Memonitor penciptaan dan berakhirnya Proses pada Windows

Memonitor Penciptaan Proses dan Terminasi pada Windows | Memonitor penciptaan dan berakhirnya Proses pada Windows | Bagi anda yang ingin memantau terjadinya Proses ataupun bagaimana berakhirnya sebuah Proses pada sistem Operasi Windows, mungkin anda bisa menggunakan cara yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Process Logger Service adalah program gratis untuk Windows yang akan menginstal sendiri sebagai layanan untuk memantau proses penciptaan pada komputer jika sudah diinstal.

Proses diluncurkan ketika Anda memulai program pada perangkat yang menjalankan Windows, tetapi juga secara otomatis oleh perangkat lunak, layanan atau sistem operasi.

Meskipun Anda mungkin dapat mengidentifikasi beberapa proses yang berjalan dengan mudah, program yang mulai misalnya, Anda mungkin kehilangan sebagian besar penciptaan dan berakhirnya proses seperti yang terjadi di latar belakang.

Program seperti Windows Task Manager atau lebih cocok Process Explorer membantu Anda mendapatkan lebih baik untuk melihat apa yang terjadi pada sistem, tetapi mereka biasanya menyediakan snapshot saja dalam hal itu.

Sangat mudah untuk melewatkan proses yang dimulai dan berakhir secara otomatis.

Memonitor penciptaan dan berakhirnya Proses pada Windows

Memonitor penciptaan dan berakhirnya Proses pada Windows

Process Logger Service telah dirancang untuk memberikan Anda sebuah log aktivitas proses. Hal ini agak sulit untuk menginstal karena beroperasi sebagai Windows Service, tetapi Anda dapat melewati pekerjaan tersebut secara otomatis.

Instalasi

Memonitor penciptaan dan berakhirnya Proses pada Windows

Download program Archive dari situs pengembang dan ekstrak setelah itu. Salin direktori ProcessLoggerSvc ke Root drive c: setelah itu.

Buka direktori layanan dan buka config.ini di editor teks biasa. Anda dapat mengubah konfigurasi default dari layanan untuk menggunakannya.

Pilihan termasuk menonaktifkan logging penciptaan proses atau terminasi, menonaktifkan computing hash MD5, atau mengubah lokasi direktori log.

Setelah selesai, klik kanan pada install.bat di root dan pilih run as administrator dari menu. Konfirmasi prompt UAC, dan menutup jendela command prompt setelah eksekusi selesai.

Jika service sudah dipasang pada titik ini maka semua hal berjalan dengan baik. Anda dapat menggunakan metode yang sama untuk menghapus layanan lagi, dan satu-satunya perbedaan adalah bahwa Anda perlu untuk menjalankan  berkas uninstall.bat dengan hak administrator.

Proses log

Log ditulis ke log subdirektori di mana mereka diurutkan menurut nama PC, dan kemudian oleh tanggal.

Setiap entri dimulai dengan jenis kegiatan, misalnya proses penciptaan atau penghentian, diikuti oleh tanggal dan waktu.

Informasi berikut ini dibuat tersedia untuk setiap entri:

  1. Process ID, full path dan executable filename.
  2. Command line.
  3. Process parent dengan ID, path dan filename.
  4. Parent command line.
  5. Username dan Domain.
  6. MD5 Hash.
  7. Publisher dan Signer.
  8. Description.
  9. Version.
  10. Integrity Level.
  11. System, Protected atau Metro Process.

Karena log disediakan dalam bentuk teks, opsi seperti mencari atau menyalin tersedia. Melompat ke entri berikutnya dalam log aktivitas tidak senyaman di aplikasi gui, tetapi dapat dikelola bahkan untuk log besar.

Baca juga : Internet Browser Mana yang tercepat ?

Download :  Download Process Logger Service

Kesimpulan

Process Logger Service ini kompatibel dengan semua versi 32-bit dan 64-bit Windows dari Windows XP sampai Windows 10.

Pada beberapa setup, mungkin masuk akal untuk menjalankan layanan sepanjang waktu karena menyediakan Anda informasi tentang proses yang harus dimulai dan diakhiri di seluruh hari kerja atau periode.

Pada beberapa waktu, Anda mungkin ingin menjalankannya hanya ketika Anda memerlukan informasi, misalnya ketika Anda menduga bahwa proses berjalan pada waktu yang seharusnya tidak dijalankan.

referensi dan images :

  • ghacks.net

You might also like More from author