Activation Troubleshooter pada suatu waktu untuk memperbaiki masalah aktivasi tanpa harus menghubungi Microsoft.

Microsoft memiliki kebiasaan memberikan hanya beberapa informasi, dan ini adalah salah satu situasi di mana pengumuman menimbulkan lebih banyak pertanyaan dari pada jawaban.

Pertama-tama, adalah izin yang terkait dengan setiap Akun Microsoft yang sign in pada perangkat ? Atau lisensi hanya terkait dengan Akun pertama Microsoft ? Jika dikaitkan dengan setiap Akun Microsoft, Apakah Anda mendapatkan beberapa lisensi untuk ditugaskan dalam satu akun ? Dapatkah Anda mengumpulkannya dengan cara masuk pada perangkat dengan Akun Microsoft ?

Kedua, apakah menghubungkan ke Microsoft Account dapat menghapus link lisensi untuk PC tunggal ? Bisakah anda menginstal Windows 10 pada perangkat lain setelah menghubungkan salinan upgrade dari sistem operasi ke Akun Microsoft, masuk dengan akun pada perangkat baru, dan mendapatkannya diaktifkan menggunakan Activation Troubleshooter ?

Atau menghubungkan ke Akun Microsoft yang digunakan semata-mata untuk mengaktifkan lisensi pada perangkat yang sama ? Namun ini akan membutuhkan informasi untuk menghubungkan perangkat ke Akun Microsoft.

Ketiga, Microsoft menyebutkan pada Feedback Hub bahwa ada batas reaktivasi, tapi gagal untuk menyebutkan itu. Dalam kasus terbaik, ini akan berarti bahwa Anda tidak dapat menggunakan Activation Troubleshooter untuk mengaktifkan salinan Windows 10 pada perangkat, dan bahwa Anda akan perlu menghubungi Microsoft untuk itu.

Keempat, apakah menghubungkan lisensi untuk Akun Microsoft mempengaruhi penjualan perangkat atau menyerahkannya kepada orang lain ? Bisakah anda menghapus link antara lisensi dan Akun Microsoft ? Bisakah anda mengaktifkan perangkat baru dengan lisensi setelah menjual PC yang sudah diaktifkan ?

referensi dan images :

  • ghacks.net
Comments