Menggunakan DNS Server Untuk Mempercepat Kecepatan Internet

Menggunakan DNS Server Untuk Mempercepat Kecepatan Internet | Internet telah menjadi bagian dari kehidupan kita. Internet memainkan peran paling penting dalam perkembangan sosial dan kemajuan teknologi. Tapi, masalah utama dimulai ketika kecepatan internet menjadi sangat lambat dan lamban.

Nah, ada banyak cara untuk mendapatkan internet lebih cepat di PC. Saya akan memberi tahu Anda peretasan DNS sederhana yang dapat meningkatkan kecepatan internet Anda. Sebagian besar dari kita selalu menyalahkan penyedia layanan Internet (ISP) kita untuk koneksi internet yang lambat. Jadi, biar saya jelaskan dulu tentang DNS sebelum metode untuk mendapatkan kecepatan internet lebih cepat.

Cara Menggunakan DNS Server Untuk Memperoleh Kecepatan Internet Lebih Cepat

Apa itu DNS?

DNS – Domain Name Server seperti buku telepon untuk internet. Jika Anda tahu nama seseorang tetapi Anda tidak tahu tentang nomor teleponnya. Anda harus melihat nomor teleponnya di buku telepon. DNS menyediakan layanan yang sama ke internet.

Ketika Anda memasukkan https://www.forguides.com atau (http://abc.xyz) di bilah alamat browser Anda, maka PC atau Komputer Anda menggunakan DNS untuk mengambil alamat IP situs web (seperti 172.16.28.20). Anda juga dapat menjelajahi situs web tanpa DNS, mengunjungi situs web dengan alamat IP secara langsung, seperti – http://172.16.28.10.

Apa itu OpenDNS?

OpenDNS adalah layanan Sistem Nama Domain yang menawarkan DNS gratis dan premium untuk individu atau organisasi apa pun untuk meningkatkan keamanan Anda juga. OpenDNS menawarkan pemuatan halaman yang lebih baik dan juga menghindari halaman web  yang berbahaya. OpenDNS juga menawarkan fitur luar biasa yang mencakup pemblokiran domain, koreksi kesalahan, DNS aman, menyediakan perlindungan botnet dan banyak lagi.

Bagaimana Meningkatkan Kecepatan Internet Menggunakan DNS?

Untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih cepat dan keamanan yang lebih baik, Anda harus menggunakan layanan “OpenDNS” gratis. Atau, Anda dapat menggunakan juga layanan Google DNS untuk meningkatkan kecepatan internet Anda. Sedangkan OpenDNS paling direkomendasikan dan benar-benar gratis. Cukup ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini. Jadi Anda dapat menggunakan OpenDNS sebagai server DNS alternatif alih-alih DNS default Anda.

OpenDNS

Langkah 1: Untuk mendapatkan internet berkecepatan tinggi menggunakan OpenDNS, Anda harus membuka Control Panel.

Langkah 2: Buka Control Panel >> “Network and Internet options.”

Menggunakan  DNS Server Untuk Mempercepat Kecepatan Internet
Images: techxerl.net

Langkah 3: Sekarang, klik pada “Network and Sharing Center.”

Menggunakan  DNS Server Untuk Mempercepat Kecepatan Internet
Images: techxerl.net

Langkah 4: Sekarang, cukup klik “Internet connection” dan kemudian klik “properties.”

Menggunakan  DNS Server Untuk Mempercepat Kecepatan Internet
Images: techxerl.net

Langkah 5: Klik pada Internet Protocol version 4 (TCP/Ipv4) dan klik pada properties.

Menggunakan  DNS Server Untuk Mempercepat Kecepatan Internet
Images: techxerl.net

Langkah 6: Sekarang pilih alamat server DNS berikut untuk mendapatkan kecepatan internet lebih cepat.

Preferred DNS server: 208.67.222.222
Alternate DNS server: 208.67.220.220
Menggunakan  DNS Server Untuk Mempercepat Kecepatan Internet
Images: techxerl.net

Langkah 7: Sekarang, Anda menggunakan server OpenDNS yang membantu mendapatkan kecepatan internet yang lebih baik.

Untuk Mengkonfigurasi IPv6:

Seperti yang Anda konfigurasikan IPv4 di atas, cukup sorot “Internet Protocol Version 6 (TCP / Ipv6)” dan klik pada properties dan pilih alamat server DNS yang disukai.

Preferred DNS server: 2620:0:ccc::2
Alternate DNS server: 2620:0:ccd ::2
Menggunakan  DNS Server Untuk Mempercepat Kecepatan Internet
Images: techxerl.net

Baca juga: Internet Browser Mana yang tercepat ?

DNS Google

Jika Anda tidak puas dengan OpenDNS, Anda dapat menggunakan Google DNS untuk mendapatkan kecepatan lebih cepat.

Untuk IPv4: 8.8.8.8 dan 8.8.4.4
Untuk IPv6: 2001:4860:4860::8888 dan / atau 2001:4860:4860::8844

Akhir kata

Ada begitu banyak keuntungan menggunakan OpenDNS dan Google DNS lainnya yang mendapatkan kecepatan internet lebih cepat. Jika server DNS penyedia layanan internet (ISP) Anda turun, maka Anda tidak akan dapat menggunakan internet. Tetapi, jika Anda menggunakan metode Google DNS atau OpenDNS, maka Anda dapat menjelajahi internet dengan damai ketika DNS default Anda down.

Baik Google DNS dan OpenDNS bekerja dengan baik tetapi, orang lebih memilih Google DNS daripada OpenDNS. Anda dapat memilih siapa pun untuk mempercepat kecepatan internet. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah sederhana yang dijelaskan di atas.

Comments