Cara Tepat Olahraga Saat Sedang Puasa

Berolahraga perlu dilakukan agar tubuh kita mendapatkan asupan oksigen dengan baik, jika asupan oksigen dalam tubuh lancar maka anda akan merasa segar meskipun aktivitas anda cukup banyak.

Tapi saat sedang menjalankan ibadah puasa beberapa orang berfikir bahwa itu sulit dilakukan dikarenakan tubuh kita akan merasa lapar dan juga lelah setelah melakukan olahraga, sebenarnya olahraga tetap bisa dilakukan meskipun anda sedang berpuasa asalkan anda melakukannya dengan takaran yang benar, takaran yang benar dalam artian jangan terlalu berlebihan.

Saat berpuasa, beberapa orang mungkin memilih untuk tidak berolahraga dengan alasan agar tubuh tidak lelah berpuasa dengan lancar. Padahal, menjaga kebugaran dengan berolahraga di bulan puasa sebenarnya sangat dianjurkan. Dikutip dari laman hellosehat.com, anda dapat melakukan olahraga saat berpuasa dengan catatan tidak dilakukan secara berlebihan.

Bagaimana berolahraga dengan baik dan tepat di bulan puasa ? Inilah tipsnya.

Image: walesonline.co.uk

  1. Waktu latihan secukupnya, yaitu sekitar 30-60 menit.
  2. Lakukan latihan kardiovaskular ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda, untuk membantu membakar kalori dan meningkatkan stamina tubuh. Lakukan juga peregangan tubuh penuh untuk meningkatkan fleksibilitas dan detoksifikasi.
  3. Minum banyak air antara waktu buka puasa dan sahur. Minum air putih dengan garam laut atau air kelapa untuk meningkatkan elektrolit dalam tubuh, yang penting untuk fungsi jantung, saraf dan otot.
  4. Jangan melakukan latihan dengan intensitas tinggi, seperti berlari kencang, mengangkat kaki, atau mengangkat beban berat karena bisa menyebabkan cedera sendi atau otot dan bisa menyebabkan komplikasi seperti tekanan darah rendah, hipoglikemia, dan pusing.
  5. Berhenti berolahraga jika merasa lemah, pusing atau sakit.

Itulah beberapa tips olahraga atau olahraga ringan di bulan puasa. Latihan ringan yang bisa Anda lakukan sebelum berbuka puasa sambil ngabuburit. Jika Anda ingin berolahraga atau olahraga berat, seperti futsal atau basket, bisa dilakukan setelah tarawih.

Baca juga :  Resep Masakan Tradisional Khas Padang

Tapi untuk beberapa anak laki-laki, bermain futsal sebelum berbuka puasa cukup membuat badan menjadi lebih segar. anda bisa bermain badminton atau bermain futsal bersama teman-teman sekitar pukul 16.00 atau sekitar jam 4 sore dan ingin bermain secara ringan saja jangan terlalu berlebihan.

Fitroh Satrio

Penyuka nasi goreng, Saat ini senang bermain Dota2. Sangat senang dengan hal yang berkaitan dengan #SEO #DigitalMarketing #Linux

Pin It on Pinterest