All About Guide in the World

Panduan Lengkap untuk Menjalankan Android di VirtualBox

32

Panduan Lengkap untuk Menjalankan Android di VirtualBox | Ada banyak alasan mengapa Anda ingin mengambil versi Android terbaru untuk berjalandi komputer desktop Anda daripada di smartphone atau tablet Anda.

Sebagai permulaan, mungkin versi Android belum sampai di perangkat Anda, dan Anda ingin mencobanya untuk melihat apakah Anda benar-benar menginginkannya. Atau mungkin Anda ingin menguji bagaimana aplikasi dan fitur tertentu bekerja di sistem operasi dari Android versi terbaru.

Kami akan menunjukkan kepada Anda di sini bagaimana menjalankan Android menggunakan VirtualBox, memberi Anda akses berbasis PC yang lengkap ke OS seluler untuk kenyamanan dan kontrol di desktop Anda.

Panduan Lengkap untuk Menjalankan Android di VirtualBox

Membuat Virtual Machine untuk Android

Pertama, Anda harus menginstal VirtualBox (https://www.virtualbox.org) dan file ISO Android-x86 terbaru dari database ini (http://www.android-x86.org).

Setelah Anda menginstalnya, buka VirtualBox dan klik “New” untuk mulai membuat virtual machine baru. Sebutkan apa pun nama yang Anda suka, maka sangat penting bagi Anda untuk memilih “Linux” dan “Other Linux (32-bit)” untuk Tipe dan Versi OS.

Panduan Lengkap untuk Menjalankan Android di VirtualBox
Alokasikan jumlah RAM yang sesuai ke OS Android Anda. Bergantung pada berapa banyak RAM yang Anda miliki di PC Anda, Anda harus mengalokasikan minimal 1GB, dengan 4GB cukup menjamin bahwa OS akan berjalan super cepat.

Pada halaman berikutnya pilih untuk membuat hard disk virtual, lalu pada halaman berikut biarkan dalam format VDI default. Setelah itu memutuskan apakah Anda ingin hard disk virtual memiliki ukuran tetap, atau apakah Anda ingin membiarkannya menyesuaikan ukurannya secara dinamis dengan ukuran mesin virtual Anda.

Panduan Lengkap untuk Menjalankan Android di VirtualBox
Pada halaman “Create Virtual Hard Disk” gunakan slider untuk menentukan jumlah maksimum ruang yang Anda inginkan untuk disk virtual Anda, lalu klik “Create.”

Tambahkan Android ke Virtual Machine Anda

Dengan virtual machine Anda tercipta, saatnya memasang Android di dalamnya. Dari layar manuver VirtualBox, klik “Settings -> Storage”, lalu ikon CD kecilnya dengan ikon “+” di atasnya, dan klik “Choose disk.” Di jendela baru pilih ISO untuk gambar Android yang baru saja Anda download, Buka, lalu pilih dari daftar “Storage Tree” dan klik OK.

Klik Start di menu utama VirtualBox, dan Anda harus mendapatkan opsi untuk menjalankan Android-x86 tanpa instalasi, atau menginstalnya, di samping beberapa opsi lainnya. Pilih opsi ‘Install’, lalu katakan ‘No’ saat menanyakan apakah Anda ingin partisi GPT.

Pada layar seperti CMD yang muncul selanjutnya, pilih disk virtual yang baru saja Anda buat (Anda harus bisa mengenalinya berdasarkan ukurannya), lalu di layar setelah klik “New -> Primary -> Bootable – > Write. ”

Panduan Lengkap untuk Menjalankan Android di VirtualBox
Ketik “yes” saat diminta, dan VirtualBox akan membuat partisi untuk Anda. Sekarang Anda dapat memilih “quit”, pada saat mana Anda akan dibawa ke layar yang meminta Anda memilih partisi mana yang akan dipasang Android.

Panduan Lengkap untuk Menjalankan Android di VirtualBox
Pilih partisi yang baru saja Anda buat, lalu pilih “ext4” untuk filesystem.

Panduan Lengkap untuk Menjalankan Android di VirtualBox
Pilih “Yes” sampai format dimulai, lalu pilih “Yes” bila ditanya apakah ingin menginstal GRUB boot loader, dan “yes” untuk menginstal / direktori sistem sebagai read-write. Android sekarang akan diinstal ke partisi yang Anda buat.

Setelah terinstal, Anda akan mendapatkan opsi untuk menjalankan Android melalui mesin virtual Anda langsung. Lain kali Anda ingin membuka Android di mesin virtual baru Anda, buka saja VirtualBox, pilih, dan klik “Start”.

Panduan Lengkap untuk Menjalankan Android di VirtualBoxKesimpulan

VirtualBox telah lama membuktikan dirinya sebagai salah satu cara yang paling andal untuk menjalankan sistem operasi yang berbeda di OS yang mudah digunakan di Windows (dan OS lainnya, dalam hal ini). Meskipun tidak dioptimalkan untuk game atau kegiatan berat lainnya (BlueStacks adalah pilihan yang lebih baik untuk itu.), Ini tentu cara yang bagus untuk menguji sistem operasi dan bahkan menggunakannya dengan sebagian besar kemampuan jaringan mereka secara utuh.

Comments