All About Guide in the World

Perbedaan Antara 32bit dan 64bit Pada Smartphone

162

Perbedaan Antara 32bit dan 64bit Pada Smartphone | Ketika melihat spesifikasi ponsel ini, Anda mungkin nyaman di rumah dengan jumlah RAM dan ruang penyimpanan di perangkat. Satu hal yang mungkin terlihat ketika telepon anda baik adalah “32-bit” atau “64-bit” yang tidak cukup jelas apa artinya itu. Jadi, apa artinya ? Mari kita lihat perbedaan antara 32-bit dan 64-bit untuk ponsel Android, apa artinya bagi Anda sebagai pengguna, dan mana salah satu pilihan yang lebih baik.

Apa yang dimaksud 32 dan 64bit ?

Perbedaan Antara 32bit dan 64bit Pada Smartphone
Mengingat angka yang lebih besar pada perangkat keras komputer biasanya berarti hal yang lebih baik, anda mungkin memberi kesimpulan untuk mencari yang telepon 64 bit karena lebih baik atas telepon 32-bit. Tapi apa arti dari 32 dan 64 bit secara tepatnya ?

Spesifikasi ini berkaitan dengan jenis prosesor dalam perangkat tersebut. Ketika prosesor diberi label sebagai 32 atau 64-bit, itu mengacu pada jumlah nilai yang dapat disimpan pada register tertentu prosesor. Prosesor menggunakan daftar mereka untuk menyimpan data dan melakukan pekerjaan mereka, sehingga lebih banyak ruang berarti lebih banyak nilai-nilai dapat disimpan. Sebuah prosesor 32-bit memiliki ruang untuk 2 ^ 32 nilai (sekitar 4 miliar, dibulatkan ke bawah), sedangkan prosesor 64-bit dapat menyimpan 2 ^ 64 dari mereka (18 triliun, dibulatkan ke bawah). Ini berarti bahwa 64-bit prosesor memiliki empat miliar kali lebih banyak yang mereka miliki dari prosesor 32-bit, apakah ini cukup jelas ?

Apa perbedaannya ?

Perbedaan Antara 32bit dan 64bit Pada Smartphone
Jadi sekarang kita telah belajar bahwa prosesor 64-bit memiliki ruang pengolahan lebih banyak dari pada prosesor 32-bit, yang pasti terdengar mengesankan jika dilihat. Apa artinya bila kita membandingkan 32-bit dan 64-bit untuk ponsel Android ? Apa yang bisa kita lihat di ponsel 64-bit dan yang tidak akan kita temukan di 32-bit?

Processor

Dengan ruang tambahan yang prosesor 64-bit miliki, mereka bisa melewati lebih banyak data per detik dari prosesor 32-bit. Bisa ditarik kesimpulan, mereka memiliki lebih banyak ruang untuk menyimpan lebih banyak data, yang berarti mereka dapat bekerja pada volume data yang lebih besar tanpa harus kembali ke memori sesering prosesor 32-bit lakukan. Akibatnya, prosesor 64-bit dapat menerima dan memproses data yang lebih cepat dari pada rekan-rekan 32-bit.

RAM

Salah satu manfaat yang menarik dari 32-bit vs 64-bit untuk ponsel Android adalah bahwa prosesor 64-bit meningkatkan jumlah RAM yang dapat digunakan dalam perangkat. Ukuran 32-bit berarti bahwa perangkat lunak dibatasi untuk menggunakan memori 4GB maximal. Ini berarti bahwa jika kita memasang lebih dari 4GB RAM di ponsel dengan prosesor 32-bit, RAM tambahan tidak dapat digunakan oleh perangkat lunak dan “hanya terbuang sia-sia” hasilnya.

Ada cara kita dapat menghindari batas ini. Namun, dengan hanya memasang prosesor 64-bit, ukuran register memungkinkan kita untuk menggunakan hingga 16 exabyte (17 miliar GB) RAM di perangkat. Tentu saja, itu akan perlu waktu yang lama (jika mungkin ada) Sebelum kita menggunakan banyak RAM, yang berarti kita dapat memiliki lebih dari 4GB RAM di ponsel kita. Lebih RAM berarti lebih banyak ruang untuk menempatkan aplikasi di memori yang berarti multitasking antara aplikasi akan semakin halus.

Apps

Satu hal yang tidak akan pernah kita temui ketika pindah ke 64-bit adalah aplikasi dan sistem operasi yang terpasang di telepon. Masalahnya di sini adalah bahwa pengembang mungkin tidak memasang kode ini untuk sistem 32-bit, sehingga mereka tidak mengambil keuntungan dari hardware pada telepon 64-bit yang tersedia. Oleh karena itu, jika pengembang bertujuan untuk telepon 32-bit, mengapa mereka repot-repot mencoba untuk menggunakan hardware yang tidak ada ? Namun, jika sistem operasi atau aplikasi yang dikodekan untuk 64-bit akan ada perbedaan mencolok dalam kecepatan dibandingkan dengan varian 32-bit.

Apakah Device saya 64-bit ?

Jika Anda ingin memeriksa apakah perangkat Anda sendiri adalah 32 atau 64-bit, Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan AnTuTu benchmark. Setelah Anda download dan diinstal, tekan tombol Info di kanan bawah dan periksa di bawah kategori CPU untuk kolom Jenis. Ini akan memberitahu Anda apa jenis prosesor ponsel Anda.

Perbedaan Antara 32bit dan 64bit Pada Smartphone

AnTuTu Benchmark
AnTuTu Benchmark
Developer: AnTuTu
Price: Free

Kesimpulan

Tidak seperti sesuatu seperti ruang penyimpanan, topik 32-bit vs 64-bit untuk ponsel Android adalah tidak benar-benar jelas. Mudah-mudahan Anda sekarang akan tahu apa spesifikasi smartphone anda, apa artinya untuk smartphone, dan bahkan jika ponsel Anda sendiri adalah 64-bit atau tidak.

Apakah Anda akan beralih ke ponsel 64-bit ? Jika demikian, apakah Anda melihat perbedaan dalam kinerja, atau apakah anda menemukan hal yang belum pernah dialami di 32bit sebelumnya ?

Comments