Pengaruh Divisi HRD untuk Menciptakan Efektivitas Perusahaan

Di era digital saat ini, tugas dari Human Resources Development ( HRD ) atau divisi pengelola SDM ( Sumber Daya Manusia ) mendapat suatu tantangan tersendiri karena harus menghadapi karakter karyawan millenial. Survei yang dilakukan oleh JobStreet seperti yang dilansir CNN membuktikan, ketika terdapat sebuah lowongan kerja, generasi karyawan saat ini lebih memperhatikan keuntungan yang diperoleh di suatu perusahaan seperti faktor kenyamanan dalam bekerja dan kesediaan fasilitas yang ada di dalamnya.

Pengaruh Divisi HRD untuk Menciptakan Efektivitas PerusahaanLantas, bagaimana pengaruh dengan adanya HRD dalam suatu perusahaan yang bertanggung jawab untuk menciptakan efektivitas dan kesejahteraan dalam bekerja? Mari kita simak apa saja efektivitas yang mampu dicapai dengan adanya tim HRD dalam sebuah perusahaan.

Rekrutmen karyawan baru lebih cepat

HRD salah satu tugasnya bertanggung jawab untuk mencari calon karyawan baru dalam perusahaan. HRD dapat menggunakan internet untuk mengakses beberapa sumber contohnya sosial media, situs berita online atau jurnal online, website atau blog, situs akademi dan lainnya untuk melihat aktivitas dan identitas calon karyawan baru di dunia maya dan melihat kebenaran dan keakuratan data yang diberikan oleh calon karyawan baru. Hal tersebut memudahkan perusahaan memilih calon karyawan terbaik yang siap bekerja dalam perusahaan tersebut dengan cepat.

Baca Juga : Cara Menciptakan Sistem Payroll Ideal Untuk Perusahaan

Fleksibilitas Absensi

Di era saat ini, terkadang dalam suatu perusahaan terdapat ketidakakuratan data absensi karyawan karena adanya kecurangan absensi yang dilakukan sehingga berdampak pada analisis perhitungan gaji, performa dan produktivitas dalam bekerja. HRD di sini untuk membantu perusahaan dalam mengatur dan membayar gaji karyawan sesuai dengan absensi dan performa karyawan. Adanya fleksibilitas absensi dapat digunakan agar karyawan lebih disiplin dalam bekerja dan tidak melakukan kecurangan absensi sehingga perusahaan tidak mendapat kerugian dalam membayar karyawannya.

Mengatur pekerjaan lebih mudah

Permintaan pekerjaan dari staff atau client sering terjadi kapan saja dan di mana saja. Terkadang permintaan tersebut bersifat mendadak dan harus cepat diselesaikan atau urgent (darurat). Oleh karena itu, manfaat adanya HRD di sini adalah HRD dapat mengelola permintaan tersebut dan mengaturnya untuk dikerjakan oleh karyawan, pimpinan dan HRD sendiri. Dengan pembagian pekerjaan secara merata tentunya permintaan pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan cepat dan benar dan memperoleh tanggapan positif dari client sehingga hubungan antara perusahaan dan client tetap berjalan dengan baik dan lancar. Jika dalam perusahaan pengelolaan pekerjaan berjalan dengan baik dan cepat tentunya akan menarik minat client lain untuk bekerja sama dengan perusahaan tersebut.

Pekerjaan yang dikelola dengan tepat dan cepat tentunya akan menghasilkan hasil pekerjaan yang akurat dan efisien. Untuk itu, peran HRD yang memudahkan pekerjaan perusahaan diharapkan dapat menunjang kesejahteraan dan efektivitas perusahaan. Platform LinovHR sebagai salah satu software payroll indonesia terpercaya dan handal dapat membantu tim HR menyelesaikan tugas-tugas payroll secara otomatis dan efisien.

LinovHR Memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan HRD dalam menjalankan segala tugas dan tantangan dalam pengelolaan SDM perusahaan sehingga Tim HR bisa lebih baik lagi dalam menjalankan  tugas inti menjaga dan mempertahankan kesejahteraan karyawan untuk mengembangkan bisnis perusahaan Anda. Buktikan kecanggihan LinovHR sekarang juga, gratis!

Comments