6 Alternatif Kodi Terbaik Yang Harus Anda Lihat

Ketika mengelola media lokal, terlepas dari platformnya, pilihan paling populer adalah Kodi. Ada alasan bagus kenapa dapat dengan mudah mengelola berbagai jenis media, yaitu karena memiliki dukungan untuk siaran langsung, dan bahkan memiliki banyak pilihan add-on.

Meski begitu banyak pujian yang didapat Kodi, Tetapi perangkat lunak ini bukan untuk semua orang. Banyak orang menemukan diri mereka terjebak dengan media center ini, Tapi ada juga dari mereka yang tidak sepenuhnya seperti itu, karena tidak banyak alternatif yang dapat dilakukan.

6 Alternatif Kodi Terbaik Yang Harus Anda Lihat

Pada artikel ini kita akan membahas alternatif Kodi terbaik di tiga platform utama: Mac OS, Windows dan Linux. Apakah mereka cukup bisa diandalkan? Apakah mereka cukup baik untuk menggantikan Kodi? Mari kita cari tahu.

1. OSMC
6 Alternatif Kodi Terbaik Yang Harus Anda Lihat
Dok. maketecheasier.com

Jika Anda tidak ingin menyimpang terlalu jauh dari Kodi karena anda telah membiasakan diri Anda selama bertahun-tahun, tapi anda hanya menginginkan sesuatu yang sedikit lebih terbuka dan serbaguna, maka Open Source Media Center (OSMC) adalah jalan keluarnya. Ini sebenarnya adalah keseluruhan distro Linux Kodi, Dimana membawa versi modifikasi dari front front Kodi ke sejumlah platform yang tidak dapat memilikinya secara default, seperti Raspberry Pi dan Apple TV.

Ini memiliki antarmuka yang sedikit berbeda dengan yang default Kodi, dengan layar utama menu radial yang bagus yang mengarahkan Anda ke semua fitur OSMC, termasuk live TV, streaming lokal, dukungan TV tuner dan, tentu saja, dukungan untuk semua adder Kodi lainnya yang bisa kamu tambahkan.

2. Plex
6 Alternatif Kodi Terbaik Yang Harus Anda Lihat
Dok. maketecheasier.com

Tidak mungkin membicarakan alternatif Kodi tanpa menyebutkan Plex. Perangkat lunak ini memudahkan solusi secara terpusat yang bisa mengelola media Anda, seperti Kodi. Keuntungan untuk Plex adalah berjalan dari server, bukan dari PC atau alat khusus. Media dapat diakses dan dijalankan dari web dan beberapa sistem operasi yang berbeda melalui aplikasi.

Plex adalah alternatif yang sempurna, karena bisa berjalan di semua jenis server, tidak hanya Linux. Secara resmi, ini mendukung sistem operasi server Linux, macos, Windows dan bahkan FreeBSD.

3. Emby
6 Alternatif Kodi Terbaik Yang Harus Anda Lihat
Dok. maketecheasier.com

Emby telah lama dianggap sebagai alternatif sumber terbuka untuk Plex Media Server. Seperti Plex, Emby yang berjalan di server dan mendapat dukungan resmi untuk sistem operasi server Mac, Windows, Linux dan BSD. Media dapat diakses melalui antarmuka web atau oleh banyak aplikasi Emby yang tersedia untuk konsol mobile dan bahkan game.

Jika Anda sudah mencoba Plex sebagai alternatif Kodi, tapi ingin mencoba yang lain, pertimbangkan untuk memberi kesempatan pada Emby.

4. Stremio
6 Alternatif Kodi Terbaik Yang Harus Anda Lihat
Dok. maketecheasier.com

Stremio adalah program media center lokal untuk Mac, Linux dan Windows yang mendukung pemutaran siaran langsung TV dan media lokal. Fitur termasuk dukungan untuk add-on, auto-detect subtitles, “instant HD playback”, serta kemampuan untuk menyiarkan media via DLNA ke Apple TV, Chromecast dan perangkat lainnya. Jika Anda lebih suka media terpusat seperti Kodi, namun butuh alternatif yang solid, coba software ini. Anda tidak akan menyesal!

5. MediaPortal
6 Alternatif Kodi Terbaik Yang Harus Anda Lihat
Dok. maketecheasier.com

Portal Media adalah pusat media Windows yang beroperasi sangat mirip dengan Kodi. Seperti Kodi, pengguna bisa menyetel TV live, merekam live TV, dan memasang plugin. Selain itu, perangkat lunak dapat disesuaikan dengan berbagai jenis type serta menangani berbagai jenis media (musik, foto, dll.). Jika Anda pengguna Windows dan membutuhkan alternatif media center yang bagus, perangkat lunak ini harus menjadi pemberhentian pertama Anda.

6. Usher

Mencari sistem manajemen media yang baik untuk macOS? Cobalah Usher. Perangkat lunak ini membuat manajemen media menjadi mudah di Mac, karena dapat menangani perpustakaan iTunes Anda serta foto Anda dan perpustakaan media lainnya di sistem. Banyak solusi media dalam daftar ini dikemas penuh dengan fitur. Hal-hal seperti add-on, DLNA, dan dukungan mobile bagus tapi tidak penting. Usher adalah untuk mereka yang hanya mencari cara mudah untuk mengelola dan menonton media di Mac.

6 Alternatif Kodi Terbaik Yang Harus Anda Lihat
Dok. maketecheasier.com

Kesimpulan

Kodi ada di banyak PC, tablet, dan bahkan perangkat rakitan seperti Raspberry Pi. Namun, software ini bukan untuk semua orang. Beberapa mungkin menemukan bahwa itu agak kurang dalam hal tampilan atau fitur. Itulah mengapa sangat penting untuk menjelaskan beberapa alternatif Kodi berkualitas. Dari Plex ke Media Portal, bagi mereka yang ingin pindah dari Kodi dan ke tempat lain, daftar ini merupakan solusi bagi anda.

Comments