Tanda-Tanda Spare Part Mobil Kampas Rem Telah Habis

Spare part mobil kampas rem adalah komponen penting yang perlu diperhatikan. Kampas rem adalah alat vital karena berhubungan dengan keselamatan ketika berkendara. Banyak pengemudi yang tidak memperhatikan hal ini, membiarkan saja kampas rem hingga menipis. Inilah yang menyebabkan banyak terjadi kecelakaan di jalan karena rem yang blong, kampas rem cakram atau tromol tidak berfungsi dengan maksimal.

Dampak kampas rem mobil yang menipis akan menggumpalkan banyak debu lumpur dan menimbulkan karat pada tromol. Ini tidak akan terjadi jika Anda bisa merawat spare part mobil satu ini agar bisa awet dan tahan lama. Untuk itu upayakan untuk merawat spare part dengan benar ya.

Tanda-Tanda Spare Part Mobil Kampas Rem Telah Habis

Umumnya penyebab utama kampas rem menipis bukan disebabkan sering melakukan pengereman, tetapi adanya kotoran yang menumpuk di kampas rem. Sehingga ketika Anda menginjak pedal rem, kotoran akan bergesek pada tromol atau kampas yang ada di dalamnya.

Cara Mengetahui Kampas Rem Sudah Habis atau Belum

Ada beberapa tanda yang bisa Anda rasakan untuk mengetahui ciri-ciri spare part mobil yaitu kampas rem sudah habis dan harus diganti. Pemicu terjadinya kerusakan dan cepatnya kampas rem mobil habis adalah debu.

Selain mengikuti pedoman pada kilometer yang sudah ditempuh, Anda juga perlu mengetahui bagaimana tanda dari kampas rem yang sudah mulai habis. Ini dia informasi diantaranya :

1. Kedalaman pijakan rem mobil

Jika Anda menginjak pedal rem terlalu dalam atau malah semakin dalam dan tidak seperti biasanya, maka itu sudah menjadi tanda awal jika kampas rem spare part mobil Anda sudah mulai habis atau berkurang.

2. Rem bergetar

Tanda selanjutnya yaitu rem yang bergetar. Jika Anda sedang menginjak pedal rem lalu pedal tersebut terasa bergetar ketika diinjak, itu menjad tanda jika kampas rem juga telah habis. Umumnya kampas rem yang telah habis mempunyai permukaan yang tidak rata, sehingga ketika ditekan, permukaan tersebut tidak bisa mencengkeram cakram dengan sempurna dan mengakibatkan munculnya getaran.

3. Suara rem

Nah, timbulnya suara seperti gesekan antar logam ketika Anda menginjak pedal rem, menunjukkan kampasnya telah habis. Kampas rem yang sudah habis biasanya terlalu parah sehingga tinggal besi saja. Besi pada kampas akan bergesekan dengan cakram rem (dan besinya) sehingga terjad suara gesekan. Selain itu, suara yang mendecit juga menunjukkan kampas rem yang sudah habis.

4. Minyak rem turun

Tanda terakhir yaitu berkurangnya volume minyak rem atau minyak rem terlihat turun. Anda bisa memeriksa minyak rem yang ada di tabung reservoir dan jika minyaknya sudah turun, maka kampas rem kemungkinannya juga habis.

Demikian beberapa tanda-tanda yang menunjukkan jika spare part mobil yaitu kampas rem telah habis. Hal ini perlu diperhatikan dengan cermat, karena rem merupakan salah satu spare part yang sangat vital dalam keselamatan ketika berkendara. Jika Anda tidak memperhatikan hal ini dengan baik, bisa jadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa terjadi.

Nah, jika Anda ingin membeli spare part yang baru bukan hanya rem saja, misalnya audio mobil dapat membelinya di Bukalapak. Marketplace satu ini menyediakan beragam jenis spare part yang bisa dipilih sesuai dengan jenis atau merk yang diinginkan. Belanja di Bukalapak sangat menguntungkan, karena Anda bisa mendapatkan voucher diskon atau cashback. Bukankah ini trik tepat untuk menghemat pengeluaran Anda?

Comments