Hal Yang Harus DIlakukan Ibu Hamil Ketika Memasuki Perkembangan Janin 6 Bulan

Si kecil tumbuh menjadi anak yang sehat dan juga cerdas merupakan keinginan setiap orang tua. Untuk mendukung supaya si kecil bisa tumbuh dengan baik dan cerdas, ternyata bisa dilakukan sejak si kecil masih berada didalam kandungan. Pada saat sudah memasuki usia perkembangan janin 6 bulan, janin sudah mulai bisa merespon sentuhan atau suara. Berdasarkan sebuah penelitian dengan memberikan dukungan selama masa kehamilan maka akan dapat membantu untuk mengoptimalkan perkembangan si kecil seperti berjalan, berbicara, dan juga berpikir kreatif. Ada beberapa hal yang perlu ibu lakukan bersama ayah untuk membantu didalam mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil diantaranya yaitu :

  1. Dengan Mengajak Si Kecil Berbicara

Pada saat kehamilan memasuki usia yang 23 minggu maka si kecil sudah mulai bisa mendengar suara yang berasal dari rahim. Momen ini bisa dimanfaatkan ayah untuk mengajak si kecil berbicara melalui perut ibunya. Dengan melakukan itu maka setelah lahir si kecil akan dapat mengenali suara ayahnya. Tetapi tidak hanya itu saja karena ini juga akan mendukung kemampuan si kecil didalam berbahasa. Menurut sebuah penelitian sikecil akan mulai belajar mengenal bahasa pada 10 minggu akhir sebelum terjadinya persalinan. Sehingga untuk para ayah sebaiknya meluangkan waktu untuk untuk berbicara dengan buah hatinya melalui perut ibunya.

  1. Dengan Membacakan Dongeng

Membacakan dongeng kepada si kecil merupakan salah satu cara yang paling menyenangkan untuk mendukung kecerdasan sang buah hati sebelum dilahirkan, karena dengan mendongeng ini maka akan dilibatkannya janin untuk berinteraksi. Pada saat melakukan komunikasi dengan si kecil maka mintalah bantuan ibu jika si kecil melakukan gerakan didalam kandungan maka ibu memberitahukannya. Bagi ayah bisa menjadi pengalaman yang luar biasa pada saat merasakan gerakan seperti tendangan si kecil dari perut ibunya. Dan yang tidak boleh terlupakan adalah sebaiknya ayah mengelus perut ibunya pada saat sedang mendongeng. Hal ini akan membantu ibu merasa lebih nyaman.

  1. Dengan Mendengarkan Musik

Disarankannya si kecil untuk mulai diperkenalkan dengan musik sejak dirinya masih didalam kandungan, hal ini akan mendukung kemampuan si kecil didalam berbahasa. Dan bahkan cara ini akan membantu didalam mendukung perkembangan motorik halus dan kasarnya. Ayah bisa memperkenalkan bayi dengan genre musik yang santai misalnya musik klasik.

  1. Dengan Mengajak Ibu Berolahraga Bersama

Untuk mendukung pertumbuhan janin maka bisa dilakukan dengan mengajak ibu untuk melakukan olahraga bersama, misalnya dengan jalan santai sambil melakukan piknik di taman, berenang dikolam renang favorit, atau menemani ibu pada saat mengikuti kelas senam hamil. Dengan mengajak ibu berolahraga secara rutin maka ayah dapat membantu didalam menjaga kesehatan ibu dan juga janin, terlebih untuk mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah, dan akan mengurangi resiko diabetes gestasional yang akan dapat menganggu terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin.

Itulah beberapa hal yang perlu ibu lakukan bersama ayah untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Dengan melakukan hal hal sederhana diatas maka akan dapat membantu didalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Oleh karena itulah sebaiknya ayah meluangkan waktu untuk menikmati momen yang sangat berharga ini. Terlebih diawal perkembangan janin yang berusia 6 bulan, maka ayah bisa ikut merespon si kecil yang ada didalam perut ibu.

Comments