Cara Periksa Malware pada Package Files Sebelum Menginstal di Mac

Cara Periksa Malware pada Package Files Sebelum Menginstal di Mac | pengguna Mac telah menikmati pengalaman cukup panjang yang bebas virus, tetapi tidak akan selalu tidak ada virus. Sementara Apple telah memperketat di App Store, beberapa malware pada kasus langka masih terdapat di sana. Demikian juga, MacOS Gatekeeper tidak berguna ketika Anda melakukan instalasi diluar Appstore, itu berguna bagi Anda hanya untuk menginstal aplikasi dari App store. Jadi, jika Anda mendownload aplikasi yang tidak berasal dari App Store, bagaimana Anda dapat memeriksa apakah itu aman untuk diinstal ?

Tentang Suspicious Package

Cara Periksa Malware pada Package Files Sebelum Menginstal di Mac
Suspicious Package adalah program utilitas khusus yang dirancang untuk memeriksa Package file perangkat lunak MacOS yang menginstal program aplikasi. Package biasanya berisi beberapa komponen, termasuk aplikasi itu sendiri, script yang mengotomatisasi proses instalasi, dan file lainnya yang diperlukan program. Meskipun sistem Package MacOS adalah cara yang efisien untuk pengembang untuk mengatur semua bagian yang masuk ke sebuah aplikasi, itu juga mungkin bagi hacker untuk menumbangkan dengan memasukkan program jahat mereka sendiri. Suspicious Package memungkinkan Anda untuk memeriksa isi dari paket MacOS, yang berpotensi terinfeksi malware.

Download dan Instalasi

Cara Periksa Malware pada Package Files Sebelum Menginstal di Mac
Aplikasi Suspicious Package tersedia untuk didownload langsung dari mothersruin.com. Untuk menginstalnya, Anda mungkin harus sementara mematikan MacOS Gatekeeper yang biasanya mencegah Anda dari menginstal program non App Store. Dalam “System Preferences” pergi ke “Security & Privacy -> General -> Allow apps downloaded from:“.

Quick Look

Cara Periksa Malware pada Package Files Sebelum Menginstal di Mac
fitur “Quick Look” menampilkan ringkasan paket dari Finder tanpa harus meluncurkan aplikasi Suspicious Package. Ini berguna untuk menghemat waktu jika Anda memiliki beberapa paket untuk diperiksa. Untuk menggunakan Quick Look, sorot paket yang Anda ingin mengevaluasi dari Finder, kemudian menemukan item Quick Look di menu File Finder, atau tekan “command+ Y.”

Periksa Package

Untuk memeriksa Package yang telah Anda download, meluncurkan Suspicious Package. Dari menu “File“, pilih “Open“, lalu browse Download atau folder lain untuk file paket untuk diperiksa. Suspicious Package menganalisa file, kemudian menampilkan satu set tab:. “Package Info,” “All Files”, dan “All Script” Jika aplikasi mendeteksi masalah dengan paket, ikon Ulasan menunjukkan peringatan.

Info Package

Cara Periksa Malware pada Package Files Sebelum Menginstal di Mac
tab Package Info memberikan gambaran tentang apa yang ada di paket. Ini menunjukkan berapa banyak barang yang diinstal, berapa banyak skrip yang digunakan, dan apakah itu ditandatangani atau tidak. Ini daftar ketika paket telah didownload dan nama browser. Akhirnya, jika paket tersebut memiliki masalah, Package Info menunjukkan jumlah peringatan yang diberikan.

Semua data

Cara Periksa Malware pada Package Files Sebelum Menginstal di Mac
Menyerupai jendela Finder, All Files menunjukkan semua file yang tersimpan dalam paket, termasuk aplikasi itu sendiri, mendukung file, dan organisasi folder. Klik pada folder untuk melihat isinya.

Semua Script

Cara Periksa Malware pada Package Files Sebelum Menginstal di Mac
Tab all Script berisi semua skrip shell MacOS yang digunakan untuk menginstal paket. Setiap script adalah mini-program yang berisi perintah teks yang digunakan untuk menyalin, membuat, dan menghapus file. Klik pada nama script untuk melihat petunjuk. Menu File termasuk pilihan untuk mengedit naskah, jika Anda ingin.

Paket unsigned

Bila menggunakan Suspicious Package, Anda mungkin melihat peringatan yang mengatakan paket tersebut tidak ditandatangani. Package signing adalah fitur Apple yang dikembangkan sehingga para pengembang software dapat “stamp” program mereka dengan tanda tangan digital resmi mengikat aplikasi untuk orang-orang yang menulisnya. tanda tangan memberikan keyakinan bahwa perangkat lunak asli dan tidak mudah knock-off. Bahkan, Apple mengharuskan tanda tangan untuk semua software di App Store. Beberapa pengembang, tidak menghabiskan upaya ekstra yang diperlukan untuk menandatangani perangkat lunak mereka. Banyak paket unsigned, termasuk open-source dan program freeware, sebenarnya baik-baik saja untuk digunakan. Di sisi lain, jika Anda membeli software Mac dari vendor besar, tidak adanya tanda tangan adalah masalah besar.

Kesimpulan

Sebagian besar program Mac bebas dari malware. Namun, program yang didownload dari situs pihak ketiga membawa risiko kecil spyware dan yang tidak diinginkan lainnya. Meskipun terutama ditujukan untuk pengguna teknis, Suspicious Package memungkinkan siapa saja mengevaluasi perangkat lunak MacOS untuk malware dan masalah lainnya. Aplikasi ini jelas mengungkapkan isi paket perangkat lunak sebelum Anda menginstalnya. Khusus untuk Mac orang yang tidak menggunakan App Store sebagai satu-satunya sumber untuk perangkat lunak, Suspicious Package membuat tambahan yang layak untuk toolbox Mac Anda.

You might also like More from author